Mom's Area

Image

Supaya Persalinan Lancar, Siapkan 5 Hal Ini

Bunda yang sedang menunggu due date persalinan, saatnya untuk mulai mempersiapkan kebutuhan dalam rangka menyambut anggota baru di rumah. Apa saja sih yang harus disiapkan supaya saat persalinan nanti, Bunda merasa tenang dan nyaman.

1. Popok, Baju Hingga Kamar Bayi

Bunda, jangan sampai menunggu bayi lahir baru kemudian sibuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan bayi. Ingatlah, bayi lahir pastinya langsung membutuhkan baju jadi lebih baik sudah mempersiapkan semua kebutuhan bayi paling tidak tiga minggu sebelum lahiran.

Siapkan pakaian, popok, gurita, selimut, sarung tangan, kaos kaki, perlak, bantal, perlengkapan mandi hingga kamar bayi.  Dengan begitu, pasca melahirkan Bunda tidak usah repot lagi karena semua sudah disiapkan dengan baik.

2. Korset dan Bra Menyusui

Bukan hanya menyiapkan keperluan bayi saja lho, Bunda juga harus mempersiapkan kebutuhan diri sendir pasca persalinan yang dibutuhkan di rumah sakit. Siapkan pembalut pasca melahirkan (masa nifas), gurita ibu, korset, bra menyusui, baju-baju berkancing depan, celana dalam ibu, jarik/kain yang hendak dipakai pasca melahirkan.

Sebelum mendekati due date sebaiknya Bunda sudah menyiapkan dan menyimpan rapi dalam satu tas koper. Jadi saat waktu persalinan tiba, Bunda pun sudah merasa tenang.

3. Mainan Bayi

Ya, mungkin ini terlihat berlebihan ya. Tapi memang Bunda perlu membeli satu mainan untuk bayi yang bisa membantu menenangkan bayi. Belilah mainan yang memang untuk bayi usia 0-6 bulan.

Pililah mainan yang bisa merangsang motorik anak. Misal, mainan dengan suara. Dengan begitu, saat anak rewel, sebagai Bunda yang baru memiliki anak maka mainan bisa menjadi alat bantu untuk menenangkan Si Kecil.

4. Botol Bayi

Satu dari sepuluh ibu menyusui biasanya akan mengalami masalah sulit menyusui. Nah, untuk itu Bunda bisa menyiapkan botol bayi yang sudah bersih dan steril sebagai antisipasi awal jika dibutuhkan.

Pastikan botol bayi dan dot yang Bunda siapkan sudah dicuci dengan menggunakan produk yang aman dan bebas dari alkohol. Seperti Sleek Bottle, Nipple, and Baby Accessories Cleanser, larutan pembersih untuk bayi yang dapat membunuh kuman pada perlengkapan bayi.  Dibuat untuk menjaga perlengkapan bayi tetap aman dan sehat untuk bayi.

5. KTP Suami Istri

Selain perlengkapan fisik untuk bayi dan ibu yang dibutuhkan setelah melahirkan, Bunda juga tidak boleh lupa untuk menyiapkan KTP. Ya, KTP suami istri dan kartu keluarga akan dibutuhkan untuk mengurus akta kelahiran bayi. Jadi Bunda tidak mondar-mandir saat membuat akta kelahiran bayi karena dokumen yang dibutuhkan sudah disiapkan.

Yuk, siapkan semua keperluan persalinan sejak awal supaya Bunda bebas stres jelang melahirkan dan bisa menjalani dengan lancar.

Leave a comment