1000 Hari Perlindungan

Image

Si Kecil Bicara Kasar? Cegah dengan Cara Mudah Ini!

Masa emas Si Kecil terjadi pada usia Balita, pada usia tersebut ia mudah menyerap informasi dan memiliki daya tangkap yang sensitif. Oleh karena itu, Si Kecil mudah menirukan hal-hal yang dilihat maupun didengar dari lingkungannya, termasuk mengeluarkan kata-kata kasar atau kotor.

 

Cara ini bisa Bunda lakukan untuk mencegah Si Kecil mengeluarkan kata-kata kasar.

 

1. Jangan Memarahi

Bila Si Kecil mengeluarkan kata-kata kasar atau kotor, Bunda tak perlu memarahi Si Kecil karena siapa tahu sebenarnya ia hanya meniru tanpa tahu artinya dan bukan bermaksud memaki. Ketika Bunda memarahi bisa saja Si Kecil justru akan mengulanginya karena bentuk kemarahan Bunda terhadap Si Kecil dianggap sebuah perhatian kepadanya.

 

2. Ketika Memberikan Hukuman

Ketika Bunda terpaksa harus menghukum Si Kecil, Bunda tak perlu memberikan hukuman secara fisik atau memarahinya dengan keras. Berikan hukuman yang mendidik, misalnya dengan mendiamkan Si Kecil selama beberapa menit. Setelah itu, Bunda bisa kembali memeluk dan memberikan pengertian padanya.

 

3. Awasi Si Kecil

Bunda harus mengawasi kegiatan Si Kecil ketika bermain di lingkungan sekitar. Bisa saja Si Kecil mendapatkan kata-kata kasar tersebut ketika bermain bersama temannya atau ketika ia menonton tayangan televisi.

 

4. Hati-hati Ketika Berbicara

Terkadang Bunda tidak sengaja mengucapkan kata-kata kotor atau kasar, baik itu terhadap diri sendiri atau kepada orang lain. Sebisa mungkin Bunda harus membiasakan menggunakan kata-kata positif dan menjauhkan penggunaan kata-kata negatif karena bisa saja Si Kecil melihat atau mendengar hal tersebut dan menirunya.

 

5. Cerita Dongeng

Bunda bisa melakukan interaksi dan pendekatan kepada Si Kecil dengan cara membacakan cerita atau dongeng sebelum tidur. Tak lupa Bunda harus memberikan pesan moral nilai-nilai positif pada si Kecil dari setiap cerita yang dibacakan, termasuk pesan dan moral dari sikap-sikap yang buruk, seperti berbicara dengan kasar. Dengan begitu, hal-hal baik dan positif akan tertanam pada memori Si Kecil sejak dini.

Leave a comment