1000 Hari Perlindungan
Image

Yuk, Kenali Manfaat Food Grade Pada Pembersih Botol Bayi

Work From Home atau WFH merupakan ajang yang mungkin ditunggu banyak Bunda dan Ayah. Bagaimana tidak? Dengan adanya WFH, Bunda dan Ayah bisa sambil merawat dan mengawasi si Kecil full time. Sebagian dari Bunda dan Ayah mungkin sulit melakukan hal tersebut karena sibuk dengan pekerjaan. Namun dengan #dirumahaja, waktu bonding Bunda dan Ayah bersama si Kecil akan lebih banyak. Ditambah lagi, Bunda dan Ayah tidak harus pusing dengan kemacetan dan panasnya Ibu Kota.


Selama pandemi Covid-19, Bunda dan Ayah dituntut untuk selalu mengedepankan perilaku bersih dan sehat. Membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan lainnya. Perilaku sehat harus pula diterapkan pada peralatan yang digunakan si Kecil, seperti botol susu, mainan, dan empeng. Semakin sering digunakan, harus semakin sering pula dibersihkan. Apalagi aksesoris bayi yang dimasukkan ke dalam mulut seperti teether dan botol susu. Tentunya akan menjadi tantangan bagi Bunda dan Ayah untuk selalu memastikan peralatan si Kecil bersih dan aman digunakan.


Untuk mencegah virus, kuman, dan bakteri, selain harus rajin membersihkan peralatan, Bunda bisa memilih cairan yang juga aman untuk digunakan. Bagaimana cara mengetahuinya? Yaitu dengan mengecek label kemasan. Cairan pembersih yang aman adalah cairan yang terdapat logo sertifikasi 100% FOOD GRADE. Apa itu food grade? Kemudian apa manfaat food grade itu?


Food grade dapat diartikan sebagai sebuah standarisasi material yang layak dan aman jika berkontakan dengan makanan atau tertelan manusia. Tidak hanya sabun pembersih, tetapi wadah dan peralatan si Kecil dipastikan aman apabila memiliki standarisasi tersebut.


Suatu material atau bahan dikatakan food grade apabila tidak mengubah rasa makanan, tidak mengandung zat-zat berbahaya untuk tubuh, dan juga zat kimia jahat tidak dapat berpindah ke makanan. Kotak thinwall berbahan dasar plastik yang sekarang banyak dijual dipasaran, atau paper cup merupakan beberapa contoh wadah yang memiliki standarisasi food grade.


Selain wadah, label food grade biasa ditemukan di kemasan pembersih peralatan bayi yang menandakan produk tersebut aman untuk perlengkapan si Kecil. Salah satu nilai plus dari cairan pembersih food grade adalah dapat digunakan untuk mencuci sayur dan buah. Pastinya Bunda tidak ingin mencuci sayur dan buah menggunakan sabun cuci piring biasa, bukan? Dengan adanya standarisasi food grade, tidak akan berbahaya bagi kita dan si Kecil apabila sisa sabun masih menempel dan tidak sengaja tertelan.


Lalu apa saja sih manfaat food grade pada pembersih botol bayi dan perlengkapan bayi lainnya?


Kandungan bahan baku yang aman bagi si Kecil

Cairan pembersih yang memiliki standarisasi food grade merupakan solusi yang tepat untuk dipilih, karena mengandung bahan-bahan yang tentunya aman bagi si Kecil. Bunda tidak perlu khawatir lagi akan kandungan-kandungan kimia jahat yang dapat mengancam kesehatan sang buah hati. Bahan kimia jahat seperti paraben tentu tidak akan ada di dalam cairan pembersih yang berlabel food grade. Sebab, bahan kimia seperti paraben dapat menimbulkan banyak penyakit bagi si Kecil.


Tidak meninggalkan residu pada botol susu

Selain memiliki bahan baku yang aman, produk pembersih yang memiliki standar food grade pastinya tidak meninggalkan residu pada botol susu bayi. Bunda mungkin sering mendapati peralatan makan yang masih meninggalkan residu ketika dicuci memakai sabun biasa. Jika Bunda menggunakan sabun pembersih yang asal, gangguan kesehatan seperti keracunan bisa saja terjadi dan dapat membahayakan si Kecil. Tetapi dengan menggunakan sabun pembersih yang sudah dipastikan 100% FOOD GRADE, Bunda tidak perlu khawatir lagi dengan adanya residu di botol si Kecil. 


