1000 Hari Perlindungan
Image

Yuk, Kenali Apa Itu Food Grade!

Selama #dirumahaja, mainan apa yang sering Ayah mainkan bersama si Kecil? Lempar tangkap bola? Robot-robotan? Atau masak-masakan? 


Seninya Work From Home atau WFH selama masa pandemi ini adalah banyaknya waktu bermain dengan si Kecil. Karena sulit pergi ke tempat ramai, maka rumah menjadi tempat utama untuk bermain. Segala jenis mainan dimainkan agar si Kecil tidak bosan. Apapun mainannya, jangan lupa harus selalu dalam keadaan bersih dan dibersihkan dengan sabun cuci yang aman serta memiliki label food grade. Mengapa harus food grade? Apa itu food grade?


Mungkin Ayah akhir-akhir ini sering mendengar istilah food grade. Baik pada wadah penyimpanan makanan, maupun pada sabun pencuci botol susu untuk bayi. Supaya lebih jelas, yuk kenali apa itu food grade dalam penjelasan di bawah berikut.


Ketika menjelaskan apa itu food grade, istilah ini sebenarnya memiliki dua definisi yang berbeda. Definisi pertama, food grade adalah suatu material yang aman jika tertelan oleh manusia. Sedangkan definisi kedua, food grade adalah suatu material yang cocok dan sesuai jika bersinggungan dengan makanan. Kedua definisi ini sama-sama benar, tergantung produk yang dimaksud. Misalnya Ayah ingin mencuci mainan bayi yang sering dimasukkan ke mulut si Kecil, gunakanlah sabun yang aman dan berlabel food grade. Sedangkan untuk definisi yang kedua, contohnya ketika Ayah membutuhkan kontainer kecil sebagai tempat untuk menghangatkan bubur bayi, carilah yang memiliki logo food grade.


Suatu bahan atau material dikatakan food grade apabila bahan tersebut tidak mentransfer zat-zat yang berbahaya ke dalam makanan atau minuman yang akan dikonsumsi. Misalnya seperti wadah makanan berbahan plastik food grade atau kemasan lain yang aman untuk dijadikan tempat penyimpanan makanan dan minuman. Ayah pasti pernah lihat ada wadah atau kemasan plastik dengan kode food grade, bukan? 


Begitu pula dengan sabun pembersih food grade seperti pencuci sayur, buah, alat makan bayi, dan deterjen untuk pakaian anak. Bahan-bahan pencuci tersebut tergolong aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben. Selain itu, sabun pembersih yang food grade akan aman jika masih ada sisa sabun yang tidak sengaja tertelan. Dengan formula no fragrance alias tidak berbau, sabun pembersih food grade tentu aman untuk si kecil. Jadi, sabun pembersih food grade selain bahannya alami, juga mampu menghilangkan kuman dan bakteri yang berbahaya jika tertelan mulut atau terkena kulit – terutama kulit sensitif bayi. 


Jadi sebelum memilih, pastikan Ayah melihat label food grade pada produk pembersih. Tak hanya itu saja, Bunda dan Ayah juga perlu memperhatikan hal berikut:


Cek kesehatan keluarga

Ketika memilih produk yang akan digunakan di rumah, pastikan Ayah mengetahui kondisi kesehatan masing-masing anggota keluarga. Apakah si Kecil alergi terhadap bahan kimia yang ada di sabun mandi atau kulitnya sensitif terhadap suatu zat seperti paraben? Atau ada anggota keluarga lain selain bayi yang tidak kuat terhadap aroma disinfektan? Semua kondisi ini dapat Bunda dan Ayah pertimbangkan ketika akan memilih produk pembersih. Lihat komposisinya, terutama bahan aktifnya. Jika ternyata mengandung bahan yang tidak cocok untuk kulit si Kecil seperti paraben, Ayah bisa memilih produk lain yang bebas paraben.


