1000 Hari Perlindungan
Image

Yuk, Simak Pentingnya Menjaga Kebersihan Botol Bayi

Di masa #dirumahaja ini, Ayah dan Bunda akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan si Kecil. Bermain bersama mereka, mengajarkan hal-hal yang baru, menyusuinya, dan banyak lagi. Para orangtua tentunya tidak ingin waktu bonding terganggu karena si Kecil terserang penyakit.


Botol bayi merupakan salah satu peralatan yang sangat penting bagi buah hati. Bahkan setiap rumah memiliki lebih dari satu botol bayi dan semuanya digunakan setiap hari tanpa berhenti. Maka dari itu, kebersihan botol bayi juga harus dijaga agar tidak menimbulkan penyakit bagi si Kecil. Apalagi di masa pandemi Covid-19, penyebaran virus semakin cepat dan para orangtua harus mengambil langkah preventif agar buah hatinya terjauhi dari virus tersebut.


Bayi memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi terhadap lingkungannya. Sebab bayi memiliki sistem kekebalan yang berbeda dengan orang dewasa sehingga bayi lebih rentan terhadap penyakit. Menjaga kebersihan botol bayi dan peralatan lainnya sangatlah penting untuk menjauhi si Kecil dari berbagai penyakit.


Kemudian apa saja risiko dari kurangnya menjaga kebersihan tersebut? Mari simak penjabaran berikut


1. Berkumpulnya Bakteri

Bakteri dapat berkembang biak apabila ada di permukaan yang kotor. Botol susu atau botol minum yang tertutup apabila tidak dibersihkan dengan tepat. Malas mencuci botol hingga ke dasarnya dengan cara disikat juga dapat memicu berkembangnya bakteri. Cucilah botol si Kecil dengan benar dan pilihlah cairan pembersih botol bayi yang dapat membunuh bakteri tersebut.


2. Banyak Kuman

Seperti halnya mencuci tangan setelah bersin dan batuk, untuk menghilangkan kuman yang ada pada botol si Kecil, Ayah dan Bunda perlu rajin mencucinya. Bermacam penyakit bisa hadir karena paparan kuman. Bahkan kuman bisa, lho, berpindah dari tangan Ayah dan Bunda.


Misalnya saat Ayah sedang bermain bersama si Kecil dan harus memberinya susu, pastikan Ayah cuci tangan terlebih dahulu hingga bersih agar kuman tidak menempel pada botol. Atau saat Bunda sedang membuat susu, jika habis memegang banyak benda dapur atau benda lainnya, pastikan tangan Bunda bersih dahulu.


3. Si Kecil Terserang Penyakit

Diare dan muntah-muntah adalah beberapa contoh penyakit yang umum terjadi karena ketidakbersihan lingkungannya. Bisa jadi karena seseorang yang memiliki infeksi memegang dot yang kemudian masuk ke dalam mulut si Kecil. Keracunan makanan dan Hepatitis A juga bisa menyerang karena kuman dan bakteri. Penyakit-penyakit ini bisa berakibat fatal, lho, Ayah dan Bunda.


Pastinya Ayah dan Bunda tidak ingin anaknya sakit. Oleh karena itu, rajin mencuci botol dan peralatan si Kecil dapat mencegah penyebaran penyakit dan virus berbahaya. Mencuci bersih botol hingga komponen-komponen kecil seperti dot dan ring botol, dan rajin mensterilisasi dapat menghindari si Kecil dari penyakit tersebut.


Seperti yang sudah dijelaskan di beberapa risiko ketidakbersihan botol, mencuci bersih botol dengan cairan pembersih botol bayi yang tepat akan lebih baik lagi. Sekarang ini banyak sekali sabun pembersih botol bayi terjual di pasaran. Akan tetapi masih banyak juga cairan pembersih yang tidak mengikuti standar untuk pembersih botol si Kecil. Memilih cairan pembersih botol bayi yang salah bisa saja menjadi bumerang bagi Ayah dan Bunda dan malah mengancam kesehatan si Kecil.


Lalu, bahan kimia apa saja yang harus dihindari Ayah dan Bunda saat memilih cairan pembersih botol bayi?


