1000 Hari Perlindungan

Image

Sebelum Merebus Botol Bayi, Bunda Harus Tahu Fakta Ini!

Semua Bunda pasti ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil, terutama yang bersangkutan dengan masalah kesehatan. Pemberian susu, misalnya, Bunda selalu memilih susu dengan kualitas terbaik untuk Si Kecil, bukan?

Bicara soal susu pastinya tidak terlepas dari botol susu yang biasa digunakan Si Kecil untuk minum. Bagaimana sih cara Bunda membersihkan botol susu bayi? Sampai saat ini, masih banyak lho Bunda yang memilih setelah mencuci lalu merebus botol susunya karena dianggap lebih bersih dan steril. Tapi sebelum Bunda merebus botol susu bayi, ketahui hal ini dulu ya!

1. Merebus Botol Susu Bayi Membuat Botol Cepat Rusak

Terlalu sering merebus botol susu bayi ternyata akan membuat botol jadi cepat menguning. Karet dot lebih cepat melar, dan lubang dot jadi mudah sobek. Daripada merebus, lebih baik menyiram botol susu dengan air panas mengalir secukupnya ketika membersihkan.

2. Merebus Dalam Air Mendidih Dapat Menyebabkan Senyawa Kimia Botol Terurai

Botol susu bayi, terutama yang terbuat dari plastik jika terlalu sering dan terlalu lama di rebus dalam air mendidih justru dapat menyebabkan senyawa kimia botol tersebut terurai dan yang paling dikhawatirkan adalah jika sampai terelan ketika si Kecil mengkonsumsi susunya menggunakan botol tersebut.

Melihat fakta-fakta ini, lalu sebaiknya Bunda harus bagaimana? Berikut tips dari kami:

  1. Pilih Botol dengan BPA Free yang terbuat dari bahan PP dan PES artinya bahan tersebut terbebas  bisphenol-A. BPA (bisphenol-A)  yang merupakan zat kimia sintetis yang biasa digunakan pada beragam produk, termasuk pada botol bayi. Bingung? Tenang Bunda, ini biasanya ada penjelasannya kok di dalam kemasannya.
  2. Untuk lebih amannya, Bunda bisa memilih untuk menggunakan botol berbahan gelas/ kaca.
  3. Daripada merebus di air mendidih, lebih baik bilas dengan air hangat yang mengalir. Gunakan sabun pembersih botol yang mengandung bahan Food Grade atau bahan kimia yang setara dengan makanan sehingga lebih aman jika tak sengaja terkonsumsi oleh si Kecil, tidak berbau menyengat, dan pastinya dapat membunuh bakteri, seperti Sleek Bottle Nipple & Accessories Cleanser.
  4. Untuk sterilisasi, Bunda dapat menggunakan teknik ‘Cold Sterilization’ yaitu mensterilkan dengan bahan kimia tertentu tanpa harus menggunakan pemanasan.

Leave a comment