Mom's Area

Image

Pilih Tujuh Bulanan atau Baby Shower? Temukan Jawabannya Di Sini

“Lebih enak pilih tujuh bulanan atau baby shower, ya?”

 

Kira-kira itulah kalimat yang dilontarkan Rini (27) yang menyambut kehamilan anak pertamanya di bulan ketujuh. Sebagai orang Indonesia keturunan Jawa Tengah, ia disarankan untuk menyelenggarakan “upacara” tujuh bulanan (mitoni atau tingkeban) oleh Bundanya sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya keluarga. Namun di satu sisi, ia juga ingin mengadakan baby shower seperti temannya yang baru saja menggelar acara tersebut dengan meriah, unik, dan tanpa repot.

 

Menggelar acara tujuh bulanan memang terlihat agak rumit. Namun pada dasarnya, mitoni maupun baby shower sama, yaitu acara untuk menyambut janin yang menginjak bulan ketujuh dengan disertai doa dan hidangan makanan lezat untuk tamu yang hadir. Hanya saja, mitoni berasal dari Indonesia, sedangkan baby shower diadaptasi dari dunia barat. Sebelum Bunda menentukan, ada baiknya menyimak perbedaannya di bawah ini.

 

1. Tema

Mitoni: Tak ada tema khusus untuk mitoni karena acara ini menitikberatkan pada kebudayaan. Bunda hanya perlu mengikuti pakem yang ada.

 

Baby shower: Berbeda dengan tujuh bulanan, baby shower justru memiliki tema. Mulai dari kerajaan, negeri impian, tea party, safari, vintage, rustic, hingga yang simple. Biasanya, tema baby shower yang dipilih akan menentukan dekorasi acara.

 

2. Rangkaian acara

Mitoni: Rangkaian acara mitoni meliputi kegiatan menyiapkan makanan wajib dengan jumlah tertentu, siraman (untuk kehamilan pertama), Bunda berganti kain hingga tujuh kali dengan motif berbeda, brojolan, minum jamu, sampai menjual rujak atau dawet. Memang, rangkaian acara mitoni panjang tetapi hal tersebut menganalogikan calon Ayah dan Bunda siap menjadi orangtua, mengayomi Si Kecil, serta menyayangi keluarga besar. Setelah rangkaian acara selesai, tamu diberikan sekotak makanan khas mitoni, termasuk rujak. Pelaksana acara mitoni biasanya dilakukan oleh orangtua, keluarga, atau bisa menggunakan jasa party organizer.

 

Baby shower: Setelah menentukan tema dan dekorasi, Bunda akan mengirimkan undangan ke tamu. Undangan biasanya berisi tema, toko gift registry untuk membeli hadiah, rangkaian acara, dan dress code. Umumnya, ada pula games seru untuk menghibur tamu yang datang. Di sini, tak ada patokan makanan dan minuman khusus. Sebelum acara usai, tamu akan diberikan goodie bag. Seperti mitoni, pelaksana acara baby shower dapat diserahkan kepada party organizer, sahabat, atau keluarga.

 

3. Tempat dan Waktu

Mitoni: Sebaiknya, mitoni diadakan di tempat yang cukup luas, mengingat beberapa kegiatan harus dilakukan. Hari pelaksanaan acara ditentukan oleh orangtua Bunda, biasanya Selasa atau Sabtu siang hingga malam.

 

Baby shower: Bunda bisa kapan saja mengadakan baby shower, baik pagi, siang, maupun malam. Bunda juga bebas menentukan tempatnya, bisa di rumah, kafe, hotel, maupun restoran.

 

4. Biaya

Soal biaya baik mitoni maupun baby shower tergantung tamu, tempat, dan konsumsi. Semakin besar acara, semakin banyak pula biaya dikeluarkan. Namun, inti dari kedua acara tersebut adalah berdoa bersama-sama untuk kesehatan janin dan juga merekatkan tali persaudaraan dengan saudara dan kerabat yang hadir saat acara.

 

Nah, kalau untuk Bunda, lebih memilih acara tujuh bulanan atau baby shower?

Leave a comment