Manfaat-manfaat mengenai food grade di atas bisa Bunda temukan dalam cairan pembersih Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser. Apa saja keunggulan Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser? Mari kita simak!


Mencuci lebih bersih

Salah satu keunggulan Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser adalah cairan ini dapat mencuci lebih bersih dari sabun lainnya. Biasanya sisa lemak dan makanan masih tersisa dalam botol dan peralatan si Kecil lainnya. Formula Natural Antibacterial dapat dengan efektif membunuh kuman dan bakteri, sehingga botol dan peralatan makan serta mainan si Kecil akan lebih bersih dan aman. Selain itu, konsistensinya yang tebal dapat ampuh membersihkan sekaligus membasmi kuman dan bakteri. Tidak hanya itu, tangan akan terasa halus karena tekstur sabun yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi.


Ampuh menghilangkan bau tidak sedap

Seringkali Bunda mendapati botol yang digunakan atau peralatan makan si Kecil yang masih terdapat bau tidak sedap. Biasanya ini dikarenakan mencuci kurang bersih, kemalasan Bunda dan Ayah dalam membersihkan, atau menggunakan sabun pembersih yang asal-asalan. Adanya formulasi stain removal dalam pembersih botol Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser ini, dapat dengan ampuh menghilangkan bau amis dan noda susu. Dengan formula ini, bau tidak sedap akan dengan cepat terusir dari peralatan si Kecil.


Kita ketahui bahwa tingkat kekebalan bayi belum sebanyak orang dewasa, mereka masih sensitif dan mudah terkena penyakit. Selain memiliki standar 100% Food Grade, formula natural antibacterial, dan formula stain removal, sabun ini juga sudah diuji klinis oleh dermatolog. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya iritasi kulit dan reaksi alergi pada si Kecil. Oleh karena itu, hilangkan keraguan Bunda dan Ayah saat memilih pembersih ini karena sudah terjamin keamanannya.


Tentu agar peralatan bayi bersih maksimal, diperlukan perawatan yang lebih pula. Selalu cuci tangan terlebih dahulu agar tangan dipastikan sudah bersih sebelum menyentuh peralatan bayi. Sering-sering mencuci botol dan wadah makan serta mainan si Kecil menggunakan sabun pembersih yang sudah teruji aman. Menyikat botol sampai ke dasarnya, tidak lupa bibir botol agar sisa lemak susu yang mengumpat bisa hilang. Jangan lupa untuk selalu mensterilkan peralatan setelah dicuci ya, Bunda!


Penggunaan sabun pembersih yang tidak memiliki standar food grade akan lebih berisiko bagi kesehatan si Kecil. Zat dan bahan kimia yang digunakan belum tentu aman bagi kesehatan. Bisa saja zat kimianya terlalu keras sehingga memicu datangnya penyakit bagi bayi. Pastinya Bunda dan Ayah tidak ingin si Kecil terserang penyakit. Apalagi di masa pandemi ini segalanya menjadi rentan. Waktu kebersamaan Bunda dan Ayah dalam merawat dan membangun kedekatan dengan si Kecil bisa saja terganggu sebab mereka sakit dikarenakan penggunaan sabun pembersih peralatan bayi yang terlalu keras zat kimianya. Maka dari itu, untuk membangun kebersamaan yang tidak akan terputus, Bunda dan Ayah harus bijak memilih mana yang aman dan mana yang tidak. Hal kecilnya adalah dengan memilih sabun pembersih yang tepat dan tentunya teruji.


Sleek Baby hadir dengan bermacam produk aman yang Bunda dan Ayah bisa pilih, salah satunya sabun pembersih peralatan bayi-nya. Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser sekarang dapat dengan mudah Bunda dan Ayah beli tanpa harus keluar rumah dengan belanja lewat e-commerce. Selengkapnya tentang produk Sleek Baby bisa dilihat di sini

Leave a comment