1000 Hari Perlindungan
Image

Peringatan Hari Ibu dan Cara Bunda Memaknainya

Selamat Hari Ibu! Hari istimewa yang jatuh setiap tanggal 22 Desember, tahun ini akan terasa semakin hangat. Adanya anjuran untuk work from home atau WFH membuka kesempatan bagi para Bunda yang tidak banyak menghabiskan waktu bersama si Kecil. Waktu bermain dan belajar akan lebih banyak dan tidak terbatas.


Jika kita melihat sejarahnya, tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu sebenarnya dengan tujuan menjaga semangat kebangkitan wanita Indonesia dan bergerak sejajar dengan pria. Namun, hingga kini peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember ini menjadi sebuah simbol penghormatan bagi para Ibu yang sudah memberikan kasih dan sayangnya kepada anak-anaknya. Tidak hanya anak-anak, tapi para Ayah juga kerap memberikan penghormatan mereka terhadap perjuangan para Bunda mendidik dan membesarkan buah hati mereka.


Lagu berlirik singkat ciptaan SM Mochtar yang bertajuk “Kasih Ibu” menyimpan makna yang sangat dalam bagi seluruh Bunda dan anak-anaknya. Makna lagu itu singkatnya menjelaskan tentang kasih seorang ibu yang tidak akan pernah putus sampai kapanpun.


Nah, bila menanyakan para Bunda bagaimana cara memaknai Hari Ibu, pasti banyak dari mereka yang akan menjawab ‘Hari Ibu hanyalah sebuah simbol, setiap hari adalah Hari Ibu’. Namun karena adanya peringatan ini, cara apa yang dapat Bunda lakukan untuk memaknai Hari Ibu? Yuk, simak beberapa tipsnya.


Mengingat perjuangan ibu

Bila melihat ke belakang saat Bunda dirawat dan di besarkan oleh ibu, hingga kini menjadi seseorang yang merawat dan membesarkan si Kecil, pasti makna Hari Ibu akan sangat kuat terasa. Sebab, kini semua perjuangan yang dilakukan oleh ibunya Bunda sedang dirasakan. Bagaimana rasanya melahirkan buah hati tercinta, bagaimana rasanya terjaga saat waktu tidur dan siap siaga bila si Kecil sakit, bagaimana rasanya menyusui tiada henti. Semua itu pastinya lebih membuka mata Bunda dalam memaknai Hari Ibu yang spesial ini.


Mengapresiasi diri

Bunda perlu juga mengapresiasi diri sendiri bahwa kita sudah melakukan yang terbaik dalam membesarkan si Kecil. Cara mengapresiasi diri yang sederhana adalah dengan pergi ke tempat pijat atau me time. Walaupun apresiasi diri dapat dilakukan setiap hari, namun apa salahnya memanjakan diri di hari yang spesial? Tentunya akan lebih bermakna, bukan?


Dukungan dari para Ayah

Hidup akan lebih mudah bila dikerjakan bersama. Dukungan dari para Ayah tentu dapat menyenangkan hati para Bunda. Tidak hanya dukungan materil, dukungan emosional bisa membantu Bunda dalam melakukan mom-duty. Selain apresiasi diri, Bunda juga pasti ingin mendapatkan apresiasi dari para Ayah. Tentunya rasa lelah itu akan berkurang setelah mendapatkan kata-kata semangat dari sang suami. Para Ayah yang juga siap bertanggung jawab, siap membantu, dan siap melakukan apapun, akan memberikan senyum dan semangat kepada para Bunda dalam melakukan pekerjaan di rumah.


Bonding time bersama si Kecil

Di Hari Ibu ini, para Bunda ingin lebih banyak bermain dan belajar bersama si Kecil. Ajang pendekatan ini sebagai salah satu cara memaknai Hari Ibu karena dengan ini para Bunda bisa melihat bagaimana cara mereka mendidik si Kecil dan merefleksikan apa yang ibu mereka sudah lakukan. Apalagi para Bunda yang #dirumahaja dan sedang melakukan WFH, ingin sekali mendapatkan kedekatan bersama si Kecil yang kadang sulit dilakukan karena tuntutan pekerjaan. 


