1000 Hari Perlindungan
Image

Yuk, Menjaga Kebersihan Tempat Tidur agar Si Kecil Selalu Sehat dan Ceria!

Kesehatan anak tak hanya ditentukan oleh asupan ASI dan Makanan Pendamping ASI (MPASI) saja. Lebih dari itu, kebersihan lingkungan sekitar juga sangat mempengaruhi kesehatan buah hati Bunda. Itulah sebabnya Bunda harus teliti menjaga kebersihan seisi rumah supaya si Kecil selalu sehat, salah satunya dengan memperhatikan kebersihan tempat tidur.

Kalau soal kebersihan peralatan makan, Bunda pasti tak bingung lagi karena ada Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser yang siap membantu Bunda. Bunda bisa mendapatkan 8 perlindungan menyeluruh berikut ini bila menggunakan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser untuk membersihkan botol susu, peralatan makan, dan mainan si Kecil:

1. Telah lolos uji klinis di lembaga terakreditasi.

2. Mengandung bahan yang aman dan natural, seperti Natural Anti Bacterial yang ampuh membasmi semua bakteri dan kotoran dan kotoran dari sisa susu maupun makanan.

3. Stain Removal Formula membuat botol menjadi kesat setelah mencuci lemak.

4. Bersifat paraben free sehingga aman dari bahan kimia berbahaya.

5. Food Grade Formula yang diklaim aman jika ada sisa sabun pada peralatan makan yang tidak sengaja tertelan oleh si Kecil serta tidak meninggalkan residu apapun.  

6. Hypoallergenic sehingga kandungannya tidak akan membuat kulit Bunda jadi kering atau mengelupas sesering apapun Bunda mencuci botol dengan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser.

7. Cairannya bersifat konsentrat dengan tekstur kental dan padat. Pemakaian dalam jumlah sedikit sudah cukup untuk mencuci banyak botol dan membuat Bunda jadi lebih hemat. 

8. Microbiological Tested atau telah teruji efektif membunuh mikroorganisme berbahaya yang rentan mendiami dan merusak bahan pangan.

Nah, kalau masalah kebersihan peralatan makan si Kecil sudah teratasi, bagaimana dengan kebersihan tempat tidur?

Bunda bisa melakukan beberapa hal sederhana ini untuk menjaga kebersihan tempat tidur si buah hati:

Memilih Perlengkapan Tidur yang Bahannya Berkualitas

Menjaga kebersihan tempat tidur harus dimulai dari pemilihan perlengkapan tidur yang tepat. Bunda harus memilih perlengkapan tidur buah hati yang bahannya lembut, nyaman, mudah dibersihkan, dan tidak menyebabkan alergi. Beberapa bahan perlengkapan tidur yang cocok untuk bayi baru lahir antara lain katun, serat alami, dan mikrofiber. Sebaiknya Bunda memilih seprai dan sarung bantal, selimut, serta alas tidur dari bahan-bahan tersebut supaya mudah dibersihkan dan mendukung kenyamanan bayi secara maksimal. 

Merapikan Kamar Tidur Anak Setiap Hari

Hal pertama yang patut Bunda lakukan untuk menjaga kebersihan tempat tidur si Kecil adalah merapikan kamar tidur setiap hari. Debu dan kotoran lain yang terdapat di kamar si Kecil memang berisiko mengotori tempat tidurnya. Jadi, jangan malas menyapu, mengepel, dan mengelap seisi kamar anak setiap hari ya, Bun. Sehingga tak ada debu atau kotoran yang beterbangan dan mengganggu kesehatan buah hati Bunda.

Mengganti Perlengkapan Tidur Secara Teratur

Kalau dilihat sekilas, perlengkapan tidur bayi baru lahir memang tidak kotor meskipun digunakan dalam waktu lama. Padahal, debu dan kotoran tak kasat mata bisa melekat pada perlengkapan tidur tersebut dan menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan seperti sesak napas, iritasi kulit, dan masalah pencernaan. Oleh sebab itu, Bunda harus mengganti perlengkapan tidur si Kecil secara rutin setiap satu minggu sekali.

