1000 Hari Perlindungan

Image

Tips Mengatasi Kebiasaan Menggunakan Botol Susu Untuk Si Kecil

Menggunakan Botol susu merupakan hal yang sangat wajar untuk si Kecil. Karena, botol susu untuk si Kecil didesain khusus dengan dot agar dapat memudahkan si Kecil saat minum menggunakan botol tersebut. Namun, karena terlalu nyaman menggunakan botol susu, tak jarang si Kecil menjadi terbiasa dan enggan untuk minum jika tidak menggunakan botol susu.


Penggunaan botol susu untuk si Kecil sebetulnya tidak dilarang. Asalkan botol susu dibersihkan dengan baik menggunakan sabun cuci pembersih botol khusus untuk bayi, penggunaan botol susu aman untuk si Kecil. Namun, penggunaan botol susu secara berlebihan justru dapat berdampak buruk untuk tubuh si Kecil.


Saat si Kecil menggunakan botol susu terlalu lama, maka dapat berdampak pada gigi si Kecil. Gigi susu yang baru tumbuh tersebut nantinya dapat berlubang jika si Kecil terlalu lama menggunakan botol susu. Gejala awalnya, biasanya ditunjukkan dengan gigi susu si Kecil yang berwarna kuning hingga akhirnya menimbulkan karies gigi. Kondisi tersebut pada awalnya terlihat biasa saja, namun Bunda perlu waspada karena dapat berdampak buruk pada saraf si Kecil. Pada bagian mulut terutama gigi, terdapat beragam saraf yang berhubungan langsung dengan organ tubuh yang vital. Beberapa saraf yang terdapat di gigi antara lain seperti saraf mata dan saraf leher.


Untuk mencegah dampak terburuk yakni rusaknya saraf pada tubuh, maka Bunda harus melakukan pencegahan menggunaan botol susu yang berlebihan. Cara ini, secara perlahan dapat membuat si Kecil terhindar dari ketergantungan penggunaan botol susu untuk minum. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kebiasaan menggunakan botol susu untuk si Kecil :


Menggunakan cangkir bayi

Dengan mengurangi penggunaan botol susu sebagai media untuk minum, maka Bunda perlu mencari alternatif media lain yang dapat digunakan untuk minum si Kecil. Benda yang paling tepat untuk menggantikan botol susu adalah cangkir bayi. Cangkir bayi merupakan cangkir yang di desain khusus untuk si Kecil. Dengan ukuran yang kecil serta terdapat corong kecil untuk dimasukkan kedalam mulut, si Kecil dapat mulai menghentikan kebiasaan minum susu dengan menggunakan botol susu.


Menawarkan minuman lain dari cangkir

Si Kecil biasanya akan sangat tertarik jika Anda menawarkan sesuatu yang belum diketahui sebelumnya. Hal ini bisa Bunda terapkan dalam mengurangi kebiasaan penggunaan botol susu untuk si Kecil. Caranya, Bunda bisa menawarkan minuman lain dari cangkir untuk menarik minat si Kecil. Beberapa minuman yang dapat ditawarkan seperti teh, jus atau air mineral. Pancing si Kecil untuk mencoba minuman dari cangkir tersebut. Jika berhasil, maka si Kecil akan mencoba untuk menggunakan cangkir dan mulai menjauhi kebiasaan menggunakan botol susu.


Menyembunyikan botol susu dari si Kecil

Jika Bunda ingin menghindarkan si Kecil dari botol susu, cara termudah yakni dengan menyembunyikan botol susu dari pandangan si Kecil. Cara ini sangat efektif untuk menghindari si Kecil yang bisa merengek karena ingin minum dari botol susu. Dengan menyembunyikan botol susu dari pandangan si Kecil, secara perlahan si Kecil akan lupa dan terbiasa untuk minum tanpa bantuan botol susu.


Memberikan pujian jika si Kecil berhasil melakukannya.

Anak-anak sangat suka dengan pujian yang diberikan atas apa yang dilakukannya. Karena itu, tidak ada salahnya jika Bunda memberikan pujian ketika si Kecil berhasil mencoba minum tanpa botol susu untuk pertama kalinya. Cara ini dapat memacu si Kecil agar semakin semangat untuk minum tanpa menggunakan botol susu sehingga si Kecil akan terlepas dari kebiasaan menggunakan botol susu dengan sendirinya.

Leave a comment