Mom's Area

Image

Lima Kemampuan Dasar yang Harus Dikuasai Jelang Melahirkan

Bagi Bunda yang saat ini sedang menunggu detik-detik melahirkan, terkadang pasti sering merasa bingung atau khawatir, terlebih jika kelahiran ini adalah pengalaman melahirkan pertama. Pada kelahiran pertama, sudah menjadi naluri seorang Bunda untuk menyiapkan segala sesuatu menjelang hari besar nanti. Mulai dari mempersiapkan pakaian, makanan, rumah sakit, budget hingga perlengkapan untuk Si Kecil yang baru lahir.

Di samping persiapan tersebut, Bunda juga perlu menguasai kemampuan dasar yang sangat penting seperti berikut ini.

Menyusui

Saat pertama kali Bunda memegang Si Kecil di ruang bersalin adalah waktu yang tepat untuk segera menyusui Si Kecil. Bunda bisa mencari posisi yang nyaman dan jika perlu gunakanlah bantal untuk menopang Si Kecil di lengan.

Saat menyusui Si Kecil yang baru lahir sebaiknya lakukan di lingkungan yang tenang dan sepi. Suasana yang tenang akan membantu Bunda untuk fokus memberikan ASI.

Mengganti popok

Jadwal buang air kecil dan besar Si Kecil biasanya belum teratur. Seringnya Si Kecil buang air adalah pertanda ia mendapatkan cukup makanan. Bunda harus segera mengganti popoknya agar Si Kecil merasa nyaman. Bunda bisa mengoleskan krim pada bokong dan selangkangan Si Kecil agar terhindar dari ruam popok.

Memandikan

Saat memandikan Si Kecil, Bunda harus memperhatikan beberapa hal, seperti  menggunakan air hangat dengan suhu 36-37 derajat Celcius, membersihkan daerah lipatan, menggunakan sabun dengan tingkat keasaman seimbang, serta lebih berhati-hati ketika membersihkan bagian-bagian tertentu yang sulit dijangkau mengingat kulitnya masih sangat sensitif.

Membedong

Si Kecil yang baru lahir akan senang dibungkus atau dibedong karena ia akan merasa nyaman dan hangat. Bunda boleh membedong Si Kecil, namun harus tetap berhati-hati karena ada kalanya Si Kecil tidak nyaman apabila dibungkus terlalu ketat, terlalu lama, dan menggunakan kain yang terlalu tebal.

Menggendong

Menggendong Si Kecil akan membuatnya nyaman serta membantu membentuk ikatan emosional antara Bunda dan Si Kecil. Hingga usianya tiga bulan gendonglah Si Kecil dengan posisi telentang sampai dipeluk di bagian dada.  

Leave a comment