Mom's Area

Image

4 Cara Stimulus Si Kecil dalam Kandungan

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk merangsang kecerdasan Si Kecil, bahkan saat masih dalam kandungan. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, Bunda juga bisa dianjurkan untuk memberikan stimulasi pada Si Kecil dalam kandungan dengan cara-cara berikut ini :

1. Mendengarkan Musik

Mulailah perkenalkan Si Kecil dengan musik sejak ia masih dalam kandungan. Bunda bisa mendekatkan suara musik ke perut, dengan pilihan lagu-lagu klasik atau hanya instrumen dengan irama yang lembut. Suara musik yang indah akan membuat janin merasa tenang. Menurut penelitian mendengarkan musik dapat mempengaruhi bakat musik Si Kecil nantinya.

2. Memberi Sentuhan

Sentuhan seperti mengusap, membelai, dan menepuk di seluruh bagian perut sangat baik untuk dapat memulai kedekatan Bunda dengan Si Kecil. Bila janin sudah bisa merespon, proses stimulasi sebagai bentuk komunikasi Bunda dengan Si Kecil.

3. Ajak Bicara

Sambil mengelus perut, Bunda bisa mengajak Si Kecil bicara. Ucapkan sapaan selamat pagi, ungkapkan perasaan sayang, atau ceritakan pengalaman seru Bunda saat sedang mengandung. Bunda juga bisa membacakan dongeng atau kitab suci.

Menurut penelitian, dengan mengajak bicara sejak di dalam kandungan, maka kosa kata Si Kecil akan lebih banyak ketika dalam fase belajar bicara. Saat mengajaknya bicara, biasanya Si Kecil akan memberikan respon berupa gerakkan atau tendangan pertanda ia memang mendengarkan apa yang Bunda ucapkan.

4. Stimulasi Cahaya

Pada usia kehamilan 23 minggu, janin sudah dapat mendengarkan, melihat cahaya, dan memberikan respon dengan gerakkan. Bunda bisa memberikan stimulasi lewat cahaya, misalnya mengarahkan senter ke perut. Cara ini mengenalkannya pada kondisi terang atau gelap yang akan menstimulasi mata dan otak Si Kecil. Selamat mempraktikkan, Bunda. 

Leave a comment