1. Parfum atau Pewangi

Meskipun memberikan wangi yang enak, tetapi parfum dapat memicu iritasi dan reaksi alergi yang tentunya dapat berbahaya bagi si Kecil. Memang, kandungan parfum yang ada di dalam sebuah produk biasanya tidak ditampilkan atau menggunakan istilah kimia. Maka dari itu sebaiknya Ayah dan Bunda melakukan cek terhadap produk pembersih yang akan dibeli apakah memiliki wangi yang terlalu kuat atau tidak, atau bahkan tidak berbau sama sekali. Hal ini karena pewangi dapat memberi dampak yang negatif terhadap kesehatan si Kecil. Jadi sebaiknya, pilih pembersih yang No Fragrance seperti Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser.


2. Paraben dan Phthalate

Paraben adalah salah satu bahan kimia yang umumnya digunakan sebagai pengawet bagi sabun, shampo atau losyen. Paraben ini berbahaya bagi kesehatan si Kecil karena dapat memicu terjadinya kanker, lho, Ayah dan Bunda. Gangguan pernafasan seperti asma dan timbulnya alergi serta iritasi kulit bisa terjadi karena adanya kandungan paraben dan phthalate di dalamnya. Maka dari itu kadar paraben dalam sebuah produk harus sesuai takaran, dan lebih baik jika Ayah dan Bunda memilih produk yang tidak memiliki kandungan bahan kimia tersebut.


Cara yang mudah agar Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir dengan kandungan paraben adalah mengecek di kemasan apakah memiliki label ‘paraben-free’. Kalau iya, berarti cairan pembersih yang Ayah dan Bunda pilih bisa dipastikan aman untuk digunakan. Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser bisa Ayah dan Bunda pilih sebagai cairan pembersih botol bayi karena bebas dari paraben, lho.


Cara lain yang bisa Ayah dan Bunda lakukan jika masih khawatir adalah mengecek bahan-bahan kimia di label komposisi produk pembersih si Kecil. Jika Ayah dan Bunda melihat ada bahan kimia yang berakhiran ‘-paraben’ atau terdapat Bisphenol A (BPA), asam benzoate, DEP, phthalate, dan sebagainya, langsung ganti dan carilah produk lain yang tidak memiliki bahan-bahan tersebut karena akan berisiko pada si Kecil. 


3. Pembersih yang Non-Food Grade

Pembersih yang memiliki label ‘Food Grade’ pastinya akan membuat para Bunda senang karena dijamin aman bagi si Kecil. Saat sedang mencari cairan pembersih untuk peralatan buah hati, hindarilah produk yang Non-Food Grade. Karena jika tidak memiliki standar tersebut, produk yang Ayah dan Bunda pilih bisa saja mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan si Kecil. Jadi, carilah label ‘Food Grade’ pada produk yang Ayah dan Bunda cari, ya!


Tentunya dalam mencari cairan pembersih yang aman, Ayah dan Bunda akan mendapatkan solusinya dari Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser. Kenapa? Karena produk pembersih botol bayi dari Sleek Baby ini Paraben Free yang artinya tidak ada kandungan paraben yang terkandung dalam produk ini. Pastinya akan membuat para Bunda dan Ayah lepas dari kekhawatiran, bukan?


Selain itu, Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser juga memiliki standar 100% FOOD GRADE yang berbahan alami sehingga aman bagi si Kecil. Produk ini juga sudah diuji klinis oleh dokter kulit, sehingga aman dan tidak akan membuat iritasi kulit. Cairan pembersih botol bayi ini memiliki Natural Antibacterial yang dapat membunuh kuman dan bakteri pada botol si Kecil. Selain itu, kandungan Stain Removal-nya dapat dengan ampuh membersihkan noda lemak dan sisa susu pada botol si Kecil.


Nah, itulah mengapa menjaga kebersihan penting dilakukan. Selain karena menjauhkan buah hati dari penyakit, menjaga kebersihan dapat menambah kehangatan dalam bonding time antara Ayah, Bunda dan si Kecil. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser, silakan klik di sini!

Leave a comment