Gunakan deterjen antibakteri yang kandungannya aman untuk kulit sensitif si Kecil. Kini, banyak produk deterjen yang diformulasikan khusus untuk baju dan perlengkapan bayi sehingga kandungannya anti alergi dan beraroma lembut. Jika perlengkapan tidur si Kecil sudah dicuci dan dijemur sampai kering, jangan lupa menyetrikanya untuk membasmi mikroorganisme dan kotoran yang menempel saat proses penjemuran berlangsung. Rangkaian proses merawat perlengkapan tidur tersebut akan membuat kamar tidur si Kecil selalu higienis.

Membersihkan Kasur dan Seisi Kamar Tidur dengan Vacuum Cleaner

Bunda juga harus menyiapkan vacuum cleaner untuk membersihkan kasur dan seisi kamar tidur si Kecil. Untuk hasil terbaik, gunakan vacuum cleaner dengan daya hisap besar sehingga proses pembersihan berlangsung maksimal. Vacuum cleaner yang berkualitas dapat menyedot debu dan kotoran yang tak tampak oleh mata. Lakukan proses pembersihan dengan vacuum cleaner setiap dua minggu sekali agar kamar si Kecil senantiasa bersih dan bebas mikroorganisme penyebab penyakit.

Memperhatikan Kebersihan Area yang Sulit Dijangkau

Bukan hanya tempat tidur dan lantai kamar si Kecil yang harus terjaga kebersihannya, Bun. Bunda juga harus memperhatikan kebersihan di area kamar yang sulit dijangkau, misalnya di kolong tempat tidur dan lemari, sudut ruangan, dan kusen jendela. Bunda harus membersihkan bagian-bagian tersebut secara rutin karena berisiko menjadi tempat penumpukan debu. Selain menggunakan sapu atau vacuum cleaner, siapkan pula kain lap bersih dan kain pel untuk membersihkannya secara maksimal. Kalau seisi kamar sudah bersih, Bunda juga bisa menyemprotkan cairan disinfektan ketika si Kecil sedang tidak berada di kamar. Semprotan disinfektan akan membunuh mikroorganisme penyebab penyakit yang tertinggal di kamar.

Membatasi Jumlah Boneka di Kamar Tidur

Boneka-boneka yang lucu memang bisa menjadi teman si Kecil yang menyenangkan saat bermain di kamar tidur. Sayangnya, tak banyak orang yang menyadari kalau boneka juga bisa menjadi tempat bersarangnya kotoran dan mikroorganisme pencetus penyakit seperti virus, bakteri, dan jamur. Untuk mencegah risiko buah hati sakit akibat kotoran dan mikroorganisme, sebaiknya Bunda membatasi jumlah boneka di kamar tidur. Boneka milik si Kecil harus dicuci setiap 2 minggu sekali agar kondisinya selalu bersih dan aman saat dimainkan oleh buah hati Bunda.

Menyingkirkan Barang-Barang yang Tak Terpakai

Meskipun ukuran kamar si Kecil terbilang luas, bukan berarti Bunda boleh menyimpan banyak barang di dalamnya, ya. Barang-barang yang menumpuk di kamar si Kecil tentu rentan menjadi tempat bersembunyi debu, serangga, dan mikroorganisme. Bunda mesti meluangkan waktu untuk menyingkirkan barang-barang tak terpakai secara teratur. Pindahkan barang-barang si Kecil yang tak terpakai keluar kamar dan simpanlah dalam wadah tertutup agar tidak kotor. Kamar anak yang lega tentu lebih mudah dibersihkan setiap hari karena tidak terganggu oleh tumpukan barang.

Menciptakan Aturan Sederhana untuk Menjaga Kebersihan Kamar

Bila Bunda ingin kamar si Kecil selalu bersih, sebaiknya Bunda menerapkan beberapa aturan sederhana ini dan menaatinya bersama seluruh anggota keluarga:

  • Tidak menyuapi si Kecil di tempat tidur.
  • Membuka jendela kamar pada pagi dan sore hari agar sirkulasi udara jadi lancar.
  • Tidak menyimpan benda-benda apapun seperti buku atau mainan di atas tempat tidur.
  • Selalu mencuci tangan dan kaki sebelum masuk ke kamar si Kecil.


Kondisi kesehatan si Kecil akan senantiasa terjaga bila Bunda telaten mempertahankan kebersihan tempat tidur dan seisi kamar. Bahkan, Bunda juga bisa jadi teladan yang baik bagi seluruh anggota keluarga bila menjaga kebersihan kamar tidur anak secara telaten.


Leave a comment