1000 Hari Perlindungan

Image

Permainan yang Dapat Melatih Kecerdasan Si Kecil

Ternyata, kegiatan sederhana ini dapat membantu mengasah kecerdasan Si Kecil, lho, Bun!

 

Bun, agar Si Kecil mencapai tingkat perkembangan sesuai usianya, ia perlu diberi stimulasi yang tepat. Stimulasi ini bisa dilakukan melalui permainan-permainan sederhana. Meskipun terlihat mudah, namun permainan ini bisa mengasah kemampuan kognitif Si Kecil saat ia besar nanti.

 

Tepuk Tangan

Ajak Si Kecil tepuk tangan bersama sambil bernyanyi lagu favorit hingga ia tertawa gembira. Kegiatan ini akan melatih keterampilan bicara, kemampuan berbahasa, koordinasi otot tangan, dan sekaligus mengajarkan konsep matematika dasar. Si kecil akan belajar tempo/ ritme, mencari pola, dan membantu memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Bunda juga bisa memberi Si Kecil maracas atau drum untuk digoyangkan atau dipukul.

 

Menyortir Benda

Gunakan balok susun atau mobil-mobilan Si Kecil untuk mengajarinya memilah benda. Minta ia memilah sesuai warna atau bentuk. Saat Si Kecil berusia 1 tahun, ia sudah pandai melakukannya sendiri. Permainan sederhana ini akan melatih kemampuan problem-solving Si Kecil.

 

Mengenal Ukuran

Bunda bisa mengajari Si Kecil bahwa benda-benda memiliki ukuran. Tak harus yang rumit, Bunda bisa mengajarkan konsep ‘besar’ dan ‘kecil’. Caranya, ambil dua gelas yang sama tetapi berbeda ukuran, lalu katakana pada Si Kecil: “Bunda punya gelas besar, dan kamu punya gelas kecil.” Ulangi kata besar dan kecil sambil menunjukkan gelas yang dimaksud ke hadapan Si Kecil.

 

Belajar Menghitung

Bunda bisa mengajarkan Si Kecil menghitung jumlah kancing di bajunya, atau jumlah mainan kereta-keretaan yang berjajar. Ajak juga Si Kecil menghitung jumlah anak tangga saat melangkah bersamanya.

 

 

Satu hal yang perlu Bunda ingat, karena ini semua adalah permainan, maka harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Jangan memaksa Si Kecil bila ia bosan atau tampak tidak paham. Bunda tak perlu merasa frustasi karena meski Si Kecil terlihat tidak tertarik, sebenarnya otaknya merekam apa yang Bunda ajarkan. Selamat mencoba Bun!

Leave a comment