1000 Hari Perlindungan

Image

Yuk Kenali Masalah Kulit Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir akan mengalami perubahan kulit yang sering kali dirisaukan oleh Bunda. Nah, supaya Bunda tidak khawatir berkepanjangan, kenali dulu masalah kulit bayi yang sering terjadi saat bayi baru lahir.

1. Jerawatan

Sekitar 50% bayi baru lahir akan mengalami masalah kulit berjerawat (acne infantile). Umumnya, masalah kulit berjerawat akan muncul setelah 30 hari pertama kehidupan bayi. Bunda akan melihat kulit wajahnya ditumbuhi benjolan kecil mirip jerawat atau beruntusan dengan warna kemerahan. Penyebabnya, hormon androgen yang masih tinggi (sisa saat ia masih dalam kandungan) pada peredaran darahnya. Biasanya jerawat pada bayi baru lahir ini, terjadi di dada, punggung dan sela paha. Umumnya akan hilang sendiri seiring lenyapnya hormon tersebut.

 

2. Kerak Kepala

Masalah kulit bayi yang kerap muncul di usia 2—3 minggu adalah kerak pada kepala. Tenang Bunda, ini merupakan lepasan dari folikel rambut bayi. Ditandai dengan warna kemerahan di kulit kepala bayi, kadang disertai kerak kekuningan dengan atau tanpa gatal. Jika dibiarkan bisa menghambat keluarnya keringat dan mengundang datangnya bakteri sehingga menyebabkan infeksi.

Bunda bisa membersihkan dengan cara mengolesi kerak kepala bayi dengan baby oil. Lalu diamkan semalaman, kemudian bersihkan dengan sisir bergigi rapat. Setelah itu keramasi dengan menggunakan sampo bayi, bilas sampai bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut.

 

3. Biang Keringat

Biang keringat biasanya disebabkan kerena udara panas yang ditandai dengan bintil-bintil kemerahan pada kulit bayi. Bunda, bisa melakukan perawatan untuk mencegah biang keringat pada Si Kecil dengan cara tradisional yaitu mendinginkan kulit menggunakan tepung kanji, tepung jagung, atau bedak bayi. Sebagai pencegahan, hindari Si Kecil dari panas yang berlebihan dan gunakan pakaian longgar terbuat dari bahan menyerap keringat. Bunda juga perlu memperhatikan kesejukan udara di dalam rumah dengan ventilasi yang baik.

 

4. Kulit Bersisik dan Iritasi

Masalah kulit bersisik, sering dialami oleh bayi di minggu pertama kelahiran. Kulit bayi baru lahir terlihat kering dan mengelupas. Nah, untuk mengatasinya Bunda bisa memandikan bayi dengan memilih sabun yang tepat.

Sabun yang memiliki kelembaban yang sesuai dengan kulit bayi. Seperti Sleek Baby Liquid Soap, sabun mandi cair bayi dengan formula Food Grade. Formula yang aman dipakai bayi sejak bayi dengan Ekstrak Oatmilk  & Chamomile untuk membantu melembutkan dan melindungi kulit bayi dari iritasi. Si Kecil terbebas dari masalah kulit bersisik dan iritasi serta memiliki kulit yang semakin lembut.

Leave a comment