1000 Hari Perlindungan
Image

Tanda Masuk Angin pada Anak 2 Tahun Beserta Cara Atasinya!

Ketika sakit, anak-anak memang sulit dideteksi, karena mereka tidak bisa memberitahu dengan jelas, apa yang dirasakannya, seperti ketika masuk angin. Namun, bunda bisa melihat dari 5 tanda masuk angin pada anak 2 tahun berikut ini, agar bisa langsung mengatasinya. 


Istilah masuk angin sendiri, sudah banyak diketahui dan bisa dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. 


Bagi orang dewasa, masuk angin biasa terjadi ketika sehabis beraktivitas yang melelahkan, seperti pulang bekerja, pulang ronda, pulang liburan, kehujanan, dan lainnya. 


Keluhan masuk angin pada orang dewasa pun tidak jauh dari rasa menggigil, pusing, demam, perut kembung, hingga mual muntah. 


Meski sudah menjadi penyakit sehari-hari, namun istilah masuk angin, hanya ada di Indonesia saja, dan di negara lain tidak ada yang mengenal istilah penyakit masuk angin. 


Hal tersebut dikarenakan, istila tersebut tidak masuk dalam istilah kedokteran. Sehingga, istilah ini hanya menjadi sebutan orang zaman dulu, yang terbawa hingga kini.


Lantas, bagaimana dengan tanda masuk angin pada anak 2 tahun? Dilansir dari nakita.grid.id, menurut Dr S. Djokomuljanto, MMed.(Paeds), SpA, mengatakan, bahwa masuk angin sendiri, merupakan suatu gejala awal dari infeksi virus.


Untuk tanda-tandanya sendiri, juga tidak terlalu berbeda dengan tanda-tanda masuk angin pada orang dewasa. Berikut 5 tanda masuk angin pada anak 2 tahun. 


5 Tanda Masuk Angin pada Anak 2 Tahun


1. Demam/Badan Panas Tinggi


Tanda masuk angin pada anak 2 tahun yang pertama adalah demam. Biasanya, suhu badan anak bisa mencapai suhu di atas 37,5 derajat celsius. 


Penyebab demam ini sendiri, umumnya adalah virus, bakteri, atau jamur. Di sini bunda bisa melakukan pertolongan pertama pada anak demam dengan cara-cara alami. 


Namun, jika demam terus menunjukkan kenaikan hingga 40 derajat celcius, sebaiknya langsung di bawa ke dokter. 


Terlebih, jika anak demam disertai lemas, kejang, kaku, sesak napas, muntah, diare, hingga sakit kepala hebat. 


2. Perut Kembung dan Mual


Tanda masuk angin pada anak 2 tahun yang kedua adalah mengalami perut kembung dan mual. 


Biasanya, hal ini terjadi disebabkan karena intoleran laktosa, yang ditandai juga dengan sakit perut, melilit, dan sering kentut. 


Jika bunda langsung bawa si kecil ke dokter, mungkin akan diberikan obat-obatan untuk menghilangkan nyeri, mengurangi asam lambung, dan meningkatkan gerakan usus. 


3. Rewel


Tanda anak masuk angin berikut ini, tentu akan terjadi. Di mana anak menjadi rewel, menangis, bahkan tidak mau makan ataupun minum.


Hal tersebut dikarenakan, ada sesuatu yang tidak nyaman, yang membuat si kecil menjadi rewel, namun ia belum bisa memberitahu apa yang dirasakannya. 


Ketika hal tersebut terjadi, bunda bisa melakukan hal apa saja yang bisa membuatnya nyaman. Misalnya di kipasin, dielus-elus kepala dan perutnya, menggendong, menyusuinya, dan dengan hal lainnya. 


4. Batuk Disertai Pilek


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masuk angin bisa disebabkan oleh apa saja, di mana batuk dan pilek bisa menjadi tanda gejalanya. 


Umumnya, jika tanda batuk dan pilek menyerang, hal tersebut dikarenakan si kecil terlalu capek bermain, habis main hujan, AC terlalu dingin, hingga terkena virus.


Untuk mengatasinya, bunda cukup berikan air hangat, membuatnya tetap hangat, bila perlu pergi ke dokter. 


5. Diare


Tahukah bunda, diare juga masuk ke dalam tanda masuk angin pada anak 2 tahun loh. Biasanya, diare disebabkan oleh virus.


Diare pada masuk angin, ditandai dengan perubahan konsistensi tinja, yang terjadi tiba-tiba akibat kandungan air di dalam tinja melebihi normal.


Untuk frekuensinya sendiri, menjadi lebih dari 3 kali sehari. Sehingga, jika gejala ini muncul, bunda bisa memberikan banyak minum, agar si kecil tidak kekurangan cairan. 


Bagaimana cara mengatasinya? Buat para bunda, jika anak masuk angin sebisa mungkin jangan langsung berikan obat.


Ketika masuk angin pada anak 2 tahun terjadi, memberikannya obat terlalu sering, sebenarnya kurang baik. Terlebih, masuk angin juga bukan golongan penyakit serius. 


Sehingga, bunda bisa mengatasinya dengan cara alami dan sederhana terlebih dahulu, sebelum akhirnya memberikan obat ketika masuk angin tak kunjung reda. 


