Mom's Area

Image

Penuhi Asam Folat untuk Kecerdasan Bayi

Asam folat sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Kecukupan asupan asam folat selama hamil bisa mencegah kecacatan pada otak dan juga membuat bayi yang dilahirkan lebih cerdas.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association menyebutkan asam folat yang dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan membuat bayi yang dilahirkan memiliki kecerdasan dan kemampuan motorik lebih baik dibanding bayi yang ibunya tidak mengonsumsi suplemen prenatal.

Penelitian dilakukan secara double-blind dan random terhadap 676 anak yang diikuti riwayat kesehatannya hingga mereka berusia 7 dan 9 tahun. Anak dari kelompok ibu yang mendapat suplemen prenatal berupa asam folat dan zat besi menunjukkan kemampuan kognitif lebih tinggi. Mereka juga mendapat skor lebih tinggi pada kemampuan motorik serta mengungkapkan alasan, jika dibandingkan dengan anak dari kelompok kontrol yang ibunya tidak mendapat suplementasi.

Bila selama masa hamil kekurangan asam folat bisa menyebabkan meningkatnya risiko anemia sehingga Bunda mudah lelah, letih, lesu, dan pucat. Kebutuhan asam folat selama Bunda hamil yaitu 400 mikrogram per hari atau setara dengan dua gelas susu per hari. Karena asam folat penting dan diperlukan saat kehamilan, Bunda disarankan untuk memperhatikan kebutuhan asam folat dengan mengkonsumsi makanan asam folat, seperti brokoli, bayam, alpukat, pisang dan hati ayam. 

Leave a comment