Mom's Area

Image

Pilih Dokter Kandungan yang Cocok untuk Bunda

Saat Bunda hamil, tentu ingin memberikan yang terbaik buah hati yang dikandung. Mulai dari menjaga pola makan sampai rutin berkonsultasi ke dokter kandungan.

Bicara soal dokter kandungan, tentu Bunda juga ingin memilih yang bagus dan cocok di hati. Tapi masalahnya banyak dari Bunda yang sulit menemukan dokter kandungan yang sesuai dan cocok dengan Bunda. Akibatnya, Bunda sering berpindah rumah sakit atau berganti-ganti dokter. Lalu apa saja yang perlu Bunda pertimbangkan saat memilih dokter kandungan?

1. Gender

Ini penting untuk Bunda, karena gender dokter kandungan juga memengaruhi rasa nyaman saat berkonsultasi. Apakah Bunda lebih nyaman dengan dokter kandungan perempuan atau lelaki?

Sebaiknya, ajak suami untuk berdiskusi menentukan pilihan gender dokter kandungan yang akan membantu mengontrol kesehatan Bunda dan calon buah hati selama masa kehamilan.

2. Jarak Tempuh

Hal yang tidak kalah penting berikutnya, yaitu tentang lokasi atau tempat praktek dokter kandungan yang Bunda pilih. Usahakan untuk memilih dokter kandungan yang memiliki jarak tempuh atau rute yang bisa dijangkau dari rumah atau kantor. Sehingga, Bunda tidak menghabiskan waktu lama di jalan dan membuat tubuh lelah dan tidak mood saat akan diperiksa dokter.

3. Waktu Praktek

Untuk Bunda yang bekerja, perlu juga untuk mengecek jadwal praktek dokter kandungan yang dipilih. Jangan sampai, waktu kerja Bunda bentrok dengan waktu pemeriksaan ke dokter kandungan.

4. Sesuai Kebutuhan

Pilih dokter kandungan yang memiliki keahlian sesuai dengan riwayat kesehatan Bunda. Seperti TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus) yang merupakan akronim dari beberapa infeksi jenis penyakit bawaan yang akan berbahaya untuk janin bila diderita oleh ibu hamil.  Jadi sebaiknya, Bunda memeriksa ke ahli TORCH, ya.

5. Ramah dan Komunikatif

Rasa nyaman dan kepercayaan Bunda saat berkonsultasi dengan dokter kandungan sangat penting selama masa kehamilan. Jadi, carilah informasi sebanyak mungkin dari teman, sahabat, keluarga atau sosial media tentang dokter kandungan yang Bunda pilih, apakah sosok yang ramah dan komunikatif.

Kalau dokternya tidak bersahabat dan pelit informasi, Bunda akan merasa tidak nyaman. Apalagi untuk Bunda dengan kehamilan pertama, tentunya punya banyak pertanyaan soal kehamilan yang ingin diajukan saat berkonsultasi.

Semoga informasi ini berguna ya, Bunda. Sehat selalu untuk Bunda dan si Kecil yang akan segera lahir.

Leave a comment