Bonding time bisa dilakukan dengan banyak hal. Bermain bersama robot-robotan si Kecil, atau menggantikan pakaian boneka mereka. Mengenalkan permainan sensori juga bagus untuk melatih perkembangan otak anak, karena selain dapat memperkuat waktu bonding antara Bunda, Ayah dan si Kecil, permainan sensori juga dapat melatih bahasa si Kecil, lho. 


Saat melakukan bonding time antara Bunda dan si Kecil, pastinya akan ada mainan, teether, dot, dan banyak peralatan bayi lainnya yang dimasukkan ke mulut mereka. Tentu karena adanya pandemi Covid-19 ini, membuat para Bunda waspada akan pembersih yang mereka gunakan. Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser menjadi solusi kekhawatiran Bunda karena bakteri di mana-mana. Dengan standar FOOD GRADE yang terpampang di kemasannya, tentunya aman jika mainan si Kecil dimasukkan ke dalam mulut, karena formulanya 100% FOOD GRADE dan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Jadi, pilihlah pembersih peralatan bayi yang aman agar bonding time semakin hangat.


Quality time bersama keluarga

Selain melakukan quality time bersama Ayah dan si Kecil di rumah, cara memaknai Hari Ibu yang sederhana adalah dengan quality time bersama ibu dan bapak yang sudah membesarkan Bunda. Ceritakan seluruh keluh dan kesah Bunda kepada sang Ibu, ajak Ibu belanja, dan masak untuk Ibu bisa menjadi contoh quality time bersama orangtua. Tentunya para orangtua akan senang jika anaknya menyempatkan waktu untuk mampir dan bercengkrama bersama. Cara ini bisa memperkuat makna Hari Ibu bagi para anak yang sudah berkeluarga.


Itulah cara-cara sederhana dalam memaknai Hari Ibu. Memaknai Hari Ibu lebih terasa bagi para anak. Tugas para Bunda adalah untuk mendidik si Kecil dari belia untuk selalu menghargai jasa orang lain, ajarkan mereka juga bahwa kasih sayang ibu tidak akan pernah lepas selamanya. Didik mereka agar selalu menjadi anak yang baik hati, tidak membangkang, dan tidak membuat orangtuanya sedih. Karena mau sejauh apapun seorang anak pergi, pasti akan kembali lagi mencari ibunya.


Selain memaknai Hari Ibu, melakukan perayaan kecil-kecilan juga kerap dilakukan para anak, suami, bahkan kerabat. Berikut adalah beberapa ide hadiah yang bisa diberikan kepada Bunda-bunda lain.


1. Perlengkapan masak

Ibu mana yang tidak senang mendapatkan perlengkapan masak? Mulai dari panci hingga pernak-pernik kecil seperti pemotong telur bisa menjadi inspirasi hadiah Hari Ibu.


2. Kreasi tangan

Setiap orang pasti senang bila diberikan hadiah berupa kerajinan tangan, si penerima otomatis akan berfikir “wah, dia memberikannya dengan tulus dari hati”. Siapa yang tidak terharu bila diberikan hadiah tersebut. Sebut saja rajutan atau makanan. Penerimanya pasti akan sangat bahagia mendapatkannya.


3. Produk bayi

Hadiah ini bisa diberikan kepada calon-calon Bunda, nih. Bunda bisa memilih produk mana yang terjamin aman untuk si Kecil. Varian produk dari Sleek Baby, seperti Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser bisa menjadi kado untuk sahabat dan saudara, karena 100% FOOD GRADE dan tidak perlu diragukan lagi keamanannya.


4. Peralatan hobi

Bunda pasti memiliki ibu atau teman atau saudara yang memiliki banyak hobi. Dengan memberikan mereka peralatan yang dapat menunjang hobi, pastinya mereka akan berterima kasih dan senang. Contohnya, tanah liat untuk yang hobi membuat pot, atau alat-alat berkebun, dan masih banyak lagi.


Bagaimana, Bunda, sudah paham bukan cara memaknai Hari Ibu? Memberikan produk Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser dan rangkaian produk Sleek Baby lainnya merupakan ide kado yang bagus, bukan? Temui berbagai info lebih lanjut dengan meng-klik link ini

Leave a comment