1000 Hari Perlindungan
Image

Tips Mudah Mengatasi Nafas Bayi Berbunyi Grok Grok

Merawat dan menjaga sang buah hati yang baru lahir tentunya bukan persoalan yang mudah. Terlebih lagi bagi para orang tua yang baru memiliki pengalaman pertama dalam mengurus anak.


Para orang tua harus dengan sigap menjaga 24 jam sang buah hati yang masih bayi. Mengapa? Karena bayi yang baru lahir harus dengan perawatan dan penjagaan ketat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Bagi para orang tua yang baru memiliki anak, tentunya rentan terhadap perasaan panik ketika melihat ada sesuatu yang aneh terjadi pada sang buah hati. Namun, alangkah lebih baik apabila para orang tua juga rajin mencari informasi mengenai kehidupan seputar mengurus bayi.


Sebagai contoh, nafas bayi bunyi grok grok merupakan salah satu kebiasaan yang suka dilakukan oleh para bayi. Terdapat banyak asumsi mengenai penyebab dari nafas bayi bunyi grok grok. Hal ini lah yang sering menyebabkan para orang tua menjadi berpikir yang terlalu jauh.


Tidak sedikit para orang tua yang panik dan bingung ketika mendengar nafas bayi bunyi grok grok. Lalu seringkali adanya anggapan bahwa apabila alasan mengapa nafas bayi bunyi grok grok karena dokter tidak menyedot lendir dengan baik pada saat bayi baru lahir.


Baca Juga : Napas Bayi Bunyi: Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya


Merupakan hal yang wajar apabila orang tua merasa panik ketika mendengar nafas bayi bunyi grok grok. Karena semua orang tua tidak ingin terjadi apa-apa pada buah hatinya. Apalagi dalam kondisi masih bayi, pastinya tidak tega ketika mendengarnya.


Namun sebenarnya terdapat salah satu produk yang bisa selalu bunda siapkan di rumah, yaitu Minyak Sleek Baby Telon Oil. Karena produk ini akan memberikan rasa hangat kepada sang buah hati. 


Cara penggunaannya pun sangat mudah, bunda hanya perlu untuk mengoleskan Minyak Sleek Baby Telon Oil pada tubuh bayi. Selain itu, bunda juga harus tau bahwa di dalam Minyak Sleek Baby Telon Oil mengandung minyak anisi dua kali lebih banyak yang efektif untuk mencegah perut kembung dan melancarkan pernafasan sang buah hati. 


Dengan menggunakan Minyak Sleek Baby Telon Oil diharapkan rasa hangat dapat memberikan kenyamanan untuk sang buah hati. Oleh karena itu sangat penting untuk berpikir logis dan rasional agar tidak terkecoh dengan mitos yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Karena nantinya akan membuat para orang tua menjadi semakin panik.


Jadi pada dasarnya, alasan mengapa nafas bayi bunyi grok grok karena terjadi produksi lendir yang meningkat di saluran pernafasan yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa contohnya yaitu disebabkan karena infeksi virus ataupun debu yang masuk ke dalam saluran pernafasan.


Apabila nafas bayi bunya grok grok apabila terjadi sesekali merupakan hal yang normal. Mengapa bisa dikatakan normal? Karena saluran pernafasan bayi yang masih sempit dan bayi belum bisa mengeluarkan lendir di saluran nafas layaknya anak-anak dan orang dewasa.


Baca Juga : 7 Tips Memilih Produk yang Bagus Untuk Si Kecil


Hal ini menyebabkan lendir dalam hidung mudah terjebak dan akan menghambat aliran udara, sehingga membuat nafas bayi bunyi grok grok. Oleh karena itu, diharapkan kepada orang tua agar tidak perlu panik apabila sedang berada pada kondisi seperti ini.


5 Tips Penting dalam Mengatasi Nafas Bayi yang Berbunyi Grok Grok

Untuk menghilangkan rasa panik, para orang tua harus mengetahui beberapa tips penting di bawah ini. Yuk simak informasi berikut ini :


1. Menjemur Bayi

Tentunya semua orang setuju dan tau bahwa sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat, terutama bagi bayi. Karena menjemur bayi di pagi hari dapat dilakukan untuk mendapatkan asupan vitamin D yang dapat membantu kalsium menjadi lebih mudah terserap dalam darah. Oleh karena itu menjemur bayi dapat memperkuat tulang bayi.


Pada dasarnya menjemur bayi memiliki batasan waktu. Hal ini membuat para bunda disarankan untuk menjemur bayi selama 5 hingga 10 menit setiap pukul 07.00 – 09.00 pagi. Oleh karena itu para bunda tidak boleh asal dalam memilih waktu untuk menjemur sang buah hati.


Perlu diperhatikan bagi para bunda agar tidak terlalu lama menjemur sang buah hati, karena kulit bayi yang tipis dan sangat sensitif dapat membuat bayi menjadi kepanasan. Hal ini menjadi sangat tidak baik untuk kondisi kulit bayi.


Menjemur bayi juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyakit kuning. Karena sebagaimana kita tau bahwa bayi yang baru lahir beresiko mengalami penyakit kuning yang dapat terjadi akibat fungsi hati yang tidak terkontrol dengan baik.


2. Humidifier

Bagi para orang tua yang belum pernah mendengar humidifier sebelumnya tidak perlu bingung. Karena humidifier adalah pelembab udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Sehingga dengan begitu akan membantu meredakan nafas bayi bunyi grok grok.


Selain itu, humidifier juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi yang dapat ditimbulkan akibat udara kering. Hal ini dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, kulit kering, pilek, bahkan hingga sakit tenggorokan.


Oleh karena itu penting bagi para bunda untuk memiliki humidifier agar dapat menjaga sang buah hati secara optimal. Namun perlu diketahui bahwa pemakaian humidifier harus disesuaikan dengan keperluan karena pemakaian humidifier yang berlebihan juga dapat memperburuk masalah pernafasan pada bayi.


3. Terapi Uap

Banyak yang mengira bahwa terapi uap hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Namun, perlu diketahui bahwa bunda bisa melakukan hal ini di rumah. Hanya dengan menggunakan bantuan air panas yang ditetesi minyak telon atau minyak kayu putih.


Dengan begitu nantinya akan membuat ruangan menjadi lebih segar untuk membantu pernafasan sang buah hati. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak dan mempersiapkan banyak peralatan, dengan hanya bermodalkan air panas yang ditetesi minyak telon atau minyak kayu putih saja sudah bisa menjadi salah satu tips untuk mengatasi nafas bayi bungi grok grok.


4. Aspirator Hidung

Pada saar hidung bayi mengeluarkan lendir, hal yang bisa langsung dilakukan oleh bunda adalah dengan memantu mengeluarkan lendir tersebut melalui bantuan aspirator hidung. Alat ini juga sering disebut dengan penyedot ingus.


Namun perlu ditekankan bahwa untuk melakukan hal ini, bunda tidak boleh terburu-buru melainkan harus dilakukan secara perlahan-lahan. Hal ini disebabkan karena saluran hidung dan nafas bayi sedang berkembang ke paru-paru.


Baca Juga : Atasi Hidung Bayi Mampet Dalam Sekejap, Lakukan Cara-Cara Ini


5.  ASI (Air Susu Ibu)

Dapat dikatakan bahwa satu-satunya asupan yang dibutuhkan oleh bayi adalah ASI. Oleh karena itu sejak dulu sudah mulai ada himbauan kepada para bunda untuk memberikan ASI secara maksimal kepada sang buah hati.


Karena ternyata cairan yang cukup akan membantu melonggarkan lendir dan juga membersihkan saluran hidung. Selain itu ASI juga mengandung prebiotik yang mampu menstimulasi perkembangan bakteri menguntungkan yang hidup di dalam saluran cerna sang buah hati dan secara alami akan mendukung imunitas bayi.


ASI sebagai air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Karena di dalamnya terdapat vitamin, protein, karbohidrat, dan juga lemak.


Setelah mengetahui 5 tips mengatasi nafas bayi bunyi grok grok tentunya para bunda sudah tidak perlu panik dan khawatir lagi ketika mendengar sang buah hati yang tiba-tiba nafas dengan bunyi grok grok. Karena para bunda dapat dengan mudah mengikuti beberapa tips yang sudah diberikan sebelumnya. Semangat bagi para bunda, ingat untuk tidak perlu panik untuk menghadapi nafas bayi bunyi grok grok.


Leave a comment