1000 Hari Perlindungan
Image

Simak 5 Cara Mengobati Sakit Perut pada Anak Berikut Ini

Umumnya, sakit perut pada anak menjadi salah satu hal yang sering terjadi. Sering kali sakit perut yang dialami oleh Si Kecil adalah sakit perut dengan gejala ringan seperti sembelit maupun lapar. Namun hal ini juga tetap harus ditangani oleh para Bunda dengan cepat.

Bahkan, tidak sedikit dari para Bunda yang tiba-tiba menjadi panik dan bingung ketika Si Kecil mengalami sakit perut. Ini merupakan hal yang wajar karena tentu setiap Bunda tidak tega apabila melihat Si Kecil merasa kesakitan.

Karena ketika sedang mengalami sakit perut, Si Kecil bisa saja tiba-tiba menjadi rewel, sensitif, atau bahkan menangis kesakitan. Akan tetapi, apabila mengalami hal seperti ini sebaiknya para Bunda tidak perlu panik dan segera mencari solusi mengenai cara mengobati sakit perut pada anak.

Pada dasarnya, terdapat beberapa penyebab dari sakit perut yang dialami pada anak di antaranya yaitu apabila ada organ di dalam perut yang terkena iritasi, apabila otot di perut menjadi tegang, lalu yang terakhir adalah apabila Si Kecil mengalami sakit di bagian tubuh lain namun perut juga ikut merasakan efeknya. Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan dengan begitu saja.

Cara Mengobati Sakit Perut pada Anak

Walaupun panik merupakan hal yang wajar, namun pada dasarnya terdapat berbagai cara mengobati sakit perut pada anak yang diharapkan dapat membantu para Bunda untuk menangani Si Kecil. Lalu, apa saja cara mengobati sakit perut pada anak? Yuk, simak informasi berikut ini:

1. Kompres Si Kecil dengan Air Hangat

Kompres menjadi salah satu tindakan yang sejak dulu hingga sekarang menjadi salah satu tindakan yang para Bunda lakukan apabila Si Kecil sedang mengalami sakit perut. Karena pada dasarnya hal ini dapat dijadikan sebagai solusi yang terbilang aman dan juga efektif untuk bantu mengurangi rasa sakit perut pada Si Kecil.

Mengapa terbilang aman? Karena dengan mengompres tidak akan menciptakan efek samping terhadap Si Kecil. Oleh karena itu, tindakan mengompres Si Kecil menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh para Bunda ketika Si Kecil sedang membutuhkan bantuan cepat.

Kompres menjadi pilihan yang terbilang efektif karena dapat membuat otot Si Kecil menjadi lebih rileks dan meredakan rasa sakit pada perut Si Kecil. Proses mengompres umumnya dilakukan menggunakan handuk dan air hangat maupun dengan menggunakan botol yang diisi dengan air hangat.

Namun, berjalannya waktu membuat munculnya bantal pemanas yang bisa dijadikan sebagai salah satu solusi bagi para Bunda yang ingin mengompres Si Kecil dengan efisien. Apabila Bunda mengompres Si Kecil dengan menggunakan bantal pemanas, para Bunda sebaiknya memiliki tingkat panas terendah sebelum akhirnya meletakkan bantal pemanas tersebut di perut Si Kecil.

2. Berikan Madu Secukupnya untuk Si Kecil

Tidak sedikit dari para Bunda yang sudah tahu bahwa madu memiliki berbagai macam manfaat. Karena madu sebagai sumber karbohidrat, antioksidan, serta gula yang baik untuk dikonsumsi. Madu dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengobati sakit perut pada anak 

Lalu, bagaimana cara pembuatannya? Umumnya, para Bunda dapat memberikan Si Kecil madu ke dalam teh herbal yang telah dilarutkan dengan air hangat. Dengan begitu, diharapkan dapat membantu Si Kecil untuk mengurangi rasa sakit perut yang dialami oleh Si Kecil.

