1000 Hari Perlindungan

Image

Tips Agar Si Kecil Bebas Biang Keringat

Biang keringat pasti sering dialami oleh Si Kecil, terutama jika udara gerah. Berikut cara mencegah dan menghilangkan biang keringat.

 

Biang keringat atau yang sering disebut keringat buntet sering dialami oleh balita. Hal ini terjadi ketika kelenjar keringat di permukaan kulit tersumbat (buntet) sehingga keringat tidak dapat menguap ke luar. Biang keringat sering kambuh terutama ketika udara gerah. Biang keringat ini membuat Si Kecil tidak nyaman karena rasa gatal dan panas yang ditimbulkan.

 

Bagaimana Mencegahnya?

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan agar Si Kecil terhindar dari biang keringat:

  1. Pilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat, misalnya katun. Bahan katun juga membuat kulit Si Kecil lebih sejuk.
  2. Kenakan baju yang tidak terlalu ketat. Ketika berkeringat, baju yang terlalu ketat akan semakin menempel di badan Si Kecil sehingga membuat keringat susah untuk menguap.
  3. Perhatikan sirkulasi udara. Pastikan ventilasi udara di rumah dan di kamar Bunda cukup besar agar udara bebas keluar-masuk, sehingga Si Kecil tidak mengalami keringat berlebih.
  4. Mandikan Si Kecil secara teratur, satu atau dua kali setiap hari. Mandi berguna untuk menyingkirkan kotoran yang menghambat pori-pori kulit Si Kecil.

 

Bila Terlanjur Kena

Bunda sudah melakukan cara-cara di atas untuk mencegah biang keringat. Namun ternyata di kulit Si Kecil sudah terlanjur muncul biang keringat. Jangan khawatir, Bun! Coba praktekkan cara berikut ini.

  • Banyak minum air putih agar suhu tubuh Si Kecil tetap netral.
  • Tetap mandi secara teratur. Gunakan air hangat (bukan air panas ya, Bun!) dan sabun khusus untuk Si Kecil.
  • Setelah mandi, biarkan tubuh Si Kecil tanpa baju beberapa saat hingga kulit dan lipatan kulit kering dengan sendirinya. Kulit yang terkena biang keringat akan semakin parah bila bergesekan dengan handuk.
  • Pastikan baju Si Kecil selalu kering dan bersih. Ganti bajunya bila mulai berkeringat.

 

Kapan Perlu ke Dokter?

Bawa Si Kecil ke dokter bila kondisi biang keringatnya semakin parah, yaitu:

  • Tidak sembuh meski sudah seminggu ditangani
  • Muncul demam maupun rasa gatal yang hebat
  • Terjadi pembengkakan, garis merah, ataupun perubahan warna di bagian kulit yang terkena biang keringat
  • Sering kambuh dalam rentang waktu berdekatan

Leave a comment