1000 Hari Perlindungan
Image

Segudang Manfaat Mendongeng Bagi Si Kecil

Sepertinya sudah banyak Bunda yang tau jika kegiatan mendongeng itu merupakan hal yang baik untuk perkembangan anak. Banyak ahli parenting yang menyarankan untuk para Bunda dan Ayah mendongengkan putra putrinya. Kegiatan mendongeng atau membacakan cerita kepada anak tidak harus dilakukan ketika anak sudah bisa membaca atau berbicara loh Bun. Bahkan ada beberapa ahli yang mengatakan membacakan dongeng baik dilakukan sejak anak masih di dalam kandungan. Sedari anak masih bayi kegiatan mendongeng bisa memberikan manfaat bagi perkembangan otaknya. Walaupun terasa aneh melakukan dongeng untuk bayi karena mereka seperti tidak merespon, namun ternyata banyak manfaat yang bisa dirasakan bayi. Yuk Bunda, simak apa saja dongeng untuk bayi agar Bunda dan Ayah semakin semangat untuk mendongeng ke si kecil.


1. Membangun Kedekatan Anak Dengan Orang Tua

Kegiatan mendongeng tentunya membuat orang tua dan anak fokus kepada cerita dan dapat melihat buku bersama-sama. Dengan begitu akan minim distraksi saat orang tua sedang membacakan dongeng dengan anaknya. Orang tua dapat fokus bercerita kepada si kecil, dan si kecil pun akan fokus pada suara Bunda atau Ayah yang sedang bercerita. Dengan begitu akan ada kedekatan yang terjalin antara si kecil dan orang tua.


Kegiatan membacakan dongeng untuk bayi juga dapat dilakukan sambil bersantai jadi orang tua bisa memanfaatkan waktu membaca dongeng sambil beristirahat sejenak dari kesibukan. Jika si kecil sudah mulai bisa meraih benda-benda atau sudah bisa berbicara maka ajak si kecil memilih buku apa yang akan dibacakan. Sehingga si kecil juga akan antusias mendengar cerita yang Bunda atau Ayah bacakan.


2. Membantu Si Kecil Berimajinasi

Dengan rutin membacakan dongeng untuk bayi maka akan sangat baik untuk perkembangan otaknya. Si kecil dapat terlatih untuk menggunakan imajinasinya. Ketika si kecil sudah bisa berbicara maka ajaklah si kecil membayangkan apa isi cerita tersebut dengan pikirannya, biarkan ia mengatakan dan menceritakan apa yang ada di isi kepalanya. Respon dengan antusias sehingga anak akan senang untuk mengembangkan cerita dan imajinasinya. 


Dengan anak berimajinasi maka akan baik untuk membantu perkembangan daya pikirnya. Dengan berimajinasi akan membantu anak untuk berpikir secara kreatif dan dapat melatihnya menghadapi serta merencanakan penyelesaian masalah yang dia hadapi. Imajinasi juga bisa membuat anak menjadi terampil berkomunikasi dengan yang lainnya. Saat Bunda atau Ayah membacakan dongeng makan akan merangsang pikirannya menggambarkan situasi seperti yang ada pada cerita.


3. Menambah Kosa Kata

Ketika si kecil sudah mulai belajar berbicara maka kegiatan mendongeng akan memberikan manfaat yang baik bagi perkembangan bicaranya. Si kecil dapat memperkaya kosa kata yang ia ketahui melalui cerita yang Bunda dan Ayah bacakan. Menceritakan sambil memberi lihat bentuk gambarnya membuat si kecil mudah menangkap kosa kata baru. Bila si kecil sudah mulai berbicara Bunda dapat melatihnya dengan buku, tunjuk gambar yang ada pada buku sambil memberi tahu namanya dan ajak ia mengikuti apa yang Bunda katanya.


Untuk membacakan dongeng untuk bayi sebaiknya gunakan buku-buku yang memiliki gambar menarik. Tak perlu yang memiliki banyak kata, Bunda dapat memilih buku anak yang memiliki banyak gambar seperti gambar-gambar hewan, tumbuhan, alat transportasi, makanan buah-buahan serta sayuran.


