Mom's Area

Image

3 Posisi Tidur Nyaman untuk Ibu Hamil

Banyak Bunda yang merasa bingung saat hamil semakin membesar, posisi tidur yang nyaman dan aman bagaimana? Tenang, Bunda tidak perlu khawatir karena tiga posisi tidur berikut ini bisa membantu Bunda tidur lelap tanpa cemas dengan kondisi si kecil dalam kandungan.

1. Posisi Tidur Tengkurap

Posisi tidur tengkurap aman untuk Bunda yang sedang hamil.  Tapi untuk Bunda yang hamil di trimester pertama, mungkin akan merasa kurang nyaman karena kondisi payudara yang semakin besar dan lebih sensitif.

2. Posisi Tidur Telentang

Posisi tidur telentang sangat dianjurkan untuk Bunda selama masa kehamilan. Namun, menginjak kehamilan usia 16 minggu, Bunda tidak lagi dianjurkan tidur dengan posisi ini karena bisa menyebabkan penurunan tekanan darah, misalnya Bunda menjadi pusing. Posisi tidur telentang adalah posisi terbaik untuk Bunda yang hamil di bawah usia 16 minggu.

3. Posisi Tidur Miring ke Samping

Untuk Bunda dengan usia kehamilan lebih dari 16 minggu, disarankan tidur dengan posisi miring ke samping. Karena posisi ini akan memberikan keuntungan untuk bayi agar mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke dalam plasenta.

Bunda bisa mengganti posisi miring ke kanan atau kiri untuk membuat tidur terasa nyaman. Saran untuk Bunda, taruhlah bantal di antara dengkul dan satu di punggung, agar lebih nyaman.

Nah, Bunda jangan khawatir lagi ya memilih posisi tidur saat hamil. 

Leave a comment