Mom's Area

Image

Nyeri punggung Saat Hamil? Ini Dia Cara Ampuh untuk Mengatasinya!

Ada perbedaan mencolok yang terasa ketika Bunda tengah hamil. Biasanya, tiba-tiba Bunda akan mengeluh nyeri punggung atau backpain. Padahal, sebelum hamil Bunda tidak pernah mengalaminya. Sebenarnya, hal itu wajar karena adanya perubahan bentuk tubuh.

 

Dokter Karen Nordahl, M.D., dokter sekaligus praktisi pengobatan keluarga dan kebidanan BC Women’s Hospital Kanada mengatakan bahwa Bunda hamil akan mengalami pergeseran pusat gravitasi karena meningkatnya berat badan sehingga punggung mengalami tekanan. Namun demikian, selama hamil Bunda juga mengeluarkan relaxin (hormon yang membuat otot, sendi, dan ligamen di panggul lebih fleksibel) yang memungkinkan bayi lahir normal dengan lancar. Namun di sisi lain, sendi yang fleksibel malah membuat punggung tidak stabil, apalagi ketika berjalan.

 

Pelatih spesialis pre dan postnatal, Samantha Montpetit-Huynh, memiliki cara efektif untuk meringankan nyeri punggung.

 

Olahraga

Jika mobilitas Bunda tinggi, maka otot pantat, panggul, dan paha belakang akan bekerja ekstra. Efeknya, punggung menjadi nyeri. Jika hal ini terjadi, Bunda harus memperkuat otot perut. Caranya, pilih salah satu olahraga ringan, seperti yoga, pilates, atau senam hamil. Namun sebelum olahraga, pastikan jenis olahraga yang Bunda pilih sudah disetujui oleh dokter kandungan.

 

Perhatikan sikap tubuh

Karena Bunda mengalami perubahan fisik, sebaiknya perhatikan sikap tubuh, seperti cara berdiri dan berjalan. Hindari posisi yang dapat menyebabkan posisi panggul memutar.

 

Hangatkan tubuh

Menghangatkan tubuh merupakan salah satu cara untuk meminimalisasi nyeri punggung. Bunda dapat menggunakan botol kaca berisi air hangat, heating pad, atau mandi dengan air suam-suam kuku.

 

Nyamankan tubuh dan kaki

Selama hamil, Bunda tak hanya akan mengalami backpain, tapi juga kaki bengkak. Pembengkakan terjadi karena tubuh memproduksi banyak cairan. Agar tubuh dan kaki nyaman, Bunda perlu berinvestasi dalam bentuk sepatu kesehatan yang nyaman di kaki dan bantal khusus Bunda hamil.

 

Bantuan tenaga ahli

Jika sudah tak tahan terhadap backpain, Bunda bisa meminta bantuan tenaga ahli, misalnya fisioterapis. Mereka akan memberikan terapi atau latihan dengan menitikberatkan pada punggung, panggul, dan area sekitarnya. 

Leave a comment