Mom's Area

Image

Ini Alasan Kehamilan Bisa Sebabkan Gigi Berlubang

Sebelum memiliki Si Kecil, Bunda tak pernah mengalami masalah gigi. Namun ketika hamil, kenapa justru Bunda harus mengalami masalah gigi berlubang? Apakah ada kaitan antara kehamilan dan masalah kesehatan gigi?

 

Menurut drg. Florence Lockhart, DDS, hormon kehamilan akan menyebabkan terjadinya aliran darah ke gusi yang membuat gigi lebih sensitif. Kondisi seperti ini juga dapat menghalangi tubuh untuk bereaksi terhadap bakteri di dalam mulut, alhasil plak pun menumpuk di gigi. Belum lagi jika Bunda banyak mengonsumsi karbohidrat tinggiyang bisa memperparah plak. Jika dibiarkan gusi akan meradang, bengkak, berdarah, serta gigi berlubang.

 

Beberapa penelitian menyatakan, Bunda hamil bisa mengalami periodontal. Kondisi tersebut mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Bunda dan meningkatkan risiko Si Kecil lahir prematur (kurang 37 minggu) atau bayi berat lahir rendah (BBLR). Namun Bunda tak perlu khawatir, karena merawat kesehatan gigi selama masa kehamilan tak mempengaruhi janin.

 

Apa yang perlu Bunda lakukan?

  1. Sikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu setelah makan dan sebelum tidur.
  2. Pilih sikat gigi berbulu halus atau electric toothbrush dengan pasta gigi favorit.
  3. Jika pasta gigi yang bisa digunakan membuat mual, cari saja merk lain atau bersihkan gigi tanpa pasta gigi. Pilih yang bisa membuat Bunda merasa nyaman (tidak mual).
  4. Untuk memilih pasta gigi, pastikan pasta gigi mengandung flouride (bahan alami yang mencegah kerusakan gigi), agar enamel (lapisan luar gigi yang bisa dilihat) gigi kuat.
  5. Selain menyikat gigi, bersihkan gigi dengan dental floss, jika ada.
  6. Scaling atau bersihkan plak gigi setiap tiga bulan sekali ke dokter gigi.
  7. Kurangi makanan berkabohidrat tinggi dan minuman manis karena keduanya mudah sekali menempel di gigi.

 

Mulai sekarang, Bunda hamil tak perlu ragu untuk menyambangi dokter gigi. Bunda dan janin sehat, gigi pun kuat.

Leave a comment