1000 Hari Perlindungan
Image

Sederet Produk Bayi Terbaik Untuk Usia 6 Bulan

Setelah dilahirkan, bayi akan mengalami tumbuh kembang seiring dengan bertambahnya usia. Bunda bisa melihat pertumbuhannya setiap bulan. Si kecil akan selalu belajar sesuatu yang baru, walaupun yang sederhana sekalipun, seperti mengangkat kaki, tengkurap, duduk, merangkak hingga berjalan. Di usianya yang menginjak 6 bulan, si kecil sudah banyak menunjukkan perkembangannya dan mulai tertarik pada area di sekitarnya. Si kecil mulai beranggapan bahwa ada sesuatu yang menarik di luar sana untuk dieksplorasi. Cara perawatannya pun berubah, sudah tidak sama lagi dengan usia sebelumnya. Begitu juga dengan produk bayi yang dibutuhkannya di usia 6 bulan, menyesuaikan dengan perkembangannya. Berikut produk bayi terbaik yang bisa Bunda siapkan saat si kecil memasuki usia 6 bulan:

1.       Popok Bayi

Popok bayi menjadi hal yang penting untuk disiapkan secara rutin. Semakin bertambah usianya, semakin bertambah pula ukuran tubuhnya. Siapkan popok dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya untuk disesuaikan dengan ukura tubuhnya agar si kecil merasa nyaman. Berbeda dengan usia sebelumnya, bayi berusia 6 bulan akan lebih sering merasa tidak nyaman terhadap sesuatu yang ada pada tubuhnya. Jadi sangat penting bagi Bunda untuk memilih produk bayi terbaik yang akan menjaga kenyamanan si kecil serta rutin mengganti popoknya setiap 4 hingga 5 jam sekali atau jika sudah terlalu basah. Popok yang basah akan membuat kulitnya lembab dan dapat menyebabkan ruam pada kulit pantat bayi dan sekitarnya hingga menimbulkan rasa perih yang membuatnya tidak nyaman.

 Baca Juga : 27 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

2.       Pakaian

Bayi berusia 6 bulan akan semakin aktif bergerak dan memerlukan pakaian yang nyaman untuk menunjang aktivitasnya. Memilih pakaian bayi juga merupakan salah satu cara perawatan bayi yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pilih produk bayi terbaik dengan bahan yang dapat menyerap keringat. Kenakan pakaian yang lebih besar atau longgar dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar si kecil merasa nyaman. Jika pakaian yang si kecil kenakan nyaman, maka ia pun tidak akan mudah rewel.

 

3.       Makanan Pendukung ASI (MPASI)

Makanan padat pendamping ASI (MPASI) sudah boleh diberikan kepada si kecil di usia 6 bulan ini. Hal ini diperbolehkan karena sistem pencernaan bayi usia 6 bulan sudah siap untuk mengolah makanan padat. Tanda-tanda umum si kecil siap untuk makan di antaranya adalah sudah bisa menopang leher dan kepalanya serta duduk sendiri. MPASI dapat diberikan sebanyak 3-5 kali sehari atau sesuai kebutuhan dan diselingi dengan ASI sebagai pelengkap nutrisi. Di awal perkenalan, berikan MPASI dengan tekstur cair atau lunak dengan porsi yang yang sedikit terlebih dahulu. Bahan makanan juga sebaiknya diberikan secara bertahap satu demi satu, baru kemudian dicampur.

Bunda dapat memilih untuk memberikan MPASI buatan Bunda sendiri atau MPASI instan untuk si kecil. Jika Bunda ingin membuat MPASI sendiri, produk bayi terbaik yang dapat Bunda siapkan adalah:

- Sayuran, buah, daging dan bahan makanan lain

- Celemek/bib bayi

- Peralatan makan bayi

- Sendok botol

- Food processor

- Slow cooker

- Kursi makan bayi

- Kotak penyimpanan makanan bayi

- Botol minum bayi

- Baby food maker

- Alat sterilisasi peralatan makan bayi

Selain itu, Bunda juga dapat memilih MPASI instan yang akan sangat membantu Bunda saat bepergian karena lebih praktis dan banyak pilihan. Dalam memilih produk bayi terbaik MPASI instan untuk si kecil, kriteria seperti bentuk, tekstur, rasa, kandungan serta kemasan produk harus Bunda perhatikan. MPASI instan siap makan dalam kemasan plastik atau jar dapat Bunda pilih untuk memudahkan Bunda menyuapi si kecil saat bepergian. Jangan lupa untuk periksa tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan makanan sebelum membeli dan memberikannya kepada si kecil.

