1000 Hari Perlindungan
Image

Tak Hanya Menghilangkan Stress Untuk Bunda, Berkebun Juga Punya Banyak Manfaat Untuk Si Kecil

Banyak Bunda yang memiliki hobi berkebun, terutama di masa pandemi ini. Banyak Bunda yang menjadi hobi berkebun untuk menghilangkan stress dan kebosanan karena harus membatasi aktivitas keluar rumah. Mulai dari berkebun menanam sayuran, buah-buahan hingga tanaman-tanaman hias yang indah. Dengan berkebun dapat menghilangkan stress dan akan lebih menyenangkan jika Bunda berkebun bersama keluarga tercinta.


Terlebih lagi anak-anak sangat menyukai aktifitas di luar ruangan, mereka dapat menghirup udara segar, menghilangkan kebosanan di dalam rumah. Berkebun juga dapat menjadi pengalaman baru yang menyenangkan untuk si kecil. Meskipun berkebun terkesan kotor, namun ternyata berkebun bersama keluarga juga memiliki banyak manfaat bagi si kecil loh Bunda. Yuk simak berbagai manfaat yang bisa si kecil dapatkan ketika berkebun berikut ini :


1. Membangun Bonding

Dengan kegiatan berkebun bersama keluarga makan akan membangun bonding antara bunda, ayah dan si kecil. Bunda dan ayah dapat berinteraksi bersama si kecil dengan cara yang menyenangkan saat berkebun. Berkebun bersama akan memberikan memori kenangan yang manis pada anak, terutama bila banyak hal menyenangkan dilakukan. 


2. Mengajarkan Team Work

Ketika berkebun bersama keluarga libatkanlah si kecil dengan memberinya tugas. Misalnya ketika ingin menanam benih baru bagilah tugas antara bunda, ayah dan si kecil. Ayah dapat membantu menggali tanah, kemudian si kecil dapat melakukan tugasnya menabur benih, kemudian bunda dapat menutup benih dengan tanah dan menyiramnya. Tentunya dengan begitu si kecil jadi terbiasa untuk diajak bekerja sama demi tercapainya suatu tujuan.



3. Menumbuhkan Rasa Cinta Alam

Dengan berkebun si kecil akan mengenal tanaman dan hewan disekitaran rumah. Dengan sering melakukan kegiatan berkebun bersama keluarga makan semakin lama akan menumbuhkan rasa empatinya kepada makhluk hidup, sehingga si kecil akan belajar pentingnya menyayangi makhluk hidup.


Dengan ikut berkebun bersama keluarga si kecil belajar bahwa tanaman perlu dirawat dan dijaga dengan baik agar tumbuh berkembang bermanfaat untuk sekitar. Si kecil akan terbiasa untuk menjaga dan mencintai lingkungan. Si kecil juga dapat menghargai keberadaan hewan di lingkungan seperti cacing yang akan bermanfaat untuk tanaman. 


4. Bergerak Aktif

Beraktifitas di luar ruangan seperti berkebun ini tentunya menjadikan anak bebas bergerak, sehingga membuat si kecil menjadi aktif dan lincah. Si kecil dapat membantu bunda untuk menyirami tanaman, meletakan benih-benih tanaman ke tanah atau membantu banyak hal lainnya saat berkebun. Sehingga si kecil terus aktif bergerak melakukan sesuatu kegiatan yang menyenangkan.

Ketika bergerak aktif saat berkebun, si kecil juga bisa sambil diajak berjemur sehingga bisa mendapatkan sinar matahari baik dan asupan vitamin D dari sinar matahari. Asupan vitamin D dari sinar matahari langsung ini akan membantu memaksimalkan pertumbuhan fisiknya.


5. Belajar Tentang Makhluk Hidup

Saat berkebun bersama keluarga, libatkan si kecil dengan aktivitas merawat tanaman. Bunda bisa mengajaknya ketika menyirami tanaman, memberi pupuk atau vitamin. Dengan begitu si kecil jadi belajar bahwa tanaman juga memerlukan “minum” dan “makan” agar bisa tumbuh subur. Bunda juga bisa menjelaskan secara langsung jika ada tanaman yang kurang “minum” dan “makan” maka akan layu, untuk itu jangan lupa untuk selalu menyirami tanaman dan memberinya pupuk agar tumbuh sehat.


