1000 Hari Perlindungan
Image

Tips Membuat Bayi Terlelap Tidur ketika Malam Hari

Suasana malam hari sering membuat Bunda yang baru memiliki buah hati jadi resah. Maklum saja, bayi baru lahir biasanya rentan begadang semalaman karena pola tidurnya belum terbentuk. Akibatnya, Bunda jadi kurang tidur karena harus menemani si Kecil yang tak kunjung memejamkan mata bahkan hingga dini hari.

Jangan resah menghadapi kondisi malam hari bila si Kecil tergolong susah terlelap tidur ya, Bunda. Tips membuat bayi terlelap tidur ketika malam hari berikut ini akan menjadi solusi yang efektif bagi Bunda:

Mengatur Jadwal Menyusui Secara Disiplin

Salah satu hal penting untuk mendukung bayi tidur lelap di malam hari adalah mengatur jadwal menyusui secara disiplin. Sebaiknya Bunda menyusui si Kecil sebelum dan saat si Kecil bangun tidur. Kondisi perut bayi yang kenyang akan membuatnya lebih nyaman dan mudah tertidur lelap. Saat si Kecil terbangun di malam hari, Bunda bisa menyusuinya lagi sambil memeriksa kondisi popoknya. Mengganti popok setelah menyusui bayi adalah trik jitu yang membuat si Kecil mudah mengantuk lagi.

Mengurangi Intensitas Penggantian Popok

Para ahli menyarankan intensitas penggantian popok yang rendah di malam hari untuk mendukung kualitas tidur bayi. Oleh sebab itu, Bunda wajib memilih popok sekali pakai yang berkualitas dengan kriteria berdaya serap tinggi, anti bocor, dan tetap kering bila digunakan dalam waktu lama. Popok berkualitas akan membuat kualitas tidur bayi meningkat dan mencegah iritasi kulit. Buah hati Bunda pun akan tidur lelap sepanjang malam sehingga Bunda pun bisa beristirahat dengan nyenyak.

Membuat Pencahayaan yang Redup di Kamar

Tips membuat bayi terlelap tidur ketika malam hari juga erat kaitannya dengan pencahayaan kamar. Sebaiknya Bunda memastikan bahwa pencahayaan kamar sudah redup saat hendak menidurkan si Kecil. Cahaya kamar yang redup akan membuat bayi jadi lebih rileks dan mudah mengantuk di malam hari. Sebaliknya, cahaya kamar yang terang malah menstimulasi bayi untuk lebih aktif hingga bayi jadi tidur.

Memanfaatkan White Noise

White noise adalah suara menenangkan yang dapat menyamarkan kebisingan lingkungan sekitar. Penggunaan white noise sangat cocok dilakukan di hari supaya si Kecil lekas tertidur lelap. Penelitian kesehatan yang melibatkan 20 bayi baru lahir usia 2 hingga 7 hari membuktikan bahwa 80% bayi tersebut tertidur setelah mendengarkan white noise selama 5 menit. Blake Papsin, ahli bedah telinga Hospital for Sick Children Toronto Kanada menyatakan bahwa intensitas white noise yang paling baik untuk bayi berkisar di angka 70 desibel atau setara dengan bunyi gemericik air shower. Kini, Bunda bisa memanfaatkan white noise secara mudah dengan mengunduh aplikasinya di smartphone.

Memutar Musik Bernuansa Lembut

Kalau white noise ternyata kurang ampuh untuk membuat si kecil tidur lelap, Bunda bisa mencoba alternatif lainnya yaitu musik bernuansa lembut. Bunda bisa memilih musik klasik dan memutarnya dengan volume kecil. Tak cuma efektif membuat bayi tertidur lelap, musik klasik juga dipercaya mampu menstimulasi tumbuh kembang otak si Kecil. Buah hati Bunda bisa tidur dengan tenang meskipun suasana sekitar sedang bising sebab suara bising tersebut tersamarkan dengan alunan musik yang lembut.

