1000 Hari Perlindungan

Image

Selama Musim Hujan, Si Kecil Tetap Bisa Bermain Asal Tahu Triknya

Saat musim hujan tiba, terkadang Bunda khawatir Si Kecil akan merasa bosan karena selalu berada di dalam rumah. Padahal, dengan demikian Bunda justru punya banyak waktu bermain bersama Si Kecil.

 

1. Mewarnai Gambar

Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk belajar mewarnai gambar dan untuk mencari gambar-gambar yang menarik perhatiannya. Bunda bisa mencari tokoh favoritnya melalui internet dan mencetaknya dengan printer. Tidak ada salahnya untuk menggunakan alat mewarnai yang lebih lengkap sambil memperkenalkan macam-macam warna pada Si Kecil.

 

2. Origami

Seni melipat kertas dari Jepang atau origami bisa Bunda pilih untuk mengisi waktu di kala hujan. Bunda bisa mengajak Si Kecil melipat bentuk-bentuk menarik yang mudah diikuti. Serta pergunakanlah kertas dengan warna kesukaan Si Kecil agar ia lebih antusias mengikuti.

 

3. Permainan Tradisional

Di saat maraknya perkembangan permainan digital, Bunda sebaiknya tetap bisa memberikan atau mengajak Si Kecil untuk bermain permainan tradisional. Seperti permainan ular tangga, monopoli, congklak atau permainan tradisional lain yang dapat dimainkan walaupun hari sedang hujan.

 

4. Membuat Masakan

Saat memasak atau membuat kue, Bunda bisa melibatkan Si Kecil untuk ikut membantu. Misalnya saat membuat kue, Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk ikut menaburkan bahan adonan, membentuk atau mencetak kue sambil memperkenalkan bahan-bahan makanan.

 

5. Membaca Buku

Menumbuhkan minat membaca pada Si Kecil sejak dini bisa Bunda lakukan, sekalipun Si Kecil belum bisa membaca. Saat hujan adalah momen yang pas untuk Bunda membacakan buku cerita dongeng bergambar dibandingkan dengan  mengajak Si Kecil menonton TV.

 

6. Musik

Mendengarkan musik atau bernyanyi di kala hujan bisa Bunda lakukan. Ajaklah Si Kecil bernyanyi dengan lagu-lagu bertemakan hujan atau bertemakan riang gembira agar Si Kecil tetap ceria meskipun hujan belum kunjung reda.

 

Banyak kan yang bisa dilakukan Bunda dan Si Kecil untuk bermain meskipun sedang hujan. Bunda punya ide bermain apalagi nih? Share yuk! smiley

Leave a comment