1000 Hari Perlindungan

Image

Tips Mengganti Popok Si Kecil Saat Traveling

Traveling dengan Si Kecil merupakan salah satu aktivitas yang bisa Bunda lakukan saat bosan. Akan tetapi, melakukan kegiatan traveling dengan Si Kecil tidak dapat dilakukan sembarangan karena Bunda harus mempersiapkan berbagai keperluan Si Kecil saat traveling. Mulai dari pakaian Si Kecil, perlengkapan pribadi Si Kecil sampai popok yang diperlukan saat traveling. Tapi, apakah Bunda sudah tahu bagaimana cara mengganti popok Si Kecil saat di perjalanan? Berikut ini beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk mengganti popok Si Kecil ketika traveling.

Perhitungkan jumlah popok yang diperlukan

Saat mempersiapkan barang-barang Si Kecil, Bunda harus menghitung dengan teliti berapa banyak jumlah popok yang diperlukan. Bunda dapat menghitung mulai dari berapa banyak popok yang biasa digunakan dalam sehari kemudian memperhitungkan berapa lama traveling dilakukan. Selain itu, sebaiknya bawa popok dalam jumlah lebih untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Persiapkan perlengkapan untuk mengganti popok di dalam satu tas

Ketika Si Kecil buang air, Bunda harus sigap dalam mengganti popok yang digunakannya. Hal ini harus dilakukan segera karena ketika Bunda telat membersihkan popok Si Kecil maka kulit Si Kecil dapat iritasi. Agar lebih mudah, maka persiapkan perlengkapan untuk mengganti popok di dalam satu tas khusus. Di dalam tas tersebut, Bunda dapat memasukkan tissue basah, kantong plastik untuk membuang popok bekas, diaper cream bayi, serta popok cadangan yang akan digunakan. Usahakan agar peletakkan perlengkapan tersebut dibuat serapi mungkin agar memudahkan Bunda ketika mencarinya.

Gunakan jok mobil

Apabila Bunda melakukan traveling dengan menggunakan mobil, maka Bunda dapat memanfaatkan jok mobil untuk mengganti popok Si Kecil. Caranya, lapisi jok mobil dengan kain/selimut/handuk khusus untuk mencegah kotoran menempel ke jok. Kemudian, ganti popok secara perlahan seperti bunda melakukannya seperti biasa. Lakukan dengan cepat dan hati-hati agar proses penggantian popok dapat berjalan dengan lancar.

Gunakan stroller

Jika Bunda ingin mengganti popok saat Si Kecil tengah berada di stroller, maka Bunda dapat memanfaatkan stroller tersebut untuk mengganti popok Si Kecil. Caranya, gunakan kain untuk alas pada stroller agar tidak terkena kotoran saat mengganti popok. Kemudian, pastikan Si Kecil berada dalam posisi yang nyaman dan mudah untuk dilepas popoknya. Setelah itu, lepas popok secara perlahan dan bersihkan tubuh Si Kecil yang terkena kotoran. Setelah itu, pakaikan popok cadangan yang telah dipersiapkan serta jangan lupa oleskan diaper cream bayi untuk mencegah kulit Si Kecil iritasi.

Buat Si Kecil senang saat diganti popoknya

Saat mengganti popok Si Kecil di tengah perjalanan, satu hal yang harus Bunda perhatikan adalah membuat Si Kecil merasa nyaman. Karena, seringkali Si Kecil tidak merasa nyaman ketika harus mengganti popok di tempat yang tidak biasa. Ajaklah Si Kecil untuk bermain-main untuk menghiburnya ketika sedang mengganti popok. Cara ini bisa menjadi cara efektif untuk mengalihkan perhatian Si Kecil sekaligus membuatnya merasa nyaman ketika popoknya diganti di tengah-tengah perjalanan. Sehingga, Si Kecil pun tidak akan rewel dan Bunda pun bisa lebih mudah saat mengganti popok Si Kecil.

Itulah beberapa langkah yang bisa Bunda lakukan untuk mengganti popok Si Kecil ketika sedang traveling. Apabila kesulitan, Bunda dapat melakukan proses tersebut bersama sang Ayah agar terbantu dan proses mengganti popok pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Selamat mencoba, Bunda!


Leave a comment