1000 Hari Perlindungan

Image

Pilihan Menu MPASI yang Mudah Dibuat Bunda

Memasuki usia 6 bulan, saatnya Bunda mengenalkan si kecil pada makanan pendamping ASI (MPASI). Tak perlu khawatir akan kesulitan membuat menu MPASI, karena menunya cukup sederhana. Bunda tinggal menyiapkan bahan makanan yang segar dan berkualitas agar si kecil mendapatkan gizi yang baik untuk menunjang kesehatannya. Ini beberapa menu MPASI yang bisa disesuaikan dengan usia si kecil.

1. Usia 6 - 8 Bulan

Pada awal percobaan MPASI, Bunda bisa membuat makanan yang lembut. Bubur tepung, oatmeal, atau pure buah dan sayur bisa jadi pilihan. Untuk membuat pure sangatlah mudah, Bunda hanya tinggal menghancurkan buah dan sayur pilihan yang dicampur dengan air putih atau ASI secukupnya.

Untuk menghancurkan makanan, bisa menggunakan blender atau food processor sampai makanan benar-benar halus. Untuk sayuran atau buah yang keras, Bunda bisa merebusnya terlebih dahulu sebelum dilumatkan. Sebagai contoh, Bunda bisa membuat pure pisang, alpukat, labu, brokoli, wortel, dll.

2. Usia 9 - 12 bulan

Di usia 9 bulan, si kecil sudah dapat mengonsumsi makanan yang bertekstur, namun Bunda tetap bisa mengombinasikannya dengan makanan lembut. Makanan berkuah seperti sup salmon wortel atau sup daging sapi dengan tahu bisa dicoba pada awal tahap ini, fungsinya untuk membuat si kecil lebih mudah menelan. Selain sup, Bunda juga bisa coba memasak nasi tim ayam, bubur, atau makanan bertekstur lembut yang dicincang untuk variasi menu MPASI.

3. Usia di Atas 12 Bulan

Memasuki usia 1 tahun, kenalkan si kecil pada nasi, kentang, pasta, pancake, omelet, tahu, dan berbagai jenis sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Untuk camilan, Bunda juga bisa memberikan biskuit atau buah-buahan seperti pisang, pepaya.

Mudahkan, Bunda? Yuk, kreatif membuat menu untuk si Kecil tersayang.

Leave a comment