Mom's Area

Image

Sosialisasi 1000 Hari Perlindungan Untuk Si Kecil di Kelurahan Pluit

Setelah pada bulan Juli 2018 silam Sleek Baby meluncurkan kampanye “1000 Hari Perlindungan” untuk Si Kecil, kali ini program sosialisasi kembali dilakukan Sleek Baby. Berlokasi di kelurahan Pluit, pada 23 November 2018, Sleek Baby mengundang 1000 Ibu untuk mengikuti acara sosialisasi tersebut. Menurut Brand Manager Sleek Baby, Lidwina Natalia, acara ini meneruskan program yang telah dibuat sebelumnya yakni dengan mengajak para Ibu untuk mengunggah 1 pesan terkait “1000 Hari Perlindungan” kepada Ibu-ibu yang lainnya.

Pemilihan kelurahan Pluit, Penjaringan, dipilih sebagai lokasi sosialisasi “1000 Hari Perlindungan” berikutnya bukanlah tanpa sebab. Karena, menurut Wina, meskipun berada di Kota besar, di kawasan ini masih banyak Ibu-ibu yang belum menyadari tentang pentingnya menjaga 1000 hari pertama Si Kecil. Padahal, pada masa tersebut, tumbuh kembang Si Kecil akan ditentukan apakah dapat berjalan normal atau tidak. 

Hal senada juga diungkapkan oleh dr. Mulia Suryandari, MKM dokter Puskesmas Kecamatan Penjaringan. Menurutnya, secara garis besar status gizi anak di Kelurahan Pluit sudah berada dalam kisaran normal dengan berat badan (BB) yang baik. Akan tetapi, masih ada sebagian anak yang berada dalam kondisi dibawah garis merah (kurus), atau bahkan dibawah garis hitam (sangat kurus). Selain itu, menurut dr Mulia Suryandari, kebanyakan anak-anak yang memiliki gizi kurang baik merupakan pendatang dari daerah lain.

Dalam acara tersebut, dr. Mulia Suryandari menerangkan bahwa selain faktor Nutrisi, keadaan kurangnya gizi anak-anak juga disebabkan oleh faktor kebersihan atau higienitas. Hal inilah yang menjadi sorotan karena penyakit kulit seperti Impetigo dan Scabies (kutu kulit) menjadi salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh anak-anak di Kelurahan Pluit. Penyakit kulit merupakan penyakit yang sangat berkaitan dengan kebersihan lingkungan dan menjadi salah satu penyakit yang paling rentan menghampiri anak-anak usia dibawah 2 tahun, selain Infeksi Saluran Napas dan Diare.


Mengenal 1000 Hari Perlindungan Untuk Si Kecil

Pada dasarnya, untuk memberikan perlindungan kepada Si Kecil di 1000 hari pertamanya, ada 4 hal yang perlu Bunda berikan. Menurut dr. Lula Kamal, praktisi kesehatan sekaligus Brand Ambassador Sleek Baby, 4 hal yang perlu Bunda berikan kepada anak-anak di 1000 hari pertama kehidupannya antara lain Nutrisi, ASI (Air Susu Ibu) eksklusif selama 6 bulan, stimulasi dan kebersihan lingkungan. Hal-hal tersebut, merupakan kunci masa depan anak yang penuh harapan karena apabila pada 1000 hari pertamanya perlindungan tidak diberikan, maka tumbuh kembang Si Kecil dapat terganggu kelak.

Adapun 1000 hari perlindungan yang dimaksud dimulai sejak Bunda mengandung hingga melahirkan Si Kecil dan telah berusia 2 tahun. Nutrisi sejak Si kecil berada di dalam kandungan, terutama pada trisemester pertama yakni 0-3 bulan, sangatlah krusial bagi perkembangan janin. Menurut dr. Lula, hal tersebut disebabkan karena pada fase tersebut terjadi pembentukan organ-organ vital bayi sehingga menjadi fase yang paling rentan. 

Ketika Si Kecil telah lahir, perlindungan juga tak kalah pentingnya. Karena, ketika Si Kecil terlahir tanpa perlindungan yang memadai, maka bukan tidak mungkin Si Kecil akan jadi sering sakit dan pertumbuhannya juga tidak akan berjalan secara optimal. Oleh karena itu, pastikan Bunda memperhatikan betul 1000 Hari Perlindungan untuk Si Kecil agar dapat menjaga sekaligus mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya mulai ketika Si Kecil berada di dalam kandungan sampai ketika Si Kecil berusia 2 tahun.


Leave a comment