1000 Hari Perlindungan

Image

Sudahkah Bunda Melakukan Stimulasi Motorik yang Tepat untuk Si Kecil?

Kemampuan motorik Si Kecil akan berkembang sesuai dengan pertumbuhan usianya. Bunda bisa melakukan stimulasi berikut ini untuk mengembangkan kemampuan motorik Si Kecil sesuai dengan usianya.
 

 

0 - 3 bulan
Motorik kasar:

Letakkan Si Kecil dalam posisi tengkurap untuk melatih kekuatan lehernya menopang kepala. Bunda bisa meletakkan cermin besar di depannya untuk memancing Si Kecil mengangkat kepalanya

 

Motorik halus:
Setiap kali Si Kecil mengepalkan telapak tangannya, cobalah Bunda secara perlahan membuka kepalan tangannya dengan cara menyentuh jari-jemarinya satu persatu dan meluruskannya.

 

4 - 6 bulan
Motorik kasar:
Latih kemampuan berguling Si Kecil. Bunda bisa mencobanya dengan cara membunyikan mainan di atas kepala Si Kecil dan memindahkan mainan tersebut secara perlahan ke sisi lainnya.

 

Motorik halus:
Berikan Si Kecil berbagai benda dengan beragam tekstur, seperti selimut halus, plastik yang licin, handuk yang agak kasar, dan sebagainya.
 

7 - 9 bulan

Motorik kasar:
Si Kecil sedang mengembangkan kemampuannya untuk duduk, merangkak, dan berdiri. Bunda bisa menemani Si Kecil merangkak di sampingnya untuk memberi semangat berlatih.
 

Motorik halus:
Mulailah melatih koordinasi tangannya. Bunda bisa mengajarkannya untuk melakukan gerakan dengan jari-jarinya, misal mengepal dan membuka tangannya.
 

10 - 12 bulan
Motorik kasar:
Letakkan mainan di tempat yang bisa ia jangkau, kemudian beri Si Kecil semangat untuk meraih mainan tersebut. Jangan lupa, sering-seringlah mengajak Si Kecil untuk latihan berjalan di rumput atau taman, ya.
 

Motorik halus:
Memindahkan mainan dari satu kotak ke kotak yang lain bisa merangsang motorik halusnya. Berikan pula pada Si Kecil mainan susun yang berwarna-warni untuk melatih kemampuan koordinasi tangan dan matanya.

Leave a comment