1000 Hari Perlindungan
Image

Ternyata Ini! Penyebab Hidung Tersumbat Pada Anak dan Cara Alami Mengatasinya

Hidung tersumbat pastinya membuat siapapun merasa tak nyaman, terlebih bagi sang buah hati yang masih bayi. Umumnya, gangguan ini terjadi ketika hidung serta jaringan dekat pembuluh darah membengkak akibat cairan berlebih, sehingga penderita tidak bisa menghirup udara dengan bebas. 


Selain lebih rewel, biasanya hidung tersumbat juga membuat bayi kesulitan tidur dan ogah menyusu. Terkadang untung bisa tetap plong bernapas, mereka tak jarang terlihat bernapas dari mulut.


Kasihan ya, Bun kalau sampai hal ini menimpa si Kecil. Sulit tentunya untuk menyampaikan perasaan tak nyaman yang sedang ia alami. Lalu, kira-kira apa sih penyebab hidung mampet? Kupas tuntas biang keladinya hingga cara mengatasi hidung tersumbat pada anak di artikel berikut, yuk!


Penyebab Hidung Tersumbat Pada Anak Selain Pilek

Ternyata memang bukan karena pilek atau flu saja. Hidung mampet biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Melansir ibudanbalita.com, penyebab hidung tersumbat pada anak juga bisa dikarenakan oleh hal-hal sebagai berikut:


- Alergi dan iritasi

 Hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh berbagai alergi dan iritasi, seperti alergi serbuk sari. Serbuk sari yang masuk ke hidung akan menyebabkan peradangan pada hidung yang kemudian membuat produksi lendir berlebih dan menyumbat hidung.

 

- Polip hidung

Polip adalah peradangan pada membran mukosa (lapisan kulit dalam di lubang hidung) sehingga membuat ukuran selnya membesar. Jika ukurannya terus membesar, maka polip dapat menyumbat saluran hidung. Polip juga bisa mengakibatkan dampak lainnya, seperti kesulitan bernapas, hidung berair, hingga gangguan pada indera penciuman dan perasa.

 

- Infeksi sinus

 Sinus adalah rongga kecil di dalam tulang tengkorak yang saling terhubung melalui saluran udara. Saat sinus dipenuhi oleh lendir, amandel, dan adenoid, maka dapat menyebabkan pembengkakan sebagai bentuk respon imun. Sebagai dampaknya, hidung bayi pun akan tersumbat.

 

- Deviasi septum

 Septum adalah tulang lunak yang terletak di antara lubang hidung dan membagi lubang hidung menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Namun pada bayi yang mengalami kondisi deviasi septum, lubang hidungnya berukuran berbeda di mana salah satu sisi lubang akan lebih besar daripada sisi lainnya.


Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak


Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada anak. Tentunya jangan langsung beri ia obat. Selagi masih banyak cara meredakannya, lakukan upaya penyembuhan yang alami saja. Berikut cara mengatasi hidung tersumbat pada anak:


1. Perbanyak asupan cairan


Saat hidungnya tersumbat, bayi akan kehilangan banyak cairan tubuh. Penting bagi Bunda untuk selalu menjaga dan menambah asupan kebutuhan cairan agar dapat mengurangi produksi lendir atau ingus pada hidung bayi mampet. Dengan memberikan asupan ASI atau susu formula lebih banyak, hal ini membantu meningkatkan kekebalan tubuhnya dan menghindari dehidrasi. Apabila si kecil mengalami kesulitan menyusu secara langsung, berikan ASI perah dengan menggunakan sendok, cangkir atau pipet.


2. Tegakkan posisi bayi


Posisikan bayi untuk tegak agar gravitasinya dapat mebantu mengeluarkan lendir atau ingus yang menyumbat hidungnya. Saat menggendong, tetap posisikan bayi tegak dengan memakai gendongan untuk membantu memposisikan si kecil. Saat tidur, posisikan kepala bayi sedikit lebih tinggi untuk membantunya lebih mudah bernapas. Selain itu, hindari membiarkan bayi tidur tengkurap karena akan semakin memperburuk saluran pernapasan.


