Mom's Area

Image

Bunda, Yuk Mulai Perhatikan 1000 Hari Pertama Si Kecil yang Begitu Penting dengan Memilih Produk Pembersih yang Tepat

Bunda tentu ingin si Kecil tumbuh dan berkembang secara optimal, bukan? Nah, dalam mendukung tumbuh kembang Si Kecil di masa mendatang, Bunda perlu memperhatikan 1000 Hari Pertama kehidupan Si Kecil. Karena, pada masa tersebut merupakan masa emas yang menentukan pertumbuhan Si Kecil kedepannya. Akan tetapi, perlu Bunda ketahui bahwa 1000 Hari Pertama dihitung sejak masa kehamilan atau lebih tepatnya saat sekitar 280 hari janin sampai dengan usia Si Kecil mencapai 2 tahun.

Menurut dr. Natia Anjasari, Sp.A dari Brawijaya Women and Children Hospital, 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil dirasa penting karena pada 280 hari di dalam kandungan janin akan mengalami pembentukan otak. Sampai di usia 2 tahun, pertumbuhan otak Si Kecil akan bertumbuh dengan pesat yang diiringi dengan sinergi dari semua organ tubuhnya untuk bertumbuh dan berkembang bersama secara sempurna. “Pada fase ini, terdapat pembentukan berbagai organ vital, pematangan sistem pencernaan, perkembangan kognitif dan kecerdasan, serta pematangan sistem imun atau daya tahan tubuh.” ungkap dr. Natia saat mengisi acara forum diskusi #1000HariPerlindungan bersama Sleek Baby beberapa waktu silam.
Dengan banyaknya momen pertumbuhan yang terjadi, dapat dibayangkan kan Bun, betapa pentingnya 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil? Tapi, apa saja sih yang bisa Bunda lakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil di 1000 hari pertamanya? Ini dia beberapa diantaranya, Bun.

1. Nutrisi

Nutrisi jadi salah satu kunci agar pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil di 1000 hari pertamanya dapat optimal. Menurut WHO, pada tahun 2003, ada 3 hal yang direkomendasikan dalam pemenuhan gizi Si Kecil, sebagai berikut :

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dalam waktu kurang dari 1 jam setelah Si Kecil lahir
Pemenuhan ASI eksklusif selama 6 Bulan
Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang dimulai sejak Si Kecil berusia 6 bulan dengan kandungan nutrisi yang seimbang, aman dan dilakukan dengan benar.
Memperhatikan nutrisi Si Kecil sangat penting karena pada 2 tahun pertama kehidupannya, berat otak Si kecil mencapai 50%. Jika nutrisi diberikan dengan baik dan tepat pada masa 1000 hari pertama kehidupannya maka dapat memengaruhi tatanan sirkuit otak. Karena, nutrisi dan stimulus yang Bunda berikan sangat berpengaruh terhadap proses pematangan dan pembentukan sel otak Si Kecil. 
Menurut dr. Natia, “Kandungan nutrisi paling utama yang harus dipenuhi karena menjadi sumber energi, menjaga fungsi tubuh, dan meningkatkan tumbuh kembang anak. Asupan yang perlu dipenuhi yaitu, DHA dan AA, zat besi dan taurin, Choline dan Zinc. Selain itu, kebersihan alat dan perlengkapan makanan perlu dijaga.” Jadi, selain menjaga nutrisi untuk diberikan kepada Si Kecil, Bunda juga perlu memperhatikan kebersihan alat dan perlengkapan makanannya. Caranya, Bunda dapat menggunakan Sleek Baby Bottle Nipple & Baby Accessories cleanser yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak memiliki efek samping bagi tubuh Si Kecil dalam menyerap nutrisi yang Bunda berikan. Selain itu, menjaga kebersihan juga sangat penting agar Si Kecil tidak mengalami gangguan pertumbuhan yang tidak optimal dan terhindar dari berbagai penyakit seperti diare dan ISPA.

2. Stimulus dari Lingkungan

Selain nutrisi yang optimal untuk menjaga tumbuh kembang Si Kecil, Bunda juga perlu memberikan stimulus untuk membantu tumbuh kembangnya agar lebih optimal. Stimulus yang Bunda berikan nantinya akan mendukung sinaps otak sehingga membentu sirkuit otak yang lebih optimal. Simulasi harus Bunda berikan sejak dini secara berulang-ulang agar pembentukan sinaps otak Si Kecil semakin kuat dan banyak sel pertumbuhannya. “Sebuah penelitian menyebutkan, jika seorang anak mendapatkan nutrisi, stimulasi, dan kasih sayang yang cukup, maka sinaps otak yang terbentuk cukup banyak. Ini menentukan kecerdasan anak di masa mendatang. Karena itu hal ini perlu dilakukan sejak dini, bahkan sejak hamil,” ungkap dr. Natia.

Leave a comment