1000 Hari Perlindungan

Image

Rekomendasi Mainan untuk Si Kecil di Bawah Tiga Bulan

Setiap tahap perkembangan, Si Kecil memerlukan mainan yang berbeda-beda sebagai teman bermain. Sebelum Si Kecil belajar menggenggam dan merangkak, ia terlebih dulu tertarik melihat benda di sekitarnya. Pada usia di bawah tiga bulan biasanya Si Kecil akan tertarik dengan gambar besar, cerah, bisa bergerak pelan, dan mengeluarkan suara.

Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi mainan untuk Si Kecil yang masih berumur di bawah tiga bulan.

1. Hand-held toys

Mungkin Si Kecil belum bisa memegang mainan, tetapi ia sudah bisa menunjukkan ketertarikannya dengan benda-benda kecil. Bunda dapat membelikan Si Kecil hand-held toys atau mainan yang bisa dipegang. Biasanya, mainan ini berukuran kecil, lucu, dan warna-warni, mirip dengan boneka. Bunda juga bisa membelikan gelang atau kaos kaki berwarna yang dilengkapi dengan boneka (binatang, tokoh animasi, bintang, dan lainnya). Dengan mainan tersebut, Si Kecil bisa berinteraksi dengan Bunda sekaligus mengenalkan warna dan bentuk sejak dini.

2. Soft books

Saat ini, banyak dijual soft books (buku terbuat dari kain) dengan beragam tema. Buku dengan desain gambar besar dan berwarna ini cocok untuk Si Kecil. Caranya, Bunda cukup membacakan atau menceritakan gambar dalam buku ke pada Si Kecil sambil berbaring di tempat tidur.

3. Sensory toys

Jangan menganggap ada sensor elektromagnet dalam mainan ini, ya, Bunda. Sensory toys merupakan jenis mainan yang memiliki tekstur atau suara, sehingga saat dipegang mainan berubah bentuk atau mengeluarkan bunyi. Mungkin Si Kecil kaget, tetapi dengan begitu ia dapat belajar tentang hal baru.

4. Lonceng angin

Si Kecil suka sekali dengan soft music. Jadi tak ada salahnya, jika Bunda membelikan lonceng angin dengan gantungan mainan binatang, mobil, atau bunga. Ketika tangan atau kaki Si Kecil menyentuh salah satu gantungan, mainan akan berbunyi dan bergerak-gerak. Selain itu, Bunda dapat memutar music box. Kalau music box terbuat dari barang yang mudah pecah, jauhkanlah dari jangkauan Si Kecil ketika tidak dalam pengawasan Bunda ya.

Leave a comment