6. Belajar Tentang Proses Pertumbuhan

Bunda dapat mengajarkan si kecil mengenai proses pertumbuhan dengan mudah saat berkebun. Ajaklah si kecil menanam dari mulai benih hingga akhirnya berkembang dan berbuah, sehingga si kecil akan mengerti proses perkembangan tumbuhan dari awal hingga menghasilkan buah atau sayur. Dengan begitu si kecil akan menghargai proses pertumbuhan tanaman, menjadi lebih menghargai hasil yang dipanen.


Si kecil juga akan merasa sangat bahagia saat tanaman yang ia tanam dari benih mulai tumbuh berkembang dan bahkan menghasilkan buah atau sayur. Si kecil nantinya akan lebih menghargai hasil tanaman yang di panennya, tidak ingin membuang-buang makanan karena mengingat proses pertumbuhannya mulai dari benih hingga matang merupakan proses yang panjang.


7. Mengajarkan Tanggung Jawab Dan Kesabaran

Ketika bunda mengajak si kecil menanam dari benih hingga bisa dipanen maka bunda juga melatih mengenai tanggung jawab dan kesabaran pada si kecil. Menanam bukanlah proses yang singkat, si kecil jadi harus bertanggung jawab untuk menyirami tanaman, merawatnya dan menunggu dengan sabar agar kelak hasil tanaman bisa dipanen dan dinikmati bersama.


8. Melatih Kemampuan Sensorik

Saat melakukan aktivitas berkebun maka si kecil akan mengembangkan hampir semua jenis indera yang dimiliki. Mereka dapat merasakan tekstur tanah, biji-bijian, bunga, kayu, kelopak bunga, berbagai macam bentuk daun dengan tangannya. Si kecil juga dapat menghirup berbagai aroma bunga, melihat warna warni berbagai bunga dan dedaunan.


Ketika berkebun si kecil juga melatih mengembangkan koordinasi tangan dan matanya serta membangun kekuatan fisik lewat kegiatan seperti menggali tanah, mengangkat, menaburkan benih, menyiram dan banyak hal lainnya.


Ternyata banyak sekali ya Bunda manfaat yang dapat dirasakan di kecil ketika berkebun bersama keluarga. Jangan lupa ya untuk Bunda agar tetap selalu mengawasi si kecil ketika berkebun, terutama balita yang sedang aktif kesana kemari dan senang memasukan sesuatu ke mulut. Jauhkan benda-benda tajam dan berbahaya dari si kecil ya, seperti gunting rumput, pembasmi hama dan lainnya. Utamakan selalu kesehatan dan keselamatan si kecil ya Bunda. 


Seringkali ketika beraktifitas di luar ruangan seperti berkebun ini kita dipertemukan dengan cuaca yang dingin dan berangin. Untuk itu jangan lupa siapkan minyak telon untuk menghangatkan si kecil. Usapkan minyak telon pada dada, punggung, tangan dan kaki si kecil agar tetap hangat dan nyaman ketika berkebun. Gunakan Sleek Baby Telon Oil yang memberikan kehangatan untuk si kecil ketika beraktifitas di luar ruangan. Sleek Baby Telon Oil mengandung 2x lebih banyak minyak telon dibandingkan dengan minyak telon lainnya, sehingga selain menghangatkan juga dapat melancarkan pernafasan dan mencegah kembung pada si kecil. Untuk itu Sleek Baby Telon Oil sangat cocok digunakan untuk menghangatkan si kecil saat berkebun bersama keluarga di luar rumah.


Setelah selesai berkebun jangan lupa untuk mencuci tangan dan mandi dengan bersih agar sisa-sisa tanah tidak menempel pada si kecil. Setelah mandi gunakanlah kembali Sleek Baby Telon Oil untuk menghangatkan. Usapkan pada dada, perut dan punggung si kecil, jangan lupa berikan pijatan-pijatan lembut yang membuat si kecil nyaman dan menghilangkan lelah setelah seru bermain dan belajar saat berkebun .


Yuk ajak si kecil untuk aktif bergerak dan belajar dengan berkebun bersama keluarga sehingga tidak bosan beraktifitas di dalam rumah saja. Jadi tak hanya Bunda yang senang dengan menghilangkan stress dengan berkebun, si kecil juga bisa ikut belajar dan bermain dengan seru bersama-sama saat berkebun. Jangan lupa ya selalu sediakan Sleek Baby Telon Oil untuk menghangatkan si kecil.

Leave a comment