1000 Hari Perlindungan
Image

Tips Mempersiapkan Ulang Tahun Anak, Dijamin Seru!

Ulang tahun adalah momen yang sangat menyenangkan terutama bagi anak-anak. Meskipun kebanyakan dari mereka—apalagi di usia balita masih belum mengerti, kehangatan suasananya tentu meninggalkan kesan tersendiri di benak mereka. Si Kecil mau berulang tahun dalam waktu dekat? Yuk, persiapkan terlebih dulu perlengkapan anak untuk pestanya!

Sebelum menyiapkan banyak perlengkapan anak, hal pertama pertama harus kamu lakukan adalah menentukan kapan tanggal acara. Apakah pesta ulang tahun ini akan diselenggarakan bertepatan dengan tanggal lahirnya atau setelah hari H seperti akhir pekan.


Perlengkapan Anak Untuk Pesta Ulang Tahun


Merayakan ulang tahun anak sebenarnya tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Apalagi dengan pandemi yang masih berlangsung, kita perlu terus menjaga jarak dan tidak berkerumun. Jika bingung, berikut ini 10 daftar perlengkapan anak untuk merayakan ulang tahun yang dapat Bunda siapkan:


- Balon

Hal terfavorit si Kecil saat ulang tahun adalah balon. Sediakan balon sebanyak mungkin, cocokkan warna-warnanya dengan tema ulang tahun yang dipilih. Bunda dapat membeli balon berbahan karet atau foil. Sebar balon-balon tersebut di lantai, sebagian bisa juga ditempel di dinding sebagai hiasan.


Baca Juga : 27 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir


- Pernak-pernik dekorasi

Selain balon, lengkapi juga pernak-pernik dekorasi lain untuk menghidupkan suasana. Misalnya flag chains bertuliskan ‘happy birthday’, bunga dari kertas crepe, atau lampu-lampu kecil ala Tumblr.


- Kue ulang tahun

Perlengkapan anak untuk ulang tahun yang paling esensial adalah kue. Bunda dapat membelinya atau membuat sendiri di rumah. Cake ini dijual dalam beragam jenis, salah satunya fondant yang bisa dicustom dengan karakter favorit anak. Budget terbatas? Cake biasa pun tak apa, asal tambahkan lilin agar lebih menarik perhatian si Kecil.


- Piring kertas dan minuman kemasan

Jika ingin membagikan kue ulang tahun atau makanan kecil ke para hadirin saat acara berlangsung, piring kertas dapat menjadi pilihan yang tepat. Begitu pun dengan minuman, baiknya sediakan minuman-minuman dalam kemasan agar lebih praktis.


- Goodie bag

Siapkan juga goodie bag  untuk tamu anak-anak. Meskipun tak semua bisa hadir, Bunda dapat mengirimnya via jasa ekspedisi. Goodie bag umumnya berisi camilan anak mulai dari potato chips, wafer, agar-agar, hingga susu UHT. Pilih tas berdesain tokoh favorit anak atau sesuaikan dengan tema perayaan ulang tahunnya.


- Topi ulang tahun

Untuk menghibur beberapa tamu baik saudara atau teman yang datang, berikan topi ulang tahun dari kertas. Tentu perlengkapan anak untuk ulang tahun ini juga bisa disesuaikan dengan tema yang digunakan ya, Bun.


- Dessert table

Perlengkapan anak untuk ulang tahun ini pilihan saja. Jika punya waktu lebih, tak ada salahnya mendekor sendiri. Dekor meja biasa menjadi dessert table yang cantik dengan berbagai hiasan. Di meja tersebut, Bunda kemudian bisa meletakkan dessert, snack, hingga minuman ringan.


Baca Juga : Anak Susah Mandi, Lakukan 5 Trik Ini Untuk Mengatasinya


- Baju pesta anak

Di hari H, pakaikan si Kecil baju yang rapi untuk merayakan hari spesialnya. Agar semakin seru dan kompak, selain menggunakan setelan ulang tahun, orang tua dan anak bisa menggunakan pakaian yang senada.


- Pinata

Kehadiran pinata bisa menjadikan perayaan ulang tahun si Kecil semakin seru. Pinata adalah boneka yang terbuat dari kertas, berisi permen ataupun mainan untuk para tamu. Untuk membukanya, anak yang berulang tahun akan diminta memukul pinata tersebut sampai hancur.


- Kado

Siapkan juga beberapa hadiah untuk sang buah hati. Bungkus dengan kertas kado yang menarik, pasti si Kecil semakin senang melihatnya. Dalam membeli kado ini tak harus mahal, asalkan disukai anak dan bermanfaat pun cukup.


7 Ide Perayaan Ulang Tahun Anak di Rumah


Perlengkapan anak untuk ulang tahun sudah komplit, sekarang giliran memutar otak seperti apa ide perayaannya nanti. Di rumah saja dengan tamu segelintir bukan jadi halangan untuk tetap mengadakan acara yang seru dan tak terlupakan. Berikut 7 ide perayaan ulang tahun yang dapat Bunda coba!


