Mom's Area

Image

Tidak Boleh Makan Seafood Bagi Bunda Hamil, Siapa Bilang?

Siapa yang tak gemar menyantap tuna, salmon, kepiting, dan makanan laut lainnya? Selain lezat, makanan tersebut kaya protein, rendah lemak jenuh, dan omega-3. Tetapi hati-hati buat Bunda hamil yang mengonsumsi seafood.

 

Menurut Food and Drug Administration (FDA), Bunda hamil, menyusui, dan yang sedang menjalani program hamil lebih baik menghindari beberapa jenis seafood karena kandungan merkuri tinggi di dalamnya. Namun, bukan berarti Bunda hamil tidak bisa menikmati seafood. Bunda hamil masih bisa mengonsumsinya, asal tahu panduannya.

 

Pilih seafood kecil

Ikan berukuran besar adalah predator bagi ikan kecil. Jadi semakin besar ukuran ikan, semakin tinggi pula kadar merkurinya. Memang daging ikannya lebih tebal, tetapi lebih banyak merkuri yang mengintai, lho, Bunda. Sebaiknya, pilihlah seafood ukuran kecil, seperti teri, bawal, kerang, salmon, tiram, udang, cumi-cumi, dan kepiting. Berdasarkan Natural Resources Defense Council (NRDC), sebaiknya Bunda tidak mengonsumsi seafoodl ebih dari 300 gram dalam seminggu.

 

Seafood sedang

Bunda masih bisa menikmati seafood ukuran sedang. Pilih ikan kakap, kembung, pari, lobster, dan cakalang. NRDC menyarankan Bunda hamil untuk mengonsumsi seafood ini kurang dari satu kilogram dalam sebulan.

 

Ikan air tawar

Tak ada seafood, ikan air tawar pun jadi karena jenis ikan ini tak kalah bernutrisi, gurih, dan lembut. Bunda bisa memasak ikan lele, patin, gurami, gabus, mujair, atau ikan nila dengan bumbu kuning, asam segar, maupun digoreng.

 

Masak hingga matang

Tak ada seafood mentah atau dimasak setengah matang buat Bunda hamil. Pasalnya, seafood mentah mengandung berbagai bakteri dan parasit, termasuk salmonela, toksoplasma, cacing, maupun ulat. Memasak seafood hingga matang efektif membunuh parasit tersebut.

 

Sushi lovers

Bunda hamil yang sangat menggemari sushi masih tetap bisa menikmati makan Jepang yang satu ini. Asal, pilih sushi dengan seafood yang sudah dimasak hingga matang. Bunda masih aman menyantap california rolls yang berisi avokad, selada, nori, dan crab stick. Karena crab stick bukan daging mentah, selain itu buah dan sayuran segar juga kaya nutrisi. 

Leave a comment