3. Berikan Yoghurt Secukupnya untuk Si Kecil

Yoghurt maupun makanan probiotik lainnya telah lama dikenal dapat membantu meredakan sakit perut. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu solusi bagi para Bunda yang sedang mencari tahu mengenai cara mengobati sakit perut pada anak.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa yoghurt yang di dalamnya mengandung probiotik ternyata dapat meredakan diare dan kram yang sering terjadi kepada Si Kecil. Selain itu, yoghurt juga dipenuhi dengan bakteri baik yang mampu mengkompensasi hilangnya mikroba di usus.

4. Memijat Si Kecil dengan Pelan dan Lembut

Pada dasarnya, ini menjadi salah satu cara yang biasa digunakan oleh para Bunda untuk membantu Si Kecil mengurangi rasa sakit di perutnya. Karena pada dasarnya rasa sakit pada perut Si Kecil dapat dihilangkan dengan meningkatkan sirkulasi darah di sekitarnya.

Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pijatan lembut pada Si Kecil yang akan merelaksasi saraf dan otot Si Kecil. Untuk membantu memberikan rasa hangat, para Bunda bisa memijat Si Kecil dengan menggunakan minyak telon.

Sleek Baby hadirkan Sleek Baby Telon Oil sebagai minyak telon yang berbeda dengan minyak telon lainnya. Mengapa dapat dikatakan berbeda? Karena Sleek Baby Telon Oil kandungannya 2x minyak telon biasa dan memiliki kandungan minyak anisi lebih banyak.

Lalu, apa sebenarnya manfaat yang dihadirkan dengan mengandung minyak atsiri 2x lebih banyak? Jadi, minyak atsiri ternyata efektif untuk melancarkan pernafasan dan mencegah perut kembung pada Si Kecil.

Oleh karena itu, Sleek Baby Telon Oil hadir dengan berbagai manfaat lainnya yang tidak hanya memberikan rasa hangat kepada Si Kecil. Cara penggunaannya pun terbilang sangat mudah karena para Bunda hanya perlu usapkan Sleek Baby Telon Oil pada dada, perut maupun punggung Si Kecil.

Bagi Si Kecil yang sedang mengalami sakit perut, para Bunda bisa mengoleskan Sleek Baby Telon Oil pada bagian sekitar perut Si Kecil. Sleek Baby Telon Oil juga mengandung berbagai jenis minyak lainnya yang juga kaya akan manfaat yaitu 60% minyak kelapa, 20% minyak cajuput, serta 20% minyak atsiri. Berbagai kandungan ini membuat Sleek Baby Telon Oil memiliki manfaat yang sangat optimal.

5. Memilih Makanan yang Mudah Dicerna oleh Si Kecil

Makanan yang dikonsumsi Si Kecil menjadi salah satu hal yang harus lebih diperhatikan apabila Si Kecil sedang mengalami sakit perut. Sebaiknya, para Bunda memilih jenis makanan yang mudah dicerna oleh Si Kecil agar dapat membantu mengurangi rasa sakit perut yang dialami oleh Si Kecil.

Pada dasarnya, terdapat berbagai jenis makanan yang mudah dicerna oleh Si Kecil. Lalu, apa saja jenis makanan tersebut? Para Bunda bisa memilih bubur ataupun puding yang merupakan jenis makanan yang mudah untuk dicerna.

Dengan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, diharapkan dapat membantu Si Kecil untuk mengurangi rasa sakit perut yang sedang dialaminya. Oleh karena itu, walaupun sedang mengalami sakit perut, namun para Bunda juga diharapkan dapat memastikan bahwa perut Si Kecil tidak kosong dan tetap diisi dengan makanan yang mudah dicerna.

Setelah mengetahui informasi seputar cara mengobati sakit perut pada anak, diharapkan para Bunda sudah tidak perlu panik apabila Si Kecil sedang mengalami sakit perut. Karena para Bunda dapat menggunakan berbagai cara mengobati sakit perut pada anak yang telah dijelaskan sebelumnya dan diharapkan dapat membantu para Bunda.

Leave a comment