Mom's Area

Image

Yuk, Libatkan Ayah dalam Mengasuh Si Kecil

Sekarang, hidup Bunda semakin lengkap dengan kehadiran Si Kecil di rumah. Namun, kehadiran anggota baru ini akan “memaksa” Bunda untuk belajar bagaimana menjadi orangtua yang bijak dan bertanggung jawab. Namun, apakah semua hal tentang Si Kecil dibebankan kepada Bunda?

Tentu tidak, peran Ayah juga tak kalah penting dalam mengasuh Si Kecil. Baik Bunda dan Ayah wajib terlibat segala urusan Si Kecil. Ayo Bun, berbagi tugas untuk urusan Si Kecil.

 

Sesi curhat

Sebelum atau setelah kehadiran Si Kecil, pasti Bunda sibuk dengan urusan persalinan dan pemulihan. Kalau sudah begini, kapan ada waktu untuk Ayah? Di sela waktu tidur Si Kecil, ajak Ayah curhat soal perasaan Bunda dan apa yang harus dilakukan bersama. Katakan padanya bahwa Bunda butuh dukungan Ayah dalam setiap kesempatan. Dengarkan pula apa yang dirasakan dan diinginkan sang pasangan. Dengan demikian, Bunda dan Ayah dapat menjadi tim solid untuk keluarga kecil.

 

Belanja bersama

Belanja merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan bagi Bunda. Biar lebih asyik, ajak Ayah belanja bersama. Beritahu Ayah daftar belanja yang diperlukan dan di mana ia harus mencarinya. Hal ini penting, jika sewaktu-waktu Ayah harus membeli sendiri keperluan  Si Kecil di swalayan.

 

Do’s and don'ts

Masih berkaitan dengan barang belanjaan. Terkadang Bunda memiliki standar sendiri dalam menentukan detergent, sabun mandi, dan popok Si Kecil. Berikan panduan produk apa saja yang boleh dan tidak boleh dibeli. Jelaskan pula alasan mengapa barang A terlarang untuk Si Kecil. Dan yang tak kalah penting, berikan alternatif merek lain jika merek langganan tidak tersedia.

 

Berbagi tugas

Jika memungkinan untuk berbagi tugas mengurus Si Kecil, mengapa tidak? Toh, Ayah akan senang hati menerimanya. Asal Bunda sudah memberitahukan “rambu-rambu” yang harus dipenuhi.

 

Pujian

Jangan mencela atau menyalahkan Ayah ketika mengasuh Si Kecil. Jika ada kesalahan, jangan panik  dan beri tahu pelan-pelan. Terlepas dari kesalahan, berikan pujian kepada Ayah, karena sudah mau meluangkan waktu dan terlibat mengasuh Si Kecil. Saat Si Kecil tidur, luangkan waktu berdua di rumah, seperti minum teh, memasak makanan favorit, atau menonton film sambil menikmati popcorn. Orangtua bahagia, Si Kecil pun akan dipenuhi cinta.

Leave a comment