Mom's Area

Image

7 Hal Nikmat Saat Bunda Cuti Melahirkan

Pada Agustus lalu, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) menyuarakan perpanjangan cuti melahirkan kepada pemerintah bagi karyawati. Menurut AIMI, mengacu pada Undang-Undang Nomor 39/1999, cuti melahirkan diperpanjang hingga enam bulan.

 

Selama ini, cuti melahirkan yang diberikan oleh perusahaan atau instansi hanya tiga bulan. Padahal, enam bulan pertama Si Kecil merupakan masa keemasan perkembangannya. Pada Oktober lalu, Seto Mulyadi, psikolog Anak, justru mengusulkan cuti melahirkan selama tiga tahun. Namun itu semua baru usulan, pemerintah pun belum mengambil tindakan soal cuti melahirkan dan tentu butuh watu lama menerapkannya.

 

Daripada Bunda memikirkan usulan yang memanjakan hati tetapi belum jelas keputusannya, lebih baik kita nikmati saja jatah cuti yang ada.Nah! Berikut ini ada 7 hal yang bisa dinikmati dengan bebas selama cuti melahirkan.

 

 

1. Nikmati kebersamaan dengan si Kecil

Pasca melahirkan adalah hari tersibuk yang pernah dijalani Bunda. Repot? Pasti. Namun, nikmati saja kebersamaan Bunda bersama Si Kecil. Karena kelekatan Si Kecil terhadap orangtua tak berlangsung lama, lho. Apalagi jika ia sudah sekolah dan sibuk dengan teman-temannya.

 

2. Eksplorasi kemampuan memasak

Mumpung masih di rumah, tak ada salahnya Bunda mengeksplorasi keterampilan Bunda di dapur, mulai dari memasak untuk keluarga hingga menyiapkan berbagai menu MP-ASI buat Si Kecil.

 

3. Berbagi tugas

Berbagi tugas dengan Ayah untuk mengurus Si Kecil sangat membantu untuk mengurangi kepenatan dan “tekanan” psikis Bunda. Contoh sederhana mengganti popok, menemani Bunda menyusui, begadang menidurkan Si Kecil, atau mencuci piring.

 

4. Mendekor ulang

Selain sibuk urusan Si Kecil dan dapur, jika ada waktu tersisa tak ada salahnya mendekor ulang ruangan di rumah agar terlihat segar. Sulap ruangan keluarga untuk bermain Si Kecil dengan syarat: child friendly, tak ada benda berbahaya, memilih karpet yang tidak licin, dan pastikan ruangan selalu dalam kondisi bersih.

 

5. Stay Connected

Dunia itu tak terbatas, khususnya ketika internet sudah terkoneksi. Jadi tak ada istilah ketinggalan berita. Bunda tetap bisa terkoneksi dengan dunia luar, kok. Mendengarkan perkembangan dunia lewat media sosial, media daring, situs berbagi video, dan masih banyak lagi.

 

6. Playdates

Bosan di rumah? Kenapa tidak bertemu sahabat dan mengajak Si Kecil playdates? Bunda tinggal mengatur janji dengan beberapa sahabat dan anak mereka. Di sini, Bunda bisa saling tukar pengalaman, kangen-kangenan, sembari mengawasi Si Kecil bermain dengan anak sebayanya.

 

7. Shopping

Acara paling menyenangkan setelah playdates adalah shopping! Tetapi ini bukan sembarang shopping, melainkan belanja keperluan Si Kecil. Berbelanja keperluan Si Kecilmemerlukan perhatian khusus, misalnya memilih hand soap, dan bottle cleanser. seperti Sleek Bottle Nipple, yang memiliki formula food grade sehingga aman jika tidak sengaja tertelan Si Kecil. Selain itu, produk ini juga bebas sodium laureth sulfate (SLS), sodium lauryl ether sulfate (SLES), paraben, dan pewangi. Jika ingin membeli produk buat Si Kecil, perhatikan dan baca komposisi dulu ya, Bunda.

Leave a comment