 Baca Juga : Bayi 1 Bulan Pilek Hidung Tersumbat? Ini Produk dan Cara Ampuh Meredakannya

4.       Kursi Makan (high chair)

Si kecil sudah mulai makan di usianya 6 bulan. Bunda dapat menyiapkan kursi makan (high chair) untuk menunjang proses makannya. Kursi makan bayi (high chair) ini sebenarnya produk bayi terbaik yang berfungsi secara tidak langsung untuk mengajari posisi dan cara makan yang benar kepada si kecil. Selain itu, duduk di kursi makan bayi juga membuat si kecil dalam posisi yang tepat untuk mencerna makanan agar si kecil tidak tersedak saat makan.

 

5.       Mainan

Bayi senang sekali bermain. Saat usianya 6 bulan, si kecil akan banyak menghabiskan waktu untuk bermain dan mempelajari banyak hal baru. Ajak dan dampingi si kecil bermain untuk dapat membangun hubungan yang semakin erat. Permainan sederhana seperti ci-luk-ba, bernyanyi atau menirukan suara hewan dapat membuat bayi tertarik dan merasa senang. Bunda juga bisa mulai untuk memberikannya mainan stimulasi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Stimulasi untuk bayi 6 bulan dengan mengoptimalkan perkembangan motorik bayi berpengaruh penting terhadap aspek perkembangan gerak atau motorik kasar dan halus, bahasa, sosial emosional, serta kognitifnya. Si kecil menggunakan kelima panca inderanya untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Ia suka meremas mainan bola lembut, menggigit mainan, mendengar mainan yang berbunyi dan sebagainya. Pilih produk bayi terbaik untuk mendukung stimulasinya ini seperti permainan edukatif play gym, mainan berbunyi, boneka, teether atau soft book. Bayi yang kekurangan stimulasi beresiko mengalami keterlambatan proses tumbuh kembang. Jadi penting bagi Bunda untuk selalu memberikan stimulasi kepada si kecil.

 

6.       Teether

Saat usianya menginjak 6 bulan, gigi si kecil mulai tumbuh. Bunda dapat menyiapkan mainan bayi yang lembut atau teether yang dapat dipegang si kecil dan dimasukkan ke dalam mulut untuk latihan menggigit. Bunda tidak perlu panik jika si kecil memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Hal ini merupakan bentuk stimulasi bayi asalkan teether selalu dibersihkan agar jauh dari kuman dan bakteri. Pilih produk bayi terbaik agar aman saat dimasukkan ke dalam mulut si kecil.

 

7.       Buku bacaan

Walaupun si kecil belum bisa membaca, Bunda bisa membacakan cerita untuknya, lho. Membacakan buku untuk si kecil akan meningkatkan kemampuan berbahasa dan merupakan bekal bagi si kecil agar ia mencintai buku ketika sudah besar. Saat ini, ada beragam jenis buku-buku anak yang dapat Bunda pilih, seperti buku besar yang berwarna-warni, buku dengan gambar yang muncul (pop up) atau buku dengan gambar ilustrasi yang bertekstur. Pilih produk bayi terbaik yang memiliki cerita dan gambar menarik untuk membuat si kecil merasa senang. Ini dapat menjadi momen Bunda untuk berkomunikasi juga dengan si kecil.

 Baca Juga : Penyebab Perut Bayi Kembung dan Berbunyi

8.       Sepatu prewalker

Saat bayi sudah mulai belajar berjalan, memilih sepatu yang tepat adalah hal yang sangat penting. Bunda sebaiknya memilih produk bayi terbaik dengan cermat terkait sepatu yang cocok untuk bayi 6 bulan karena hal ini akan sangat berpengaruh pada bentuk kakinya nanti. Membiasakan si kecil memakai sepatu pun akan membuatnya cepat belajar berjalan. Kaki bayi belum akan mencapai bentuk sempurna hingga usianya 6 tahun sehingga sepatu bayi akan membantu membuat kakinya mencapai bentuk tersebut. Berikan sepatu prewalker dengan ukuran yang tepat, tidak terlalu longgar atau sempit, ringan, fleksibel dan memiliki bantalan yang empuk di dalamnya untuk menopang kaki kecilnya karena sepatu juga berfungsi untuk menopang tubuhnya saat belajar berjalan. Selama masa pertumbuhan ini, kaki si kecil juga rentan terluka saat beraktifitas. Oleh karena itu, sepatu prewalker dapat memberikan perlindungan untuk kaki si kecil saat beraktifitas sehingga Bunda menjadi lebih tenang.

Seiring dengan aktivitas bayi yang bertambah, menjaga kebersihan produk bayi terbaik di atas perlu menjadi prioritas baru bagi Bunda. Peralatan makan atau mainan sangat rentan terkontaminasi bakteri. Jika sampai masuk ke mulut si kecil yang sudah memasuki fase oral, tentu hal ini akan membahayakan kesehatannya.


Gunakan Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi atau biasa disebut Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser untuk membersihkan perlengkapan Si Kecil setiap hari. Tenang, Bun! Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser aman digunakan pada semua peralatan bayi karena 100% food grade. Di samping itu, ada formula stain removal juga yang ampuh membersihkan sisa kotoran secara maksimal.

Leave a comment