Memastikan Bahwa Kondisi Kamar Sudah Sejuk

Kenyamanan kamar juga mempengaruhi kualitas tidur si Kecil. Jadi, Bunda wajib memastikan bahwa kondisi kamar sudah sejuk. Temperatur kamar yang tepat untuk memaksimalkan kualitas tidur bayi yaitu antara 250 hingga 260 C. Bila temperatur kamar lebih rendah, Bunda harus menyiapkan pakaian yang lebih tebal dan hangat untuk si Kecil.

Membedong Bayi

Cara konvensional yang satu ini ternyata cukup efektif meminimalkan refleks terkejut saat bayi tidur. Bedong akan membuat bayi seakan dipeluk Bunda sehingga merasa lebih tenang ketika tidur. Bunda mesti memilih bahan bedong bayi yang lembut dan hangat agar tubuh si Kecil merasa nyaman. Selanjutnya, Bunda harus melapisi tubuh si Kecil menggunakan bedong yang nyaman dengan lilitan yang tepat, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar.

Memilih Pakaian Tidur Bayi yang Nyaman

Kualitas tidur bayi rupanya juga dipengaruhi pemilihan pakaian tidur yang tepat. Bunda harus memilih pakaian tidur yang menyerap keringat, elastis, dan tidak rentan menimbulkan iritasi kulit. Katun, baby terry, dan kain minky adalah varian bahan yang tepat untuk pakaian bayi.  Jangan lupa mencuci pakaian bayi secara seksama agar wangi dan bebas kotoran sebelum digunakan si Kecil.

Membatasi Waktu Tidur Siang Bayi

Jika si Kecil tidur siang dalam waktu lama, kemungkinan besar si Kecil jadi lebih aktif di malam hari. Jadi, sebaiknya Bunda membatasi waktu tidur siang si Kecil. Bunda bisa memilihkan berbagai aktivitas menyenangkan seperti bermain, tummy time, berjalan-jalan, atau pijat bayi di siang hari. Bayi yang sudah lelah beraktivitas sepanjang hari past mudah tidur nyenyak pada malam hari.

Menciptakan Ritual Tidur yang Menyenangkan

Tips lainnya yang tak kalah ampuh untuk membuat bayi terlelap tidur ketika malam tahun hari adalah menciptakan ritual tidur yang menyenangkan. Bunda bisa mengelus-elus kepala si Kecil, membacakan buku cerita, akan memberikan pijatan lembut yang membuat si Kecil lebih tenang. Stimulasi sederhana tersebut akan membuat bayi lebih mudah mengantuk dan tertidur lelap sepanjang malam.

Memandikan Bayi dengan Air Hangat

Manfaat air hangat untuk kesehatan jelas tak perlu diragukan lagi. Air hangat memberikan sensasi rileks sekaligus mendukung kelancaran peredaran darah. Pelemasan sendi dan otot si kecil setelah mandi air hangat akan membuatnya menjadi lebih tenang. Jadi, Bunda bisa memandikan bayi dengan air hangat pada sore hari jika ingin si Kecil selalu tidur lelap setiap malam.

Mengoleskan Minyak Telon pada Tubuh Bayi

Manfaat minyak telon sangat baik untuk memaksimalkan kualitas tidur bayi. Minyak telon yang hangat akan membuat bayi merasa nyaman dan bisa tidur panjang di malam hari. Untuk urusan memilih minyak telon, Bunda tak perlu bingung lagi. Kini, Bunda bisa mengandalkan Sleek Baby Telon Oil yang kandungannya terdiri dari minyak kelapa, minyak cajuput, dan minyak anisi. Kandungan minyak telonnya terbukti 2x lebih banyak sehingga tak hanya menghangatkan tetapi juga melancarkan pernapasan dan mencegah kembung pada bayi.

Usai memandikan si kecil, oleskan Sleek Baby Telon Oil pada bagian dada, perut, dan punggungnya. Bunda juga bisa memanfaatkan Sleek Baby Telon Oil untuk memijat si Kecil agar lebih rileks. Dengan demikian, buah hati Bunda akan merasa nyaman dan hangat usai mandi serta siap tidur nyenyak sepanjang malam. Semoga ulasan tips membuat bayi terlelap tidur ketika malam hari ini bermanfaat bagi Bunda dan si Kecil. Jangan sampai si Kecil mudah sakit karena tak kunjung tertidur sepanjang malam, ya.


Leave a comment