Cara Mengatasi Masuk Angin pada Anak 2 Tahun


- Oleskan dengan Bawang Merah


Setelah mengetahui tanda masuk angin pada anak 2 tahun, selanjutnya bunda bisa mengetahui cara mengatasinya. Cara mengatasi masuk angin yang pertama adalah dengan mengoleskan bawang merah, ke tubuh si kecil.


Tahukan bunda, bawang merah bisa meredakan masuk angin, karena bersifat astringensia. Caranya, bunda cukup parut bawang merah, lalu oleskan di bagian perut, dada, pundak, hingga pinggang. 


- Minum Ramuan Jahe


Selain memberikannya air putih hangat, bunda juga bisa berikan minuman ramuan jahe, agar tubuh si kecil semakin hangat. 


Selain menghangatkan, jahe juga bisa mengatasi pusing, mual, muntah, batuk, dan kembung. 


Tidak perlu repot, bunda hanya tinggal geprek jahe, lalu rebus bersama air. Agar si kecil suka, bunda bisa tambahkan madu. 


- Menggunakan Humidifier


Cara mengatasi masuk angin pada anak 2 tahun yang paling mudah adalah, dengan menggunakan humidifier. 


Pasalnya, alat pembersih udara ini, bisa membantu mengurangi hidung tersumbat pada hidung. 


Humidifier, disebut mampu membasmi kuman dan virus di udara. Sehingga, udara yang dihasilkan lebih bersih dan steril. 


Dengan udara yang sejuk dan bersih, akan membuat pernapasannya mendapatkan udara yang berkualitas. 


- Mengkonsumsi Sup Ayam


Bunda bingung mau memberinya makanan apa, ketika anak masuk angin? Tidak perlu bingung, karena bunda bisa memasak sup ayam.


Sup ayam bisa membantu memulihkan badan, ketika masuk angin. Bahkan, penelitian pernah dilakukan, bahwa sup ayam memiliki sifat anti inflamasi. 


Agar rasanya semakin nikmat, bunda bisa tambahkan sedikit jahe dan merica, agar efek hangatnya bisa melonggarkan saluran pernapasan. 


- Hangatkan Tubuh Anak Pakai Minyak Telon


Selain menghangatkan dengan bawang, jahe, hingga sup ayam, cara mengatasi masuk angin pada anak 2 tahun yang paling efektif dan menyenangkan adalah dengan menghangatkan tubuhnya, menggunakan minyak telon.


Minyak telon mengandung minyak kelapa, adas, dan minyak kayu putih, yang bisa menghangatkan tubuh si kecil. 


Bunda bisa oleskan minyak telon hangat, ke area perut, dada, leher, pundak, hingga ke lengan dan kaki. 


Selain itu, aromanya yang wangi, membuat si kecil menjadi rileks, dan bisa dengan mudah terlelap dan beristirahat. 


Namun, dalam memilih minyak telon untuk anak, juga jangan sembarangan. Karena tidak semua minyak telon memiliki komposisi yang pas untuk anak. 


Untuk rekomendasi minyak telon anak yang pas dan bisa menghangatkan tubuh si kecil dengan maksimal? Sleek Baby Telon Oil jawabannya!


Mengapa Harus Sleek Baby Telon Oil?


Karena minyak telon dari Sleek Baby Telon Oil, dirancang khusus untuk bayi dan anak. Sleek Baby Telon Oil juga memiliki komposisi yang pas, yakni 20:20:60 (minyak adas:minyak kayu putih:minyak kelapa). 


Sehingga, si kecil akan mendapatkan kehangatan yang pas, tidak terlalu panas, dan tidak tidak juga kurang hangat. Aromanya pun sangat khas minyak telon, dan wangi bayi yang segar dan bikin rileks. 


Kemasan dan Harga Sleek Baby Telon Oil 

  

Untuk produk Sleek Baby Telon Oil sendiri, memiliki dua pilihan kemasan, yakni: 

  

- Sleek Baby Telon Oil 30 ml: Rp13.000

- Sleek Baby Telon Oil 70 ml: Rp28.000

  

Tidak hanya itu, kemasan produk Sleek Baby Telon Oil juga sangat praktis, tidak mudah tumpah, dan mudah digunakan, karena tutupnya yang menyatu dengan botol, dilengkapi dengan sistem lock.


Jadi bunda tak perlu takut bocor dan tumpah, ketika botol minyak telon dimainkan si kecil. 

 

Nah, bagaimana? Sudah tahu kan apa saja tanda hingga cara mengatasi masuk angin pada anak 2 tahun? Untuk mencegahnya, bunda juga bisa rutin mengoleskan Sleek Baby Telon Oil, agar si kecil terus mendapatkan kehangatan loh. 


Untuk bisa mendapatkan produk Sleek Baby Telon Oil, juga sangat mudah. Bunda, bisa mendapatkan dengan mudah, di toko offline seperti di minimarket, supermarket, perlengkapan bayi, dan lainnya. 


Tidak hanya itu, Sleek Baby Telon Oil juga sudah banyak tersedia di toko online atau e-commerce langganan bunda, tentunya dengan harga yang bersaing. 


Yuk, beli perlengkapan bayi lainnya, seperti sabun pencuci botol susu, deterjen khusus pakaian bayi, hingga Sleek Baby Telon Oil, dengan rangkaian produk dari Sleek Baby.


Leave a comment