1. Sediakan kue ulang tahun dan lilin

Ide perayaan yang pertama, Bunda perlu menyediakan cake beserta lilinnya. Anak-anak biasanya paling semangat untuk tiup lilin. Agar lebih praktis tanpa harus keluar rumah, pesan via telepon dan delivery saja. Pilih rasa dan warna yang menarik bagi anak-anak, semisal fruit cake, red velvet, atau cheese cake. Tambahkan beberapa perelengkapan anak ulang tahun lainnya seperti cake topper tokoh kartun kesukaan, agar tampilan kue tampak semakin menarik. 


2. Dekor ruangan

Buat dekorasi sederhana untuk menghidupkan acara. Gunakan perlengkapan anak saat ulang tahun yang tadi disebutkan, misalnya flag chains bertuliskan “happy birthday” dan balon warna-warni. Kumpulkan mainan atau boneka favorit anak, agar suasana terasa lebih ramai. Bila perlu, pasang speaker kecil untuk memutar lagu-lagu kesukaanya. Dijamin euphoria ulang tahun si Kecil semakin meriah, walaupun hanya keluarga terdekat yang datang meramaikan.


3. Buat makanan kesukaannya

Khusus di hari ulang tahunnya, manjakan si kecil dengan makanan kesukaan yang mungkin selama ini tidak boleh sering dimakan. Misalnya chicken nugget, sosis, atau nachos sebagai finger food. Sediakan juga pasta yang lebih menarik bagi anak-anak seperti penne atau fettucini, dengan saus carbonara. Untuk dessert, buat pudding atau es krim. Selain mudah dibuat, kamu juga bisa lebih menghemat budget.


4. Video call dengan saudara atau teman

Anak mulai protes karena pesta ulang tahunnya sepi? Siasati dengan melakukan video call bersama saudara atau teman, ketika hendak tiup lilin dan potong kue. Jadi serasa merayakan ulang tahun tapi online. Dengan cara ini, para kerabat juga tetap bisa memberi ucapan sekaligus silaturahmi, meski fisik tak bertemu. Kamu bisa menggunakan Zoom, salah satu aplikasi video yang memungkinan si kecil bertatap dengan banyak orang.


Baca Juga : Atasi Hidung Bayi Mampet Dalam Sekejap, Lakukan Cara-Cara Ini


5. Berikan kado

Selain kue, tentunya si kecil juga menantikan kado dari orang-orang tersayang. Berikan benda yang sedang diinginkan secara online, agar tetap bisa menerapkan social distancing. Anak-anak biasanya juga menyukai hadiah yang banyak, daripada mahal tapi hanya sedikit. Pastikan kamu membungkusnya dengan rapi menggunakan kertas kado, karena mereka pun senang ketika akan membuka bingkisan tersebut satu per satu. 


6. Adakan permainan

Merayakan ulang tahun di rumah aja, tak sebosan yang dibayangkan. Agar suasana kian meriah, buat sejumlah permainan untuk semua anggota keluarga. Misalnya, tebak-tebakan gambar ala Eat Bulaga. Cara ini juga bisa melatih anak supaya lebih cepat tanggap, serta memperkaya kosa katanya, lho. Sediakan hadiah kecil-kecilan supaya games lebih seru dilakukan. Bagi yang tak bisa menjawab, beri ‘hukuman’ jahil dengan coretan bedak.


7. Nonton film bersama

Sebagai puncak acara, buat sesi menonton film bersama. Lama juga, kan tak merasakan suasana karena social distancing? Ubah tatanan ruang keluarga seperti bioskop, redupkan lampu dan kencangkan sedikit volumenya. Biarkan anak memilih film yang ia sukai untuk ditonton bersama-sama. Jangan lupa, sediakan cemilan seperti popcorn instan dan minuman ringan agar semakin mirip bioskop.


Seperti itulah perlengkapan anak untuk ulang tahun yang dapat Bunda persiapkan dari jauh-jauh hari. Melansir HaiBunda, psikolog anak dari Tiga Generasi @ Brawijaya Clinic, Fathya Artha Utami mengatakan, ada banyak manfaat ketika merayakan ulang tahun si Kecil. Pertama, ia bisa merasakan hal yang menyenangkan. Selain itu, anak juga akan merasa spesial dan keberadaannya dihargai oleh orang lain. 


Kalau perlengkapan anak dalam mendukung kebersihan sehari-harinya, Sleek Baby tentu paling direkomendasikan untuk para Bunda. Mulai dari sabun cuci botol, deterjen, minyak telon, sabun dan sampo mandi, hingga krim popok. Semua produk tersebut pastinya sudah teruji klinis sehingga aman digunakan anak di usia 1-3 tahun. Bunda sudah punya produk-produk Sleek Baby belum?

Leave a comment