1000 Hari Perlindungan

Image

Tips Mengatasi Bau pada Botol Susu Bayi

Menjaga kebersihan perlengkapan makan dan minum si Kecil merupakan hal yang sangat penting ya, Bun. Salah satunya adalah pada botol susu si Kecil yang selalu digunakan setiap hari. Sayangnya, seringkali muncul bau tak sedap pada botol susu si Kecil. Sebenarnya, apa penyebabnya dan bagaimana cara membersihkannya ya Bun? Untuk itu, sebaiknya Bunda cek ulasan berikut untuk mengatasi bau tak sedap pada botol susu si Kecil.

Pentingnya mencuci botol susu bayi hingga bersih

Sebelum mengatasi aroma bau pada botol susu bayi, alangkah baiknya jika Bunda mencuci botol susu si Kecil hingga bersih terlebih dahulu. Mencuci botol susu si Kecil hingga bersih merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena jika tidak dilakukan secara maksimal, botol susu akan menyimpan endapan yang bisa menjadi sarang bakteri jahat. Jika bakteri jahat telah bersarang dalam botol susu si Kecil bukan tidak mungkin si Kecil akan terjangkit berbagai penyakit seperti Diare hingga demam. Oleh karena itu, sebelum mengatasi bau botol susu si Kecil alangkah baiknya bunda membersihkan botol susunya hingga bersih sempurna dengan sabun botol susu bayi.

Penyebab aroma bau pada botol susu bayi

Botol susu si Kecil sudah dibersihkan, namun aroma bau masih ada pada botol susu tersebut. Kira-kira apa penyebabnya ya, Bun? Rupanya, salah satu penyebabnya adalah karena botol susu yang terlalu lama didiamkan sebelum dicuci. Biasanya, botol susu Bayi akan mengeluarkan aroma tak sedap setelah botol susu tersebut didiamkan selama 5 jam lebih tanpa dicuci. Belum lagi jika masih ada sisa susu yang tak dihabiskan, maka aroma tersebut semakin berpotensi untuk hadir jika Bunda tidak mencuci botol susu tersebut dengan segera. Karena, lemak dari susu tersebut biasanya akan menimbulkan bau jika didiamkan terlalu lama. Oleh karena itu, sebaiknya bunda langsung mencuci botol susu bayi setelah selesai digunakan dengan sabun botol susu bayi.

Proses pembersihan

Ketika bau tidak sedap pada botol susu si Kecil muncul, Bunda tidak perlu panik dalam menghilangkan bau tersebut. Ada trik khusus yang bisa Bunda lakukan agar bau tidak sedap tersebut hilang seketika. Caranya, cukup dengan menggunakan baking soda yang biasa Bunda gunakan untuk membuat kue.

Saat proses penghilangan bau pada botol susu si Kecil, Bunda dapat memasukkan satu sendok teh baking soda kedalam botol susu si Kecil bersama dengan air lalu kemudian kocok botol susu tersebut. Setelah itu, Bunda dapat mendiamkan larutan baking soda selama 5 menit. Pada beberapa kasus, Bun, botol susu harus didiamkan selama semalaman penuh jika bau tak kunjung hilang. Jangan lupa, jika pada sekeliling dot botol susu tersebut masih ada lemak yang menempel lakukan proses serupa agar lemak penyebab bau tak sedap tersebut pergi.

Setelah bau tak sedap dari botol susu si Kecil pergi, sebaiknya Bunda membersihkan kembali botol susu si Kecil dengan sabun pencuci botol bayi. Proses pembersihan perlu dilakukan lagi agar botol susu si Kecil senantiasa terjaga kebersihannya. Karena, jika sisa baking soda pada botol susu masih menempel bukan tidak mungkin si Kecil akan terdampak berbagai penyakit ketika mengonsumsi baking soda. Oleh karena itu, proses pembersihan kembali dengan sabun pencuci botol bayi sangat penting untuk Bunda lakukan setelah menghilangkan bau tak sedap dengan menggunakan baking soda.

Leave a comment