3. Mandikan dengan air hangat


Ketika hidung si Kecil  tersumbat hingga membuatnya tak nyaman, cobalah mandikan anak menggunakan air hangat dengan suhu yang masih bisa ditahan oleh tubuhnya. Basahi dari kepala hingga tubuh 10-15 menit. Uap panas dari air hangat ini akan melewati rongga hidung dan paru-paru si kecil dan secara tidak langsung uap hangat ini akan menghilangkan lendir-lendir yang ada pada tiap rongga.


4. Jemur di pagi hari


Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak selanjutnya, jemur si Kecil di pagi hari. Sinar matahari dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bayi kuat melawan virus termasuk flu. Kehangatannya juga ampuh melumerkan lendir saat hidung anak tersumbat hingga sulit bernapas lega. Tidak perlu menjemurnya terlalu lama, cukup 10 menit setiap hari dan lakukan di saat sinar matahari tidak begitu terik.


5. Gunakan uap air hangat


Uap air dapat membuka saluran pernapasan yang tersumbat dan membantu mengencerkan serta mengalirkan lendir ke luar. Cara memberikan uap tersebut salah satunya dengan menampung air hangat ke dalam baskom, lalu posisikan anak secara tengkurap kea rah wadah ini. Selain dengan uap air hangat, Cara mengatasi hidung tersumbat pada juga bisa menggunakan diffuser yang sudah diberikan tetesan essential oil yang dapat melegakan jalan napas ketika dihirup.


6. Oleskan minyak telon


Hidung mampet dapat juga disebabkan oleh paparan udara dingin dalam jangka waktu yang lama. Mengoleskan Sleek Baby Telon Oil pada tubuh si kecil dapat menjadi salah satu cara untuk meredakan pilek dan hidung tersumbat. Minyak kayu putih yang terkandung dalam minyak telon dapat melebarkan pembuluh darah lokal sehingga menjaga tubuh si kecil tetap hangat saat dibalurkan. Rasa hangat dari pengolesan Sleek Baby Telon Oil juga dapat memberikan rasa nyaman dan aroma khasnya yang menenangkan dapat membuat si kecil tidur lebih nyenyak.


 Baca Juga : Manfaat Minyak Telon Pada Bayi


Gerakan Pijat untuk Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak


Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak juga bisa dengan memijatnya. Pijatan ini dilakukan di area sekitar hidung dan dada bayi secara perlahan. Tak sampai semenit, lho! Bunda hanya membutuhkan minyak telon, agar napas si Kecil lebih cepat plong.


Penasaran seperti apa cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dengan pijatan? Pertama siapkan Sleek Baby Telon Oil terlebih dulu, lalu ikuti gerakan pijat yang dikutip dari The Asian Parent Indonesia berikut ini:


- Balurkan minyak telon Sleek Baby, letakkan tangan di dada bayi. Gosok perlahan dada membentuk bentuk hati.

- Gosok lagi bagian dada si Kecil dengan gerakan tangan menyilang secara bergantian.

- Letakkan kedua telunjuk di batang hidung bayi, gosok perlahan melintasi bagian bawah mata, belakang telinga, dan leher.

 

Mengapa Harus dengan Sleek Baby Telon Oil


Dari sekian banyak minyak telon di luaran sana, lantas mengapa Sleek Baby Telon Oil direkomendasikan untuk para Bunda dan si Kecil? Terutama ketika berusaha melakukan cara mengatasi hidung tersumbat pada anak.


Sleek Baby Telon Oil ini kandungannya 2x minyak telon biasa dan memiliki minyak anisi lebih banyak sehingga selain dapat menghangatkan tubuh bayi secara lebih maksimal, minyak telon ini juga juga lebih efektif melancarkan aliran pernapasan dan meredakan perut kembung.


Kemasan produk Sleek Baby Telon Oil juga sangat praktis, tidak mudah tumpah, dan mudah digunakan, karena tutupnya yang menyatu dengan botol, dilengkapi dengan sistem lock, jadi Bunda tak perlu takut bocor dan tumpah, ketika botol minyak telon dimainkan si Kecil. 


Hidung tersumbat pada anak memang bisa diatasi dengan cara-cara sederhana di atas. Akan tetapi, Bunda perlu segera menghubungi dokter atau dokter spesialis anak apabila masalah ini disertai demam, muncul ruam di tubuh, tak sembuh dalam waktu 2 minggu, dan bayi terlihat makin sulit bernapas. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan yang optimal sesuai dengan penyakit yang dialami bayi.

Leave a comment