4. Menanamkan Etika dan Nilai Kehidupan

Biasanya buku cerita khusus anak memiliki berbagai karakter yang memberikan nilai-nilai kehidupan serta etika yang baik seperti nilai kejujuran, rendah hati, empati, tolong-menolong. Pesan moral yang disampaikan pada buku cerita sangat mudah dicerna oleh anak dengan bahasa yang baik serta ilustrasi yang menarik. Dengan begitu memberikan pelajaran etika dan nilai kehidupan akan terasa menyenangkan dan tidak membebani perasaan si kecil. Untuk itu Bunda perlu selektif terhadap buku yang akan dibacakan kepada anak, jangan sampai buku tersebut memiliki nilai kehidupan atau etika yang kurang baik dan tidak sejalan dengan nilai kehidupan yang ada pada keluarga.


Ketika si kecil sudah bisa memilih buku sendiri yang akan dibeli atau dibaca, sebaiknya Bunda perhatikan terlebih dulu isi ceritanya. Jangan hanya terkecoh dengan judul atau covernya, karena bisa saja ada beberapa bagian dalam cerita yang ternyata tidak sejalan dengan nilai kehidupan serta etika yang Bunda ajarkan dirumah. Misalkan saja buku cerita yang pada awalnya menggambarkan karakter anak  yang buruk, kemudian di akhir cerita ia menjadi baik. Cerita seperti itu akan membuat seolah melakukan keburukan itu benar dan dapat diperbaiki nantinya. Buku-buku dengan cerita seperti itu kurang disarankan oleh para ahli. 


Bunda juga bisa mengajarkan hal baru ketika membacakan dongen, misalnya Bunda ingin menjelaskan mengenai kenapa anak harus makan yang bergizi. Benda dapat membacakan buku yang bertemakan makanan sehat, menjelaskan alasan mengapa si kecil butuh makanan bergizi dengan berbagai ilustrasi pada gambar di buku cerita. Si kecil jadi dapat menerima pelajaran baru dengan cara yang menyenangkan.


5. Membangun Minat Baca

Saat orang tua sering mendongeng dengan berbagai cerita di buku yang menarik akan membuat anak menjadi tau bahwa kegiatan membaca itu adalah hal yang menyenangkan. Dengan begitu si kecil dapat menumbuhkan rasa cintanya kepada buku. Setelah si kecil sudah tak asing lagi dengan buku maka ajaklah sesekali ke took buku dan biarkan ia memilih sendiri buku apa yang hendak dibeli. Dengan begitu ia akan antusias membaca buku hasil pilihannya. Namun ingat ya, Bunda harus tetap menyeleksi buku seperti apa yang si kecil inginkan. Pastikan buku yang dipilih sesuai dengan umurnya dan  memiliki cerita yang sesuai dengan etika dan nilai keluarga.


Wah ternyata banyak ya manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan membacakan dongeng untuk bayi. Bunda dan Ayah dapat kapan saja membacakan dongeng, tak harus menjelang tidur saja. Saat kegiatan lain misalnya sedang asik bersantai atau sedang menunggu sesuatu Bunda dapat mendongeng untuk si kecil. Bunda dapat juga membacakannya saat anak sedang minum susu dan bersantai. Bunda dapat memberikannya snack atau susu ketika sedang membacakan dongeng. Jangan lupa untuk tetap memberikan snack yang bergizi serta gunakanlah alat makan dan botol yang bersih. Bunda dapat membersihkan peralatan makan serta botol susu si kecil dengan sabun khusus untuk mencuci botol anak yang diformulasikan khusus bagi anak. Gunakanlah Sleek Pembersih Botol yang merupakan sabun pencuci yang telah diformulasikan khusus untuk keamanan anak. Dengan 8 perlindungan yang diberikan, yaitu 100% food grade, natural anti bacterial, stain removal, hypoallergenic, dermatologically tested, microbiological tested, high quality concentrate serta paraben free. Perlindungan tersebut tentunya akan sangat baik bagi si kecil. Sama pentingnya dengan membacakan dongeng untuk anak, menggunakan sabun cuci khusus peralatan anak yang sudah diformulasikan khusus juga sangat penting untuknya dan

sabun pembersih botol yang sudah 100% food grade tentunya sangat aman digunakan untuk si kecil.


Jadi Bunda dan Ayah jangan lupa ya luangkan selalu waktu untuk membacakan dongeng untuk bayi dan usahakan melakukannya rutin setiap hari. Maka Bunda dan Ayah kelak akan merasakan manfaat tersebut di kemudian hari.

Leave a comment