1000 Hari Perlindungan

Image

Pilihan Menu MPASI Untuk Menjaga Pertumbuhan Si Kecil

Ketika Si Kecil baru lahir, maka Bunda perlu ekstra waspada dan berhati-hati dalam memberikan asupan gizi. Sebab, tubuh Si Kecil belum mampu menerima makanan selayaknya orang dewasa. Pemberian Air Susu Ibu (ASI) jadi hal yang wajib agar asupan gizi Si Kecil dapat optimal. Namun, ketika Si Kecil telah memasuki usia 6 bulan atau telah siap untuk mengonsumsi asupan lainnya, maka Makanan Pendamping ASI (MPASI) bisa Bunda berikan kepada Si Kecil. Berikut ini beberapa pilihan menu yang bisa Bunda berikan sebagai pelengkap asupan gizi Si Kecil.


Daging

Ada banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk Si Kecil ketika Bunda memberikannya daging. Baik daging ayam, domba maupun sapi sama-sama memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan olehnya. Mulai dari protein, Vitamin B12, sampai zat besi terkandung dalam daging. Untuk menyajikan daging kedalam MPASI, sebaiknya tumbuk atau hancurkan daging tersebut terlebih dahulu sampai halus agar Si Kecil bisa mencernanya dengan mudah.


Ikan

Ikan punya manfaat yang besar bagi tumbuh kembang Si Kecil. Sebab, ikan merupakan makanan yang kaya akan gizi. Seperti halnya daging, ikan juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh Si Kecil. Perbedaannya, daging ikan memiliki protein yang rendah lemak sementara daging cenderung memiliki lemak. 


Pisang

Selain dari hewan, Bunda juga bisa memberikan MPASI berupa pisang kepada Si Kecil. Pisang punya manfaat besar untuk Si Kecil karena memiliki kandungan Vitamin A, Fosfor, Asam Folat dan Kalsium. Selain itu, pisang juga sangat mudah untuk disajikan karena Bunda hanya perlu menumbuknya dan menyajikannya untuk Si Kecil.


Wortel

Untuk melengkapi vitamin Si Kecil, maka Bunda bisa memberikan wortel sebagai santapan MPASI. Wortel sangat diperlukan Si Kecil karena memiliki mineral dan vitamin A yang tinggi. Vitamin A sangat bermanfaat untuk kesehatan mata Si Kecil sehingga Bunda tidak boleh melewatkan wortel sebagai salah satu pilihan MPASI untuk Si Kecil.


Pepaya

Selain pisang, buah lainnya yang bisa Bunda berikan sebagai MPASI kepada Si Kecil adalah pepaya. Pepaya sangat baik untuk Si Kecil karena memiliki kandungan enzim papain yang bagus untuk pencernaannya. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang baik untuk perkembangan otak Si Kecil serta kandungan kalsium dan zink yang baik untuk pertumbuhan tulangnya. Oleh karena itu, Bunda perlu memberikan pepaya sebagai MPASI Si Kecil karena besarnya manfaat yang diberikan.


Kentang

Agar Si Kecil memiliki tenaga yang kuat untuk beraktivitas, maka Bunda bisa memberikan MPASI berupa kentang. Sajikan kentang dalam bentuk makanan yang gurih dan mudah dikonsumsi dengan cara menumbuknya. Pastikan juga Bunda merebus kentang atau mengukusnya terlebih dahulu agar lebih mudah untuk melunakkannya.


Kacang Hijau

Kacang-kacangan merupakan sajian MPASI yang tidak boleh Bunda lewatkan untuk Si Kecil. Salah satu kacang yang bisa Bunda berikan kepada Si Kecil adalah kacang hijau. Kacang hijau sangat baik untuk Si Kecil karena memiliki kandungan protein dan serat yang sangat bermanfaat untuk metabolismenya. Sajikan kacang hijau dalam bentuk bubur kacang hijau agar Si Kecil mudah dan berselera saat menyantapnya.


Itulah 7 pilihan menu MPASI yang perlu Bunda berikan kepada Si Kecil dalam rangka mendukung proses tumbuh kembangnya. Selain memberikan asupan gizi yang lengkap, Bunda juga perlu memperhatikan kebersihan peralatan makan yang digunakan oleh Si Kecil. Pilihlah sabun cuci yang memiliki kandungan Food Grade agar aman untuk Si Kecil jika tertelan.

Sleek Baby Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser menjadi pilihan yang tepat apabila Bunda ingin menjaga kebersihan peralatan makan Si Kecil. Formula Sleek Baby bening dan tidak berwarna, tanpa tambahan pewarna buatan sama sekali. Selain itu kandungan Stain Removal Formula dapat membersihkan peralatan makan Si kecil secara lebih maksimal sehingga higienitas perlengkapan Si Kecil terlindungi dengan baik.

Leave a comment