1000 Hari Perlindungan

Image

Yuk Bunda, Ajak Si Kecil Gemar Mencuci Tangan

Dunia bermainnya, Si Kecil tak lepas dari kegiatan menyentuh, menjilat bahkan memasukkan tangan atau benda yang ia lihat ke dalam mulut. Kebiasaan-kebiasaan ini memang agak sulit untuk dihindari sehingga Si Kecil sangat rentan dari kuman dan virus yang menimbulkan risiko berbagai macam penyakit.

Karena itulah, Bunda harus lebih memperhatikan Si Kecil dan menanamkan kebiasaan baik kepada mereka untuk mencuci tangan sejak dini. Mencuci tangan secara rutin dapat mengurangi risiko berbagai sumber penyakit serta membatasi penyebaran virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya melalui tangan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Charles Gerba, Ph.D., mikrobiologis dari University of Arizona menyatakan bahwa kuman banyak mendekam di tempat-tempat seperti lantai toilet dan keran wastafel, bahkan wastafel adalah tempat yang paling jorok. Sedangkan di lingkungan sekolah, alat-alat tulis Si Kecil merupakan sarang tempat kuman bersemayam.

Mencuci tangan dengan air umumnya sering dilakukan, namun cara ini saja tidak cukup dalam menjaga kesehatan dibandingkan dengan mencuci tangan dengan sabun. Untuk itu Bunda harus mengajarkan Si Kecil pentingnya mencuci tangan dengan sabun untuk hasil yang maksimal.

Mencuci tangan secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit terutama yang berhubungan dengan pencernaan dan infeksi kulit. Bila Si Kecil sulit dan menolak untuk mencuci tangan setelah beraktivitas, Bunda bisa menyiasatinya dengan menyediakan sabun beraroma buah seperti stroberi dan jeruk yang digemari Si Kecil.

Jangan lupa untuk berikan pujian kepada Si Kecil sebagai bentuk apresiasi karena sudah memiliki kebiasaan baik dan sadar untuk mencuci tangan dengan sabun.

Leave a comment