1000 Hari Perlindungan

Image

Yuk, Hindari Si Kecil dari Penyakit Cacingan

Pernahkah Bunda memperhatikan si Kecil merasa gatal pada bagian anusnya? Jika iya, maka bisa jadi si Kecil terjangkit penyakit cacingan yang menyerang bagian anusnya. Gejala cacingan ini disebabkan karena infeksi cacing yang masuk ke dalam tubuh. Cacing yang masuk kedalam tubuh ini biasanya masuk ke usus dan kemudian bertelur pada anus manusia.


Bagi banyak orang, cacingan merupakan penyakit biasa dan bisa dengan mudah disembuhkan. Namun, jangan disepelekan karena cacingan bisa berdampak buruk karena dapat menjalar ke berbagai penyakit lainnya seperti kulit, infeksi kulit, sakit perut, mual hingga gangguan pencernaan atau nafsu makan.


Meskipun semua orang bisa terkena penyakit cacingan, namun anak-anak lebih rentan terhadap penyakit ini karena memiliki daya tahan tubuh yang tidak sebaik orang dewasa. Untuk itu, sebaiknya Bunda menghindari si Kecil dari penyakit cacingan melalui beberapa tips pencegahan berikut ini :


1. Membiasakan si Kecil untuk cuci tangan

Cara pertama yang dapat Bunda terapkan untuk menghindari si Kecil dari penyakit cacingan yaitu dengan membiasakan cuci tangan. Anak-anak cenderung suka bermain dan tak jarang bermain di tempat yang tidak bersih. Tempat yang kotor merupakan sarang penyakit seperti cacingan. Ketika si Kecil selesai bermain di tempat tersebut, usahakan Bunda segera mencuci tangan si Kecil atau mandi dengan menggunakan sabun bayi yang aman. Dengan membiasakan si kecil untuk mencuci tangan setelah bermain, maka si Kecil akan terhindar dari penyakit cacingan yang bisa menghampirinya.


2. Menjaga kebersihan makanan

Cacing tidak hanya hadir dari tempat yang kotor namun juga dari makanan yang tidak bersih. Ketika si kecil makan makanan yang tidak bersih maka bisa jadi makanan tersebut telah dihinggapi cacing yang akan berkembang biak di dalam tubuh si Kecil dengan mudahnya. Hal ini semakin diperparah dengan kebiasaan anak-anak yang seringkali memungut makanan dari lantai dan memakannya begitu saja. Oleh karena itu, Bunda harus ekstra siaga dan menjaga kebersihan makanan yang masuk kedalam mulut si Kecil.


3. Menggunakan bawang putih untuk mengatasi cacingan

Ketika tubuh si kecil menunjukkan gejala cacingan, maka Bunda dapat menggunakan bawang putih sebagai obat alaminya. Bawang putih dipercaya efektif memberantas cacing dalam tubuh karena cacing takut dengan aroma dari bawang putih serta kandungan kimia alami yang dimiliki bawang putih juga efektif dalam memberantas cacing. Caranya, Bunda cukup memasukkan bawang putih dalam makanan si Kecil. Selain ampuh untuk mengobati, cara ini juga dapat Bunda terapkan untuk mencegah kehadiran cacing di dalam tubuh si Kecil.


4. Menjaga air minum

Tidak hanya hadir dari makanan, cacing pada tubuh si Kecil juga dapat hadir dari air minum yang dikonsumsinya. Air minum yang tidak higienis bisa jadi telah dihinggapi cacing sehingga jika si Kecil meminumnya cacing tersebut akan tinggal di dalam usus. Akibatnya, si Kecil akan terjangkit penyakit cacingan karena air minum yang tidak higienis.


5. Menggunakan alas kaki

Masuknya cacing tidak hanya melalui saluran pencernaan namun juga dapat masuk melalui sela-sela pada tubuh si Kecil. Salah satu jalur masuk cacing yaitu pada sela-sela kuku jari si Kecil. Kuku yang menyimpan banyak kotoran lebih mudah dihinggapi cacing hingga masuk ke dalam tubuh si Kecil. Untuk mengatasinya, Bunda dapat memeriksa secara rutin kuku si Kecil serta mencegah si Kecil untuk bermain tanpa menggunakan alas kaki karena bisa berpotensi menjadi jalur cacing masuk ke dalam tubuh si Kecil.


Itulah berbagai cara untuk mencegah si Kecil dari penyakit cacingan. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, maka sebaiknya Bunda melakukan berbagai hal tersebut mulai dari yang paling mudah yakni membiasakan si Kecil untuk mencuci tangan setelah beraktivitas dengan menggunakan sabun bayi yang aman. Selamat mencoba, Bun.

Leave a comment