Mom's Area

Image

Inilah Cara Ringankan Mulas Saat Hamil

Kehamilan adalah kado terindah bagi pasangan yang telah menantikan kehadiran buah hati. Namun sebelumnya, Bunda harus melalui gejala serta perubahan dalam tubuhnya terutama pada trisemester awal. Untuk Bunda hamil anak pertama, perubahan tersebut membuat kaget. Tak terkecuali rasa mulas yang tak tertahankan.

Menurut Adrienne Einarson, Asisten Direktur Layanan Klinik Motherisk di Toronto, Kanada, perempuan hamil tidak perlu menderita ketika mulas. Karena ada cara aman dan efektif untuk meredakannya. Mulas pada Bunda hamil disebabkan hormon progesteron melemaskan otot-otot serta katup lambung. Jadi di dalam rahim timbul rasa bergemuruh, yang memaksa asam lambung ke kerongkongan. 

Jika Bunda mengalami mulas, ada baiknya melakukan hal di bawah ini.

1. Makan dengan porsi sedikit

Morning sickness, malas makan, plus perut mulas? Atasi dengan makan makanan porsi sedikit tetapi sering, sekitar lima-enam kali sehari. Kunyahlah secara perlahan dan nikmati setiap suapnya. Hal ini juga berlaku saat Bunda memenuhi cairan, yaitu minum dalam gelas kecil berulang kali.

 

2. Duduk atau berjalan santai setelah makan

Setelah menikmati sepiring makanan, ambil waktu untuk bersantai. Duduk di sofa sambil membaca novel atau berjalan santai di taman atau mal. Sebisa mungkin, hindari membungkukkan badan atau berbaring pasca makan. Karena hal itu memicu Bunda mual bahkan muntah.

 

3. Jangan makan setelah bangun tidur

Pasca bangun tidur, Bunda kerap merasa lapar. Tetapi kalau tak ingin mulas disertai mual, jangan langsung makan. Berikan badan jeda sekitar tiga jam setelah bangun.

 

4. Jaga kepala dan dada bagian atas ketika tidur

Bagi penderita asam lambung, sebaiknya jaga kepala dan dada bagian atas lebih tinggi dibanding badan ketika tidur. Bunda tak ada salahnya menggelontorkan uang lebih untuk bantal kesehatan.

 

5. Kenali semua gejala

Kalau Bunda kerap mengalami mulas, mulailah mengenali gejala-gejala pemicunya. Mengingat penanganan satu gejala dengan gejala lain berbeda. Dr. Joel Richter, Direktur dari Divisi Pusat Penyakit Gastroenterologi, Nutrisi, dan Esofagus Universitas South Florida, mengatakan hindari makanan pedas yang memperburuk kondisi mulas. Meski demikian, ada pula Bunda hamil yang tak masalah jika mengonsumsi makanan pedas.

 

Mulas berbeda dengan mual. Mulas merupakan sakit di perut seperti diremas-remas. Sedangkan mual, adalah kondisi hendak muntah. 

Leave a comment