Mom's Area

Image

Bunda, Jangan Biarkan Stres Pascamelahirkan Berlarut-larut

Bunda tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi setelah melahirkan. Menyambut tamu yang datang menjenguk Si Kecil, mengurus keperluan rumah, hingga begadang mengganti popok rasanya menjadi “agenda” yang mengisi hari-hari Bunda usai melahirkan. Tetapi ketika sedang sendiri dan harus mengerjakan semuanya, tak jarang Bunda akan merasa lelah, kesepian, lalu berujung stres. Apakah ini normal?

Hal tersebut sangat normal, Bunda. Pasalnya, hormon akan kembali seperti sebelumnya pasca melahirkan. Dalam kondisi itu, Bunda bisa mengalami babyblues (merasa tak dibutuhkan, lelah, kesepian, stres, dan lainnya) selama beberapa hari atau minggu.

 

Apa yang bisa dilakukan?

Cepat atau lambat, Bunda pasti menyadari bahwa tak ada orang yang sempurna, tetapi melakukan yang terbaik bagi Si Kecil merupakan kesempurnaan yang membahagiakan. Selanjutnya?

 

Pertama, it’s all about your baby. Bunda perlu mengetahui bagaimana karakter dan kebiasaan Si Kecil. Biasanya, setelah enam minggu pertama, rutinitas Si Kecil sudah terbentuk. Misalnya, jam berapa ia harus minum ASI, mengganti popok, dan jam tidur. Dengan demikian, Bunda bisa “mencuri” kesempatan untuk istirahat dan menikmati me-time.

 

Kedua, eat well. Saat Bunda merasa capai dan letih, makanan sehat akan membantu perasaan lebih baik. Buat saja homemade granola, dicampur dengan kacang-kacangan yang di panggang, tuna, dan kentang panggang, vegetable sandwich, atau menikmati buah musiman. Eat well and sleep well.

 

Ketiga, fokus. Jangan memforsir tubuh Bunda untuk alasan tertentu. Jika Bunda masih berkutat mengurusi Si Kecil, sementara baju kotor belum dicuci, abaikan sejenak. Fokuskan perhatian Bunda terlebih dahulu untuk Si Kecil. Jika Si Kecil adalah anak pertama, puaskan menghabiskan waktu bersamanya. Dokumentasikan (foto, video) setiap gerak lucunya dan infokan kepada Ayah.

 

Keempat, terima bantuan. Tak mengapa jika Bunda ingin turun tangan menangani urusan rumah dan Si Kecil, tetapi Bunda juga harus mengukur kemampuan. Kalau ada saudara atau orang terdekat (ibu, tante, sepupu, sahabat) menawarkan diri untuk membantu Bunda, mengapa tidak? Terima saja bantuan yang ditawarkan, Bun. Ini bukan menandakan Bunda lemah kok.

 

Kelima, me-time. Si Kecil tidur? Saatnya, Bunda beraksi! Nikmati me-time yang sudah diimpikan Bunda. Misalnya, undang therapist spa dan pijat di rumah, update info terkini di dunia maya, mix and match baju, lalu foto untuk outfit of the day (OOTD). Tampilkan foto tersebut di forum fashion atau mommies. Jika Bunda memiliki foto OOTD, bisa juga upload pada fans page Sleek Baby di Facebook atau tag ke @SleekBaby_ID di Twitter dan Instagram. 

Leave a comment