Ikuti anjuran keamanan

Ketika akan menggunakan produk pembersih, jangan lupa untuk mengikuti petunjuk dan anjuran keamanan yang tertera. Produk pembersih biasanya memberi anjuran agar produk disimpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Hal ini sangat penting untuk Ayah perhatikan. Sebab tidak sedikit ada kasus bayi meminum cairan pembersih karena ia pikir semua benda bisa dimakan. Selain diminum, cairan pembersih juga tidak boleh langsung mengenai bagian kulitnya, terutama mata. Jika hal tersebut terjadi, maka harus langsung dibilas dengan air mengalir dan apabila menyerang kondisi kesehatannya (mata merah atau kulit seperti terbakar), segera bawa ke dokter terdekat.


Selain menjauhkan dari jangkauan anak-anak, Ayah juga jangan mencampurkan bahan pembersih satu dengan lainnya. Misalnya Ayah ingin teether si Kecil lebih bersih, maka Ayah mencampurkan dua cairan pembersih sekaligus. Hal ini dapat memicu reaksi bahan kimia yang ada dalam dua jenis cairan pembersih dan takutnya akan menimbulkan gas beracun atau zat asam yang sangat berbahaya. Jadi, gunakan salah satu saja. Atau jika ingin menggunakan keduanya, jangan digunakan bersamaan.


Mengetahui bahan-bahan yang harus dihindari

Sebagai konsumen, Ayah perlu memahami tentang keamanan produk, kesehatan keluarga, dan juga isu lingkungan. Jadi, pilihlah produk yang aman untuk kesehatan keluarga dan juga aman untuk bumi. Beberapa tahun lalu, zat pemutih klorin biasa digunakan untuk membersihkan noda membandel pada pakaian. Namun kini ternyata zat tersebut cukup berbahaya apalagi untuk bayi dan anak-anak. Tak hanya itu, bahan kimia seperti paraben juga cukup berbahaya bagi bayi.


Paraben berperan sebagai pengawet pada produk kosmetika. Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, tentu akan menyebabkan kerusakan pada kulit. Pada bayi, tentu lebih membahayakan karena kulitnya yang sangat sensitif. Paraben dapat menimbulkan reaksi pada kulit bayi berupa gatal-gatal, alergi, ruam, bentol, hingga lecet. Bahkan pada produk bedak tabur yang mengandung paraben, jika terhirup oleh bayi secara terus menerus, akan menyebabkan gangguan pernapasan.


Untuk menyiasatinya, Ayah bisa menggunakan pembersih dari bahan yang alami dan tentunya aman untuk bayi. Produk yang direkomendasikan oleh para orangtua adalah Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser. Produk ini sudah teruji secara klinis pada lembaga yang terakreditasi, jadi Bunda dan Ayah tidak perlu ragu dengan keamanannya. Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser dilengkapi Natural Antibacterial dan Stain Removal Formula yang sangat efektif membunuh kuman dan bakteri. Tak hanya itu, bau amis dan noda susu pada botol dan dot pun bisa hilang dengan mudah. Kandungannya bebas paraben dan yang paling penting, Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser berlabel food grade. Jadi aman untuk bayi dengan harum yang alami. Bagi Bunda dan Ayah, jangan khawatir jika mencuci setiap hari dengan produk Sleek Baby, karena tidak akan membuat kulit kering dan mengelupas. 

Cara mencuci botol, dot, dan mainan bayi menggunakan Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:


1. Siapkan botol, dot, teether, empeng, dan mainan bayi dalam satu wadah. Bilas dahulu dengan air bersih.

2. Siapkan air hangat dan campurkan sedikit Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories ke dalam wadah. Kucek hingga mengeluarkan busa tipis lalu rendam selama 5-10 menit.

3. Ingin membersihkan noda membandel? Gunakan saja spons pencuci atau sikat botol dengan cara menggosokkannya hingga bersih.

4. Jangan lupa, bilas dengan air bersih dan mengalir hingga terasa bersih dan kesat.

5. Keringkan dan siap digunakan.


Mudah, bukan? Bunda dan Ayah bisa melakukan cara tersebut untuk mencuci berbagai benda yang sering dipegang oleh bayi agar tidak ada kuman yang menumpuk. Dengan begitu, si Kecil tidak mudah terkena penyakit. Ingin tahu lebih banyak lagi seputar produk Sleek Baby lainnya? Kunjungi link berikut.

Leave a comment