Mom's Area

Image

Sumber Makanan Kaya Zat Besi di Masa Kehamilan

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi zat besi dalam jumlah yang cukup membuat tubuh terhindar dari anemia, atau rendahnya kadar hemoglobin dalam darah. Bunda bisa memenuhi asupan zat besi selama masa kehamilan dengan mengonsumsi makanan berikut ini.

1. Sayur Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung zat besi tinggi. Bunda bisa mengonsumsi bayam dengan cara direbus atau dimasak bersama sayuran lain seperti jagung manis. Bayam juga mengandung kalsium dan potasium yang baik untuk janin.

2. Kacang Hijau

Beberapa Bunda mengalami anemia saat hamil, maka dari itu, cobalah mengonsumsi kacang hijau untuk membantu mengatasinya. Kacang hijau memiliki rasa yang enak dan mudah diolah menjadi bubur atau diambil sarinya sebagai minuman. Bubur kacang hijau juga bisa jadi pilihan makanan saat sedang kurang nafsu makan makanan berat.

3. Kentang

Kentang merupakan salah satu sayuran yang dianjurkan bagi Bunda yang sedang mengandung. Selain bisa jadi makanan pengganti nasi, kentang juga kaya akan zat besi. Kentang bisa diolah menjadi beragam masakan, tapi yang paling mudah adalah direbus atau dipanggang.

4. Kuning Telur

Kuning telur dipercaya mengandung protein dan zat besi tinggi. Bila Bunda mengalami anemia selama hamil, bisa mengatasinya dengan cara rutin mengonsumsi kuning telur yang sudah direbus sampai matang.

5. Roti Gandum

Tak hanya kaya akan serat, roti gandum juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Bunda bisa menjadikan roti gandum sebagai pilihan menu sarapan atau camilan disela-sela waktu makan.

Bagaimana, pilihan makanan yang kaya akan zat besi ternyata mudah diperoleh dan diolah, ya!

Leave a comment