Mom's Area

Image

Tetap Sehat di Trimester Akhir, Yuk Olahraga!

Hamil bukan jadi halangan untuk Bunda berolahraga karena dengan menggerakan tubuh, maka Bunda akan merasakan manfaat untuk kesehatan dan kebugaran selama hamil. Bahkan di trimester akhir kehamilan, Bunda dianjurkan untuk lebih rutin berolahraga agar mempelancar proses persalinan.  Berikut lima pilihan olahraga buat Bunda yang mudah untuk dipraktikkan!

1. Jalan Kaki

Jalan kaki, merupakan olahraga murah dan gampang yang bisa dilakukan Bunda. Berjalan kaki dapat mengurangi waktu persalinan. Jalan kaki baik dilakukan untuk Bunda karena dapat membantu posisi bayi agar masuk ke jalur lahir.

2. Senam Kegel

Senam kegel adalah senam perenggangan yang bisa menguatkan panggul Bunda saat hamil. Karena senam kegel membantu melatih dan menguatkan otot-otot dasar panggul agar melahirkan lebih mudah. Bunda bisa melakukan gerakan senam kegel ini di rumah baik sedang duduk atau berdiri. Lakukan latihan kegel 4 kali sehari dengan durasi 3-10 detik.

3. Senam Jongkok

Pilihan senam jongkok ini bisa jadi favorit olahraga selama kehamilan. Senam hamil dengan posisi punggung lurus dan pelan-pelan menurunkan badan sampai posisi jongkok. Lalu tahan 10 detik dan kembali ke posisi berdiri. Lakukan gerakan ini beberapa kali sehari untuk memperkuat otot paha dan perenggangan otot panggul sehingga saat due date tiba, memudahkan Bunda untuk melahirkan.

4. Miringkan panggul

Keluhan sakit pinggang saat memasuki trimester ketiga memang kerap Bunda alami. Untuk mengatasinya miringkan panggul. Lalu buat tubuh seperti posisi merangkak dengan kepala sejajar punggung. Tengadah ke atas sambil menarik nafas dan lepas nafas perlahan. Tips untuk Bunda lakukan senam ini dengan santai dan rutin melakukan dua hingga tiga kali sehari.

5. Yoga

Melakukan yoga saat hamil memang dianjurkan karena akan membuat Bunda dalam mengatur nafas. Lakukan pose kupu-kupu dengan duduk di lantai dan punggung lurus dinding. Lalu kedua telapak kaki saling menyentuh rapat dan dorong lutut ke arah bawah menyentuh lantai.

Dengan rajin melakukan yoga pose kupu-kupu, maka Bunda melatih otot paha dan menghilangkan stres punggung saat hamil. Lakukan gerakan ini 10-20 detik minimal dua kali sehari. Selamat berolahraga ya, Bunda.

Leave a comment