Mom's Area

Image

Kiat Mudah Cegah Eksim Pada Bayi

Ketika lahir, kulit Si Kecil masih dalam tahap penyempurnaan, sehingga kulitnya masih sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, khususnya eksim. Eksim termasuk masalah kulit yang cukup umum ditemukan pada bayi. Bila memiliki eksim, ia tentu menjadi rewel dan sulit tidur karena tidak nyaman dengan rasa gatal pada kulitnya. Bila tidak ditangani dengan baik, eksim dapat berujung pada kondisi kronis seperti kulit menebal, menggelap, kering, hingga bersisik. Tentu sangat mengkhawatirkan, Bunda. Berikut beberapa tip untuk cegah eksim pada Si Kecil:


1. Gunakan pelembap kulit khusus bayi

Jangan asal pilih pelembap kulit, Bunda. Opsi paling terjangkau, mudah ditemukan, dan sudah pasti aman adalah petroleum jelly. Namun, bila Anda ingin variasi produk, maka pilih yang khusus bayi dan bebas bahan pewangi dan pewarna buatan.


2. Mandi dengan tepat

Terlalu sering mandi dapat menghilangkan minyak alami pada kulit Si Kecil. Padahal minyak ini berperan sebagai lapisan pelindung alami terhadap berbagai kuman. Cukup mandikan tiga hingga empat kali seminggu dengan air hangat untuk menjaga kelembapan alami kulit Si Kecil dan menjaga kondisi kulit tetap tenang.


3. Pentingnya kain yang bersih dan lembut

Walaupun eksim sangat berkaitan dengan riwayat keluarga, alergi merupakan faktor penyebab yang paling sering terjadi. Beberapa alergen penyebab eksim antara lain debu dan jamur. Maka mulai dari pakaian, sprei, selimut, bib, apron menyusui, hingga pakaian dalam Bunda seperti bra menyusui perlu dijaga kebersihannya.


Tapi hati-hati Bunda, karena bila salah pilih detergen bisa munculkan masalah kulit baru pada Si Kecil. Sleek Baby Laundry dapat jadi pilihan detergen yang tepat.


Dengan kandungan Natural Plant Extract dan telah teruji secara dermatologi, Sleek Baby Laundry membersihkan dan menghilangkan noda dengan efektif tanpa merusak serat alami kain. Kelembutan kain tetap terjaga dan kulit Si Kecil dapat terlindungi dari eksim. Jangan salah pilih detergen ya, Bunda! 


Credits to: Mother & Baby

Leave a comment