1000 Hari Perlindungan

Image

Yuk Ajarkan Balita Minum dari Gelas

Seiring dengan pertambahan usia si Kecil, maka kepintaran dan kemampuannya juga berkembang. Termasuk untuk keterampilan dalam hal makan dan minum. Bunda, bisa membantu si Kecil untuk terampil menggunakan gelas saat minum.

Saat si Kecil berusia 6 - 9 bulan, Bunda sudah bisa mengajarkan dengan perlahan minum dari gelas.  Tenang, Bunda, si Kecil pasti bisa belajar untuk minum dari gelas di usia ini. Karena usia 6 - 9 bulan, rahang si Kecil semakin kuat, giginya mulai tumbuh, dan lidahnya sudah mampu mengendalikan sesuatu yang masuk ke dalam mulutnya.

Ini meningkatkan keterampilan minum dan menelan si Kecil. Gelas bertutup dengan ujung lubang berbentuk meruncing (sippy cup) dapat menjadi sarana si Kecil untuk mulai melatih keterampilan minum dari gelas.

Kemudian pada usia 9 - 12 bulan, si Kecil sudah pandai untuk mengendalikan kecepatan minum. Si Kecil dapat mengatur volume cairan yang ditelan serta ngemut alias mengulum sehingga air tertahan di dalam rongga mulutnya sejenak sebelum akhirnya ditelan.

Pada tahapan ini Bunda sudah dapat mulai membiasakan si Kecil minum dengan menggunakan sedotan. Selanjutnya, setelah si Kecil kian terampil menggunakan sedotan, Bunda dapat memperkenalkan gelas kepadanya.

Begitu si Kecil terampil minum dari gelas, dukunglah tahapan perkembangan keterampilan yang sudah dicapainya ini. Salah satu caranya adalah dengan terus menerus melatih keterampilannya menggunakan berbagai peralatan minum yang lucu dan menarik.

Selain itu, Bunda juga perlu menjaga kebersihan alat makan dan minum si Kecil. Cucilah gelas si Kecil dengan Sleek Bottle, Nipple, and Baby Accessories Cleanser, larutan pembersih untuk perlengkapan si Kecil yang berbahan Food grade, aman untuk si Kecil apabila ternyata masih ada sisa sabun yang menempel pada peralatan si kecil. Selain itu ampuh membunuh kuman dan juga mengandung ekstrak madu yang membuat tangan Bunda tetap lembut meski sering mencuci hihi…

Sudah siap mengajarkan si Kecil minum dengan gelas? Pastinya ya, Bunda.

Leave a comment