Mom's Area

Image

Beberapa Gejala Aneh Selama Kehamilan

Tak diragukan, setiap Bunda hamil memancarkan aura kebahagiaan. Di sisi lain, Bunda mengalami gejala-gejala aneh selama kehamilan. Seperti buang angin, mendengkur, hingga keluar cairan dari alat kelamin. Buat kehamilan pertama, hal tersebut terkadang menjadi hal yang membingungkan buat Bunda.

Bunda hamil seringkali bertanya-tanya kepada dokter dan sahabat, ‘Apakah ini normal?’ Di bawah ini, kami akan menguraikan beberapa gejala aneh plus cara mengatasinya.

1. Gejala: Keluar cairan putih atau kuning pucat dari vagina, sehingga meninggalkan bercak di celana dalam.

Penyebab: Saat hamil, hormon dan aliran darah vagina Bunda bertambah.

Penanganan: Bunda cukup mengenakan pantyliner atau menggunakan personal wipes. Selama cairan tersebut tidak berwarna gelap, berbau, dan gatal berarti masih normal. Jika sebaliknya, ceritakanlah pada dokter. Jangan menggunakan douche atau pembersih vagina, karena dapat menyebabkan iritasi.

 

2. Gejala: Perut kembung, terkadang kram, dan kerap buang angin tiba-tiba.

Penyebab: Selama kehamilan, kinerja usus lamban karena hormon progesteron beredar dalam tubuh.

Penanganan: Bunda perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman, terutama yang menghasilkan gas. Seperti brokoli, kol, kembang kol, jagung, bawang, dan minuman soda. Perut kembung dan kentut tiba-tiba dapat terjadi kapan saja. Namun kram perut kerap terjadi pada awal dan akhir kehamilan.

 

3. Gejala: Sering mendengkur saat tidur malam.

Penyebab: Selaput lendir membengkak, sehingga hidung tersumbat dan memaksa untuk bernapas. Alhasil Bunda pun mendengkur. Kondisi tersebut bisa terjadi karena berat badan meningkat pada trisemester terakhir.

Penanganan: Aplikasikan cairan garam di hidung sebelum tidur. Bunda juga dapat menginvestasikan dana untuk bantal kesehatan yang nyaman dan tidur di salah satu sisi. Perhatikan pula kelembaban udara dan cahaya kamar.

 

4. Gejala: Banjir keringat di sekujur tubuh setiap hari. Normalkah?

Penyebab: Metabolisme Bunda ketika hamil menjadi berlebihan dan aliran darah terpompa kencang keseluruh tubuh untuk menghangatkan kulit. Dan berkeringat merupakan cara mendinginkannya.

Penanganan: Gunakan baju berbahan katun yang menyerap keringat, hindari bahan sintetis, dan banyak mengonsumsi air mineral. Untuk badan, gunakan deodoran serta talc berbahan natural untuk mengurangi efek bau badan.

 

5. Gejala: Kaki membesar atau sepatu terlalu kecil?

Penyebab: Selama masa kehamilan, badan Bunda akan memproduksi dan menyimpan banyak cairan di dalam tubuh. Efeknya, badan Bunda membengkak termasuk kaki. Setelah Bunda melahirkan, kaki akan normal kembali. Bunda tak usah khawatir.

Penanganan: Kuncinya adalah kenyamanan. Jangan paksa kaki masuk ke dalam sepatu yang “kekecilan”. Pakai sepatu slip-on atau beli dengan ukuran sesuai dengan kaki Bunda.

 

6. Gejala: Kerap berdarah ketika menyikat gigi, padahal sebelumnya tidak pernah.

Penyebab: Perubahan hormon selama hamil sungguh luar biasa. Perubahan tersebut menyebabkan aliran darah ekstra ke rongga mulut. Jadi tidaklah heran kalau gusi dan sekitarnya membengkak dan lebih sensitif.

Penanganan: Bunda tetap menyikat gigi dua atau tiga kali sehari, jika perlu ganti sikat gigi berbulu lembut, dan kurangi makanan manis. Kunjungi pula dokter gigi secara berkala untuk membersihkan plak, karena gusi Bunda hamil lebih banyak plak.

 

Ternyata banyak gejala aneh selama kehamilan ya Bunda. Agar tetap menikmati masa-masa kehamilan, Bunda tetap rileks dan jangan panik. Jika ada gejala aneh segera hubungi dokter atau cek cepat dengan mencari informasi